Mengatasi File Explorer Windows yang Lambat

File Explorer Windows merupakan salah satu program yang telah ada sejak lama dan masih digunakan untuk rutinitas setiap hari.  Ini terkadang memiliki kekurangan, seperti, respon lambat ketika anda menggunakannya untuk membuka atau menyalin file, dan terkadang juga bilah pencarian File Explorer membutuhkan waktu terlalu lama untuk menampilkan hasil pencarian.


Jika anda mengalami masalah File Explorer yang lama untuk membukanya, mungkin anda bertanya, kenapa File Explorer saya sangat lambat?

Logo cara mengatasi file explorer lambat

Cara Mengatasi File Explorer Lambat atau Lama Terbuka


Artikel ikal ini akan mencoba untuk membantu anda mengatasi masalah ini. Jadi, mari kita mulai coba berbagai cara memperbaiki File Explorer not responding atau lambat saat membukanya di Windows 10.


1. Melakukan Restart File Explorer


Terkadang melakukan restart ulang File Explorer dapat membantu menyelesaikan masalah Windows File Explorer lambat. Untuk memulai, ikuti langkah-langkah mudah ini:

  1. Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager.
  2. Saat jendela Task Manager muncul, pastikan anda di tab Proceses.
  3. Cari Windows Explorer dan klik kanan, lali pilih Restart.

Jika masalah berlanjut, tutup File Explorer menggunakan Task Manager, kemudian buka kembali secara manual.


Untuk melakukan hal ini, buka Task Manager seperti langkah sebelumnya. Klik kanan pada Windows Explorer dan pilih End Task. Jika sudah, buka kembali File Explorer secara manual dan periksa apakah masalah telah teratasi.


2. Menonaktifkan Quick Access dan Menghapus Riwayat File Explorer


Quick Access merupakan salah satu fitur yang ada di File Explorer. Saat membuka File Explorer, file dan folder yang baru saja diakses akan muncul di bawah opsi Quick Access. Fitur ini cukup membantu anda mengakses file yang biasa dibuka dengan cepat, tetapi juga fitur ini juga dapat menjadi penyebab lambatnya File Explorer.


Untuk mempercepat membuka File Explorer, anda dapat menonaktifkan Quick Access dengan mengikuti langkah berikut ini:


  1. Buka File Explorer dan klik File di sudut kiri atas layar.
  2. Pilih Change folder dan search option.
  3. Saat jendela baru terbuka, masuk ke tab General.
  4. Kemudian klik menu drop-down Open File Explorer to dan pilih This PC.
  5. Selanjutnya, hapus centang Show recently used files in Quick access dan Show frequently used folders in Quick access.
  6. Lalu, tekan tombol Clear di bawah opsi Privacy untuk menghapus riwayat File Explorer.
  7. Tekan Apply lalu tekan OK untuk menerapkan perubahan yang telah dibuat.
    Menonaktifkan Quick Access untuk mempercepat File Explorer

Lakukan Restart pada PC atau laptop anda untuk mengetahui perubahannya.


3. Mengkonfigurasi dan Mengoptimalkan Folder di Setting


Masalah File Explorer Windows yang lambat dapat terjadi karena folder yang berisi banyak file dan subfolder di dalamnya.Untuk itu, anda dapat mengoptimalkan folder agar dapat membantu mempercepat membuka File Explorer.


Berikut adalah cara untuk mengoptimalkan folder Anda untuk mengatasi masalah File Explorer lambat Windows 10:


  1. Klik kanan folder yang lambat terbukanya dan pilih Properties.
  2. Pilih tab Customize.
  3. Klik menu drop-down Optimize this folder dan pilih General items.
  4. Centang pada kotak Also apply this template to all subfolders.
  5. Tekan Apply lalu tekan OK untuk menerapkan yang telah anda buat.
    Konfigurasi untuk mengatasi windows explorer lambat saat dibuka


Kenapa File Explorer Windows Lambat saat Dibuka?


Ada beberapa penyebab yang membuat File Explorer berjalan lambat. Umumnya, pada saat membuka File Explorer, biasanya diperlukan beberapa detik untuk menampilkan file, gambar thumbnail yang mungkin tidak langsung dibuat. Gambar thumbnail mungkin tampak seperti hal kecil tetapi sebenarnya tidak mudah untuk menghasilkan thumbnail untuk banyak file yang dimuat sekaligus. Jika File Explorer melambat, atau file dalam folder membutuhkan waktu lama untuk dimuat, kemungkinan ada error di dalam cache thumbnail.


Penyebab lainnya adalah indeks dari File Explorer. File Explorer akan membuat indeks file saat ditambahkan atau dibuat. Indeks file ini dapat membantu anda untuk menemukan file tersebut dengan cepat. Tapi ini terkadang bisa membuat File Explorer Windows menjadi lambat saat membukanya jika anda memiliki banyak subfolder didalam folder-folder file anda.


Quick Access memiliki lokasi sendiri yang mudah diakses dan sangat membantu untuk membuka file anda dengan cepat. Tetapi ini juga dapat menjadi salah satu penyebab lambatnya File Explorer saat dibuka.


Mempercepat File Explorer


Terkadang masalah ini disebabkan oleh Cortana. Jika Cortana menjadi salah satu alasan mengapa File Explorer sangat lambat, anda dapat menonaktifkan Cortana sepenuhnya.


Ketika Windows File Explorer not responding atau membutuhkan waktu lama untuk dibuka membuat pengalaman yang tidak menyenangkan saat mengakses dan mengelola file anda. Semoga, masalah Windows Explorer lambat dapat teratasi menggunakan cara yang sudah kami berikan.


EmoticonEmoticon