Cara Mengatasi Error Missing .dll di Windows 10

Anda sedang akan membuka program atau aplikasi di Windows, dan program tersebut sering Anda gunakan sepanjang waktu. Bukannya program terbuka dan berjalan, malah muncul pesan error. Dalam situasi ini sangat mungkin bahwa error tersebut diakibatkan oleh ekstensi file ".dll". Karena cukup banyak orang tidak mengetahui tentang apa itu file DLL. Dan mungkin juga tidak tahu untuk mengatasi masalah error tersebut.

Untungnya, beberapa cara bawaan dari sistem operasi Windows ini bisa menangani masalah umum seperti ini. Dibawah berikut merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah error missing ".dll" pada Windows.

Memperbaiki error missing .dll dan .dll corrupt Windows 10

Mengatasi Error Missing .dll pada Windows 10


Sebelum menuju ke cara untuk mengatasi error missing .dll ini, ada baiknya kita mengetahui apa itu file dengan ekstensi .dll.

Apa itu file dengan ekstensi .dll?


DLL (dynamic link library) merupakan file yang berisi kode dan data yang digunakan oleh lebih dari satu program sekaligus. File ini saling berbagi atribut dan kegunaan di antara banyak program dan membuat komputer berjalan secara efisien. Untuk lebih mudahnya file DLL ini mengoptimalkan kinerja komputer, mengurangi kapasitas ruang disk yang digunakan dengan menghilangkan file duplikat yang melakukan hal yang sama dan membuat kerja RAM lebih efisien.

dll-file-pic

Karena file DLL digunakan terus-menerus, file ini sering menjadi sumber error. Entah itu berupa file DLL yang hilang (missing .dll) atau korup menjadikan masalah ini cukup menyebalkan dan cukup mengganggu di bidang produktivitas. Ketika Windows mengalami masalah ini akan keluar pesan error tentang missing .dll file atau file .dll is corrupt,  dan mungkin solusi terbaik adalah mendownloadnya. Tetapi, hal tersebut sebaiknya dan seharusnya dihindari.

Kenapa dihindari? File DLL yang ditemukan di situs-situs tertentu biasanya sudah usang, yang berarti mereka belum tentu dapat menyelesaikan masalah. Kemungkinan terburuk dengan mendownloadnya adalah file DLL yang didownload dapat juga terinfeksi malware atau virus. Hal ini justru menambah masalah dan bukan menyelesaikannya, karena ini dapat menyebabkan masalah serius dengan cara kerja file DLL. Dengan kinerja di banyak program, sama saja Anda mengundang rampok masuk di seluruh sistem Anda. Ada cara untuk mengupdate dan memperbaiki file DLL Anda tanpa harus mengunduhnya dari Internet.

Beberapa penyebab error missing .dll

Beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan masalah error missing .dll pada komputer desktop atau laptop Windows 10.

  1. Program yang di uninstall secara tidak tuntas atau file sistem yang ikut terhapus ketika melakukan uninstall program. 
  2. Virus dan malware yang menginfeksi sistem komputer anda.
  3. Antivirus yang secara tidak sengaja memblokir file sistem untuk berjalan juga dapat menyebabkan missing file .dll.
  4. File dll yang rusak.

Apapun penyebab masalahnya, berikut merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi error ini.

Periksa Windows Update


Kadang-kadang sebuah program tidak mau berjalan karena update penting untuk program tersebut tidak ter-instal atau Anda tidak memilikinya. Windows 10 mempermudah kita untuk menemukan dan menerapkan update-update untuk Windows itu sendiri dan aplikasi yang telah diinstal.

Windows 10 dengan update-nya yang galak, yang selalu memaksa Anda untuk mengupdate. Tapi, jika Anda mengalami masalah, Anda mungkin juga perlu memeriksa dan melihat apakah ada update yang tersedia secara manual.

Dengan begitu Anda dapat mengeceknya melalui menu start dan pilih Settings > Update & Security > Windows Update. Sebuah jendela akan munul dan Anda dapat memeriksa setiap update yang tersedia. Jika terdapat Windows update, Anda akan diberi tahu kapan Windows dijadwalkan untuk melakukan instalasi update tersebut. Jika Anda ingin segera menginstalnya, cukup klik tombol "Install Now".

Menggunakan File System Checker


Jika melakukan update Windows belum menyelesaikan masalah error tersebut, Windows memiliki cara lain untuk memperbaikkinya. Solusi potensial ini disebut File System Checker. Ini adalah utilitas yang dapat mengidentifikasi dan memulihkan sistem korup yang ditemukan di Windows. Untuk dapat menggunakan File System Checker Anda harus menggunakan Command Prompt atau singkatnya cmd. Untuk menjalankan File System Checker sangatlah mudah, tidak perlu takut terjadi kesalahan.

Di Windows 10, kotak pencarian dapat diakses langsung dari taskbar, dengan meng-klik kanan pada menu Start, dan pilih Command Prompt (Admin). Dapat juga dengan shortcut tekan tombol Windows + X lalu A.
Jika jendela cmd sudah muncul di layar Anda. Ketikkan yang berikut ini:

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Perhatikan setiap masing-masing sebelum "/" terdapat spasi. Anda juga dapat meng-copy perintah diatas, lalu klik kanan pada cmd untuk paste. Tekan "Enter" untuk menjalankan perintah. Bersabarlah karena ini mungkin membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya prosesnya. Setelah operasi selesai, ketikkan yang berikut ini:

sfc /scannow

Perlu diperhatikan, untuk perintah yang satu ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, jadi buatlah kopi dan masak emi sambil menunggu. Setelah operasi selesai, coba lakukan kembali apa pun yang Anda coba lakukan ketika muncul pesan error tersebut. Semoga, File System Checker dapat memperbaiki masalah Anda.


Error Missing .dll Menyebabkan Tidak Bisa Masuk Windows


Jika anda mengalami error missing .dll ini ketika Windows atartup atau baru saja masuk ke Windows dan langsung muncul pesan error tersebut, Atau malah anda sama sekali tidak dapat melakukan apapun atau mungkin tidak masuk ke Windows sama sekali, ini akan lebih susah untuk diatasi. Jika terjadi seperti itu, hal yang patut anda coba adalah masuk atau memulai Windows dengan melalui boot ke Safe Mode.

Setelah anda sukses masuk melalui ke safe mode, barulah anda coba untuk mengatasi error missing dll menggunakan cara-cara diatas.

Dan jika semua cara diatas tidak dapat mengatasinya, satu-satunya cara hanyalah dengan melakukan install ulang pada Windows 10. Apa bila pesan error ini tetap muncul setelah install ulang, bisa jadi masalah penyebab error ini terdapat pada hardware anda.

Anda Dapat Menggunakan File System Checker untuk Mengatasi Error Lainnya


System File Checker adalah utilitas Windows yang telah dibundel dengan sistem operasi sejak rilis sistem operasi Windows 98. Pada umumnya digunakan untuk memperbaiki error file DLL, System File Checker juga dapat digunakan ketika menemui berbagai masalah pada sistem Anda.

Salah satunya mungkin "Blue Screen of Death (BSOD)". Tampilan ini terlihat mengerikan untuk sistem operasi Windows 7 dan sebelumnya. Layar ini mengkomunikasikan kesalahan fatal di sistem yang mencegah Windows bekerja dengan normal. File System Checker dapat mengidentifikasi error, file korup dan berpotensi memperbaikinya. Selain itu, cobalah untuk menjalankan utilitas ini ketika program dan aplikasi crash atau Windows berperilaku tidak normal. Jika Anda juga menemukan bahwa fitur dari Windows tidak berfungsi dengan baik, utilitas File System Checker ini mungkin dapat membatnu mengatasi masalah tersebut.


EmoticonEmoticon