Cara Boot Windows 10 ke Safe Mode

Windows 10 Safe Mode akan sering ditemui jika Anda mencoba untuk mengatasi masalah komputer. Safe Mode adalah salah satu fitur dari windows 10 untuk mengatasi masalah dari kesalahan saat menginstal aplikasi, menonaktifkan driver dan program yang mengganggu proses startup. Mode ini memungkinkan untuk mengisolasi pengaturan atau kesalahan sistem dan memperbaikinya di root, tanpa menjalankan aplikasi yang tidak penting dan tidak diperlukan.

Cara Booting Safe Mode pada Windows 10 
Cara Boot Windows 10 ke Safe Mode

Di sini kami akan membahas tentang cara mem-boot ke Safe Mode pada Windows 10, dan apa yang harus dilakukan jika Anda tidak bisa boot ke Safe Mode.

1. Konfigurasi Sistem (System Configuration)

Anda dapat menggunakan Cortana untuk membuka layar Konfigurasi Sistem. Ketik msconfig atau konfigurasi sistem dan menekan Enter akan membuka panel System Configuration. Jika Anda menonaktifkan Cortana, tekan tombol Windows + R, lalu ketik msconfig dan tekan enter. Masuk ke tab Boot dan perhatikan Opsi Booting. Centang pada Safe Boot dari opsi, setelah itu restart komputer dan Anda akan masuk ke Safe Mode
Cara Boot Windows 10 ke Safe Mode menggunakan System Configuration
Tampilan sistem konfigurasi
Anda dapat memilih dari opsi tambahan. Inilah yang dapat dilakukan dari opsi seperti gambar diatas:
  1. Minimal: Safe Mode dengan driver dan layanan minimal, tetapi dengan Windows GUI (Graphical User Interface) standar.
  2. Alternate Shell: Safe Mode dengan Command Prompt, tanpa Windows GUI. Membutuhkan pengetahuan tentang perintah teks pada command prompt tingkat lanjut.
  3. Active Directory Repair: Safe Mode dengan akses ke informasi spesifik, seperti model perangkat keras. Jika Anda melakukan kesalahan saat menginstal perangkat keras baru dapat merusak Active Directory, dengan Safe Mode dapat digunakan untuk memulihkan stabilitas sistem dengan memperbaiki data yang rusak, atau menambahkan data baru ke direktori.
  4. Network: Safe Moder dengan layanan dan driver yang diperlukan untuk jaringan internet atau lokal, dengan tampilan Windows GUI standar.
Pilih Minimal, diikuti klik Apply, dan OK. Kemudian akan muncul jendela baru yang menanyakan apakah ingin me-restart sistem Anda. Pilih Restart akan segera memulai proses restart, pastikan untuk menyimpan dokumen yang aktif.

2. Menekan Tombol Saat Booting

Metode paling umum untuk mencapai Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8. Menampilkan pilihan Safe Mode selama startup dan memungkinkan kita untuk memilih mode operasi. Namun, untuk mempercepat proses boot, Windows 10 telah menonaktifkan Mode Aman F8. Dapat juga dilakukan dengan mengaktifkan menu F8 menggunakan Command Prompt.

  1. Mulailah dengan membuka Command Promp. Klik kanan menu Start dan pilih Command Prompt (Admin) atau Windows + X kemudian A. Pilih Ya di dialog User Account Control (UAC), jika muncul.
    Cara Boot Windows 10 ke Safe Mode menggunakan command prompt
  2. Ketik perintah berikut: bcdedit / set {default} bootmenupolicy legacy
    Cara Boot Windows 10 ke Safe Mode menggunakan command prompt
  3. Dan tekan Enter. Proses booting berikutnya akan membawa Anda ke Safe Mode.
Untuk membatalkan perintah legacy diatas, buka kembali Command Prompt yang sesuai dengan instruksi dan jenis di atas: bcdedit / set {default} standar bootmenupolicy

Mengembalikan startup ke keadaan semula, jadi untuk dapat masuk ke Safe Mode Anda harus menggunakan salah satu opsi alternatif dalam artikel ini.

3. Advanced Startup

Untuk trik selanjutnya Advanced Startup. Cara ini tidak begitu sulit, tetapi sangat berguna untuk diketahui.

  1. Buka menu Pengaturan dan ke masuk ke Update & Security > Recovery > Advanced Startup. Klik Restart Sekarang akan memulai proses restart dalam mode recovery, di mana Anda akan menemukan tiga opsi: Continue,Troubleshoot, atau Matikan PC Anda. 
  2. Pilih Troubleshoot > Advanced Options. Berbagai opsi baru akan muncul, seperti:
    Klik Startup Setting, diikuti oleh Restart. Sistem akan me-restart. Saat reboot, Anda akan menemukan layar Pengaturan Startup. Dari sini Anda dapat memilih fungsi yang Anda perlukan.
Anda juga dapat menggunakan cara yang lebih simpel. Masuk ke menu restart pada windows 10, klik restart + Shift. Sistem akan melakukan reboot langsung ke Advanced Startup.

Bagaimana jika tidak ada yang berfungsi? Masih ada cara jika langkah diatas tidak berhasil.

Jika Anda menginstal Windows 10 melalui disk atau USB, Anda dapat langsung boot ke mode pemulihan dengan memasukkan disk / USB tersebut sebelum menyalakan sistem Anda. Pilih oleh Repair Your Computer, di kiri bawah layar. Anda akan masuk ke Troubleshoot > Advanced Options di mana Anda akan menemukan System Restore, System Image Recovery, Startup Repair, Command Prompt, dan Go Back to the Previous Build.

Agar System Image Recovery berfungsi, Anda harus membuat image sebelum kesalahan sistem terjadi. Anda dapat membuat image sistem dengan mengetikkan recovery ke dalam pencarian dan memilih Recovery: Control Panel. Anda sekarang akan berada di Advanced Recovery Tools. Pilih Create Recovery Drive.

Anda sekarang sudah mengetahui cara untuk melakukan boot Windows 10 ke Safe Mode dengan menggunakan salah satu dari tiga cara yang ada di atas.


EmoticonEmoticon