Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Memperbaiki Windows 10 tanpa install ulang dapat dilakukan dengan mudah saat PC atau laptop tiba-tiba mengalami error. Berbagai macam kerusakan, error atau gangguan pada Windows seperti komputer lag, komputer lemot, tiba-tiba restart sendiri, booting gagal, muncul dialog error yang tidak dapat dihilangkan hingga blue screen of death (BSOD).

Untungnya anda dapat memperbaiki atau melakukan repair Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Perbaikan atau repair ini dapat berupa menggunakan restore point, cmd, atau, menggunkan bootable dvd atau flashdisk.

Memperbaiki atau Repair Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Berbagai Cara Memperbaiki atau Repair Windows 10


Kita akan memulai dengan masalah error Windows 10 yang paling mudah diperbaiki. Setidaknya masih dapat masuk dan mengakses menu desktop. Jika masih bisa mengakses menu desktop, anda dapat melakukan repair atau memperbaiki Windows 10 menggunakan cmd, reset PC, dan system restore.

Cara repair Windows 10 dengan cmd (Command Prompt)

Dengan menggunakan cmd anda dapat mengatasi dan memperbaiki masalah seperti sistem file error, rusak atau corrupt, atau mungkin hilang. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah error missing .dll file di Windows 10.

Melakukan repair sistem file Windows menggunakan cmd cukup mudah, buka cmd sebagai Admin dengan menekan tombol Windows + X kemudian tekan A. Setelah itu ketikkan baris perintah berikut:

sfc /scannow

Ketika anda menjalnkan perintah ini, sistem akan melakukan scan dan memperbaiki file corrupt Windows 10 dan tutup semua program atau aplikasi lain yang terbuka. Biasanya dilakukan setidaknya 3x agar file sistem benar-benar diperbaiki. 

Cara repair Windows 10 dengan system restore

System restore dapat mengembalikan Windows pada kondisi sebelumnya tanpa mempengaruhi file dokumen, foto, video, dan musik. Cara ini dapat dilakukan jika anda dapat mengakses menu desktop dan masuk ke Settings Windows 10. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses menu desktop seperti biasa, atau dengan cara boot Windows 10 safe mode.

Namun, pada fitur ini anda harus sudah mengaktifkan sistem restore sebelumnya. Jika belum, anda tidak dapat menggunakan fitur ini, karena system restore membutuhkan system restore point untuk dapat mengembalikan Windows ke kondisi sebelumnya. Untuk itu ikuti panduan cara menggunakan dan membuat system restore point.

Cara repair Windows 10 dengan reset PC

Cara berikutnya dengan melakukan reset windows 10 ke settingan pabrik atau factory reset. Fitur ini sangat praktis dan berguna karena tidak menghapus file pribadi seperti dokumen, foto, dan seterusnya. Fitur ini hanya akan menghapus program dan aplikasi pihak ketiga yang di-install di PC atau komputer. Ikuti panduan lengkap berikut tentang cara melakukan reset PC atau komputer.

Cara repair Windows dengan bootable Windows 10 flashdisk atau DVD

Hal paling utama yang anda butuhkan menggunakan cara ini adalah bootable Windows 10 flashdisk atau DVD. Sesuaikan jenis Windows-nya dengan yang digunakan seperti Windows 10 home atau pro, tidak akan berhasil jika versi yang digunakan berbeda. Apabila file bootable sudah disiapkan, silahkan ikuti langkah di bawah ini untuk langkah repairnya:


  1. Sambungkan flashdisk atau masukkan DVD instalasi windows ke PC atau laptop.
  2. Silahkan masuk ke BIOS (biasanya dengan menekan F2, atau coba tombol Function lain, Esc, F1, F8, F10
  3. Kemudian masuk ke pengaturan menu boot, ganti posisi boot order atau naikkan perangkat bootable flashdisk atau dvd yang digunakan ke paling atas. Jika sudah Save and Exit.
  4. Setelah itu akan masuk ke proses instalasi Windows setup, klik next. Saat keluar pilihan, pilih repair your computer.

    Memperbaiki atau Repair Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah
  5. Selanjutnya klik Troubleshoot.
  6. Lalu pilih Reset this PC.
  7. Muncul kotak pilihan dialog, pilih Keep my file (untuk memperbaiki Windows tanpa menghapus data dan file pribadi).
  8. Terakhir klik Reset, tunggu proses hingga selesai.

Demikian merupakan beberapa cara untuk memperbaiki Windows 10 tanpa harus install ulang. Artikel diatas tentang cara repair windows 10 tanpa install ulang dapat membantu anda dengan cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan repair Windows. Dua kondisi error pada Windows, pertama kita masih bisa mengakses dekstop dan yang parah tidak bisa mengakses atau masuk ke tampilan desktop. Seperti dengan layar Windows blank hitam atau biru. Anda dapat mencoba cara repair Windows 10 seperti diatas.

Pastikan anda setidaknya memiliki system restore point untuk berjaga-jaga. Meskipun hal tersebut akan menggunakan kapasitas pada ruang hard disk anda, setidaknya jika sistem mengalami kesalahan seperti file corrupt dan sebagainya. Anda dapat mengaktifkan system restore point dan membuat titik restore secara otomatis atau anda dapat membuatnya secara manual.


EmoticonEmoticon