The Wild Darkness Tips dan Guide Bertahan Hidup Lebih Lama

The Wild Darkness merupakan sebuah game survival rougelike RPG dengan sistem turn based dan Permadeath. Game ini mirip dengan game Don't Starve yang ada di PC maupun pocket edition untuk smartphone. Pemain dituntut untuk mencari makanan sendiri, dan melawan monster untuk bertahan hidup.


Cara bermain The Wild Darkness

Apabila pernah memainkan Don't Starve atau game survival lainnya, mungkin anda cukup mudah untuk beradaptasi. Sebaliknya jika pemain tidak terbiasa dengan game survival dengan permadeath, mungkin anda akan merasa kesulitan. Dan disinilah tips dan guide yang akan membantu untuk bertahan hidup lebih lama di The Wild Darkness.

The Wild Darkness Tips dan Guide 


Saat memulai awal game ini, anda tidak akan banyak diberikan petunjuk. anda harus mencari tahu sendiri apa yang harus dilakukan untuk bertahan hidup. Pemain dapat melakukan crafting peralatan, senjata, armor, dan masih banyak yang lainnnya dan membuka blueprint dengan seiringnya anda melakukan progress di game ini.

Bertahan di Awal Game


Pada awal permainan anda akan memulainya di map Entrance Forest. Petunjuk pertama yang ada adalah Ruins of Light I dan anda harus mencari Light Tablet untuk dapat mengaktifkannya dan mengakses resep crafting pickaxe agar dapat keluar dari map ini. Ikuti beberapa guide dan tips berikut untuk menghemat sumber daya:

The Wild Darkness Ruins of Light I

Saat memulai, cari bahan untuk membuat stone axe dan stone knife dan dapat dijadikan sebagai senjata. Gunakan knife sebagai senjata utama dan stone axe sebagai senjata cadangan. Jangan gunakan jika hasil craftingan yang didapat Cursed Knife atau Cursed Stone Axe.

The Wild Darkness Crafting Cursed Stone Knife

Cari bush, wood, dan branch secukupnya untuk dapat membuat obor dan api unggun. Pada malam hari atau didalam kegelapan akan muncul monster Ominous Shadow atau Abyssal Shadow, kedua monster ini lemah dan mudah dibunuh jika ada cahaya dari obor, api unggun, atau sumber cahaya lainnya. Berhati-hati terhadap Abyssal Shadow, monster ini dapat menyerang anda dengan serangan diatas 100 damage didalam kegelapan.

Cari dan ambil makanan secukupnya. Di permulaan game anda harus mempehatikan barang yang ada di tas. Ambil 2 atau 3 saja, makanan yang tidak pernah diambil tidak akan pernah membusuk, jadi anda dapat kembali lagi untuk mengambil makanan yang tertinggal.

Mengatur makanan untuk bertahan hidup

Masuk ke Suspicious Dungeon Entrance. Didalam dungeon ini anda akan melawan boss pertama yang cukup mudah untuk mengalahkannya. Ambil barang dan makanan yang diperlukan saja dan langsung cari jalan ke Suspicious Dungeon 2F untuk melawan boss.

Boss awal The Wild Darkness

Setelah mengalahkan boss, anda akan mendapatkan Jerky dan 1 atau 2 random item lainnya (Update: boss tidak lagi drop 3 item 100%, sekarang random tergantung keberuntungan anda). Lanjut ke ruangan berikutnya untuk mengambil Light Tablet, pasangkan pada Ruins of Light I dan anda dapat mengakses pickaxe. Jangan makan Jerky yang didapat sebelumnya, karena makanan ini tidak mudah membusuk daripada makanan lainnya. Anda dapat memakannya jika benar-benar tidak ada sumber makanan lainnya.

Hancurkan batu yang menutupi jalan ke Strange Forest-1. Kumpulkan Rock dan Machinery yang bisa diperoleh dari Broken Machines yang mungkin ada disetiap map. Barang-barang ini dibutuhkan untuk melakukan upgrade tempat craft seperti work bench, armor bench, dan lainnya.

Upgrade work bench ke level 2 segera mungkin untuk dapat membuat kail untuk memancing dan membuat pouch untuk tambahan barang yang dibawa. Untuk memancing anda harus menggunakan umpan cacing yang dapat diperoleh dari memotong rerumputan. Saat memancing hasil yang diperoleh tergantung dari mini-game yang dimainkan. Dengan memancing anda memiliki tambahan cadangan makanan untuk lebih lama bertahan hidup.

Apabila pemain mati didalam game, anda akan mendapatkan character remains. Saat membuka remains ini anda akan mendapatkan beberapa blueprint secara acak yang pernah diperoleh saat character sebelumnya mati saat dimainkan dan mendapatkan totem secara acak. Jadi anda tidak perlu khawatir saat anda mati didalam game.

Diatas merupakan sedikit tips dan guide untuk dapat bertahan hidup didalam game The Wild Darkness. Beberapa tips dan guide akan ditambahkan, dan semoga dapat membantu.



Update!

Di area Desolate Meadow entah itu 1, 2, atau 3 anda akan menemukan Ruins of Light II. Light Tablet untuk ruins ke-2 bisa didapatkan dari Boss yang ada di Unknown Ruins di area Desolate Meadow. Jelajahi Unknown Ruins tersebut, tetapi sebelum melawan boss, pastikan full HP dan tidak dalam keadaan abnormal seperti Magic Addiction, Rabies, keracunan makanan, dan penyakit lainnya. Untuk menghilangkan abnormal status atau penyakit anda dapat memakan licorice atau licorice tea. Untuk berjaga-jaga sebaiknya memiliki healing item seperti Healing Potion, Recovery Potion, madu atau teh madu, ginseng atau ginseng tea, lingzhi mushroom atau lingzhi tea, atau mungkin perban.

Setelah berhasil mengalahkan boss, 2 ruangan akan terbuka. Abaikan ruangan yang ada Dark Relic Piece-nya, karena jika anda mengambil relic tersebut akan spawn Ancient Guardian yang memiliki HP tebal dan kemungkinan sangat kecil untuk mengalahkannya diawal permainan dengan equip seadanya. Anda dapat melawannya setelah memiliki equipment dan healing item yang memadai.



Ambil Light Tablet dan perbaiki Ruins of Light II. Setelah memperbaikinya anda akan membuka fasilitas seperti cooking oven, storage pot, kebun, toilet, dan sebagainya. Ini saatnya untuk mengumpulkan resources, membangun, dan upgrade semua fasilitas yang ada.

Jika anda bisa bertahan hingga tahap ini, petualangan menarik baru akan dimulai dari sini. Kumpulkan dan simpan makanan, persiapkan equip untuk menjelajahi area lain dan mencari Ruins of Light lainnya. Semuanya ada 7 Ruins of Light yang harus diperbaiki. Dibawah ini adalah area dan lokasi Ruins of Light yang harus diperbaiki sebelum anda melawan Dark Lord.

Lokasi Ruins of Light I-VII

Setiap kali memulai permainan dengan karakter baru, map di dalam game akan terbentuk secara random. Jadi setiap area bisa memiliki jumlah lokasi (Desolate Meadow bisa 1, 2, atau 3) yang berbeda. Tetapi Ruins of Light terletak di area map yang sama.

  • Ruins of Light I: Forest Entrance.
  • Ruins of Light II: Area map Desolate Meadow antara 1-3.
  • Ruins of Light III: Dense Jungle.
  • Ruins of Light IV: Frozen Hill, di dalam Ancient Mine 1F. Light tablet ada di dalam Unknown Ruins di area Frozen Hill.
  • Ruins of Light V: Burning Canyon, Light Tablet berada di Unknown Ruins yang ada di dalam Dwarf Ruins.
  • Ruins of Light VI: Berada di Sealed Island, untuk bisa ke area ini pemain harus memiliki Dwarf Relic dan menggunakannya di Ancient Gate yang ada di Endless Wasteland.

    Anda bisa mendapatkan Dwarf Relic dengan menggabungkan relic part 1 yang bisa didapat dari boss Ancient Mine dilantai terakhir dan part 2 dari boss akhir Dwarf Ruins dan menggabungkannya di ruangan yang akan terbuka setelah mengalahkan boss Dwarf Ruins terakhir.

  • Ruins of Light VII: Berada di Earth Spirit's Cave 2F yang bisa diakses melalui Strange Hole menggunakan tali.

7 comments

Min kalo karakternya sakit cara ngobatin nya gmn?

ada 1 herb yaitu licorice buat kalo keracunan makanan

Lokasi untuk mendapatkan air tablet di mana untuk upgrade ke tablet lv2

Kalau badan nya terkutuk abadi gimana cara ngilangin nya

Min cara untuk nge ganti sihir yg kita pake gimana


EmoticonEmoticon