Tutorial Cara Mengatasi Error ADB Devices Not Found

Jika anda sedang akan melakukan transfer data dari komputer ke Android atau sebaliknya. Kemudian Anda menyadari bahwa koneksi antara smartphone Android dan komputer tidak tidak terhubung, atau tiba-tiba terputus. Terkadang banyak pengguna Android juga mengalami error ini dan tidak dapat terhubung dengan smartphone mereka. Jangan khawatir, dalam artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi error ADB Devices Not Found.

Android Debug Bridge (ADB) merupakan sebuah command line atau baris perintah yang serbaguna yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat. Perintah ADB memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk menginstal dan debugging aplikasi, menyediakan akses ke shell Unix yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai perintah pada perangkat.

Tutorial Cara Mengatasi Error ADB Devices Not Found
Image Via

Apa Penyebab Masalah Error ADB Devices not found ?


Mungkin Anda perlu ketahui apa saja yang sebenarnya penyebabkan dari masalah error ini. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:
  • Driver yang tidak update. Driver merupakan bagian penting yang berperan untuk dapat melakukan komunikasi interface pada Sistem Operasi Anda. Jika driver Anda tidak update, kemungkinan error ini akan muncul.
  • Setting USB debugging yang tidak atau lupa diaktifkan. Mode ini yang diperlukan agar ADB dapat berfungsi di perangkat Android dan dapat melakukan transfer data atau file.
  • Salah memilih Mode koneksi. Mode koneksi yang benar harus dipilih untuk jenis transfer yang ingin Anda lakukan.
Identifikasi terlebih dahulu masalah yang dapat menyebabkan error device not found, dengan begitu anda akan mudah mencari cara untuk mengatasinya dari cara-car dibawah ini.

Cara mengatasi Devices Not Found Error ADB


Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi error adb. Jika salah satu cara tidak berhasil untuk error yang Anda alami, cobalah cara yang tersedia.

1. Mengaktifkan Developer Mode dan USB debugging

Untuk memulai mengaktifkan Developer Mode atau Opsi Pengembang, pastikan Anda telah mengaktifkan USB Debug pada perangkat Anda karena ADB tidak berfungsi sebaliknya. Untuk melakukannya:

  1. Buka Pengaturan ponsel Anda dan pilih Tentang.
  2. Di Tentang menu, ketuk 'Builder Number' atau 'Nomor Rakit' tujuh kali untuk mengaktifkan Developer Mode atau Opsi Pengembang.
  3. Setelah itu, kembali dan pilih Opsi Pengembang.
  4. Scroll ke bawah, ketuk ‘USB Debugging’.

2. Mengubah Mode Koneksi

Android memiliki mode koneksi yang berbeda yang terkadang menjadi salah satu penyebab masalah ini. Dalam hal tentang adb ini, yang kita butuhkan adalah MTP (Media Transfer Protocol). Dan hal yang perlu diperhatikan adalah File Transfer dan MTP adalah sama. Untuk ini, yang perlu Anda lakukan adalah:
  1. Pastikan perangkat terpasang ke komputer dengan benar.
  2. Tarik ke bawah jendela notifikasi dan pilih pemberitahuan koneksi USB.
  3. Pilih MTP atau File Transfer sebagai mode koneksi.

3. Melakukan update ADB driver interface

Masalah ini juga dapat disebabkan karena driver ADB yang tidak update. Untuk hal tersebut yang dapat dilakukan adalah:
  1. Klik kanan pada 'My Computer' dan pilih Device Manager.
  2. Pada Perangkat lain, Anda akan melihat ‘Android ADB Interface’ atau ‘Android Phone’. Klik kanan dan pilih ‘Update Driver Software’.
  3. Pilih ‘Browse my computer for driver software’.
  4. Kemudian, pilih ‘Let me pick from a list of device drivers on my computer’.
  5. Jendela baru akan muncul, pastikan ‘Show all devices’ sudah dipilih dan klik Next.
  6. Klik pilihan 'Have Disk'.
  7. Klik ‘Yes’, lalu klik ‘Install’.
  8. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan kemudian tutup jendela.
Anda dapat mencoba menghubungkan kembali perangkat Anda jika belum terhubung.

4. Mengatur Ulang Proses

Terkadang terjadi bahwa Anda telah melakukan semuanya dari menginstal driver USB, mengaktifkan debugging USB, dll masih belum dapat terhubung juga. Dalam kasus seperti itu, mematikan server dan menyalakannya lagi mungkin dapat mengatasinya. Ketik perintah berikut di command prompt.
  1. Ketikkan 'adb kill-server' , lalu enter.
  2. Kemudian ketikkan 'adb start-server' enter.

5. Mengganti Kabel

Jika dari cara diatas tidak ada yang berhasil, coba untuk menggunakan kabel baru atau kabel USB yang lain mungkin adalah jalan bagi Anda. Kemungkinan kabel Anda rusak yang berarti tidak peduli apa yang Anda lakukan masalah akan tetap sama karena masalahnya bukan dengan driver Anda melainkan dengan perangkat keras. Untuk memeriksa apakah kabel Anda rusak atau tidak, coba yang berikut ini:
  1. Sambungkan kabel Anda ke port pada charger.
  2. Coba isi daya ponsel Anda dengan kabel itu.
  3. Jika tidak mulai mengisi daya, ini berarti kabel salah yang harus disalahkan dan Anda harus ganti yang lain.

Pastikan anda untuk mengecek apa penyebab masalah error ADB Devices Not Found, setelah itu temukan langkah yang tepat dari berbagai cara yang ada diatas. Perlunya melakukan identifikasi atau mengenali terlebih dulu pada masalah anda akan mempermudah dalam pencarian untuk mengatasi error tersebut. Dengan begitu anda dapat menjalankan solusi dari cara diatas dan cepat mengatasi masalah error ADB Device Not Found.

2 comments

Gk bisa gan oppo a9 2020

Oppo a9 2020 gk bisa ya?? Wahh pantes saya coba 1 harian gagal mulu bacaan nya adb devices no detected


EmoticonEmoticon