Cara Melakukan Reset ke Setelan Pabrik Windows 10 atau Factory Reset

Jika laptop atau komputer Windows 10 mengalami masalah, Anda dapat melakukan reset ke setelan pabrik atau factory reset. Cara reset ini menjadi alternatif yang berguna untuk memperbaiki masalah Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Sejak Windows 8 fitur factory reset sudah ada dan caranya hampir sama.

Perlu diketahui dengan berjalannya waktu dan seringnya digunakan, kinerja Sistem Operasi dapat menurun dengan seiringnya waktu. Sistem operasi dapat menghasilkan junk file, background proses yang berlebihan, dan berbagai file sampah lainnya dapat memperlambat sistem.

Reset Windows 10, tutorial cara melakukan factory reset atau reset ke setelan pabrik Windows 10

Factory Reset Windows 10, Mengatasi Masalah Tanpa Install Ulang


Bahwa dengan melakukan reset ke setelan pabrik atau factory reset Windows 10 akan mengembalikan sistem operasi ke pabrikan. Anda pun tidak perlu khawatir kehilangan file-file penting, karena fitur ini tetap dapat menyimpan file pribadi Anda pada tempatnya.

Fitur reset ke pabrikan sangat berguna untuk mengatasi atau memperbaiki error atau masalah pada sistem Windows tanpa perlu melakukan install ulang. Caranya sangat mudah dan simpel untuk dilakukan.

Reset Windows 10 ini dapat menjadi salah satu cara untuk dapat mengatasi masalah-masalah di sistem yang ada pada komputer atau laptop Anda. Beberapa kelebihan melakukan reset Windows:

  1. Reset Windows cepat dan tanpa bootable.
  2. Data-data pribadi dapat disimpan dan tidak akan terhapus.
  3. Praktis dan mudah untuk mengatasi error pada Windows tanpa install ulang.

Untuk menghindari masalah yang tidak terduga, sebaiknya Anda membuat system restore point di Windows. Karena siapa tahu ketika Anda menjalankan proses ini tiba-tiba mati listrik atau hal tidak terduga lainnya. Untuk itu system restore sangat berguna untuk hal seperti ini. Jika tidak tahu cara membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah cara membuat restore point Windows 10.

Ada empat cara yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke mode reset windows versi saya. Caranya yaitu:

Reset ke Setelan Pabrik Windows 10

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk masuk ke mode reset Windows. Caranya yaitu:

Melalui Windows Settings

Pada saat mode dekstop, klik kanan pada ikon menu Windows lalu pilih Settings atau tekan tombol Windows + I untuk masuk ke Settings. Kemudian pilih Update and Security, selanjutnya pilih Recovery dan terakhir pada Reset this PC klik Get Started.

Reset Windows 10 melalui windows settings

Menggunakan Kotak Pencarian

Jika search menu Anda diaktifkan, maka cukup ketikkan Reset di kotak pencarian di bawah sebelah menu start, pilih "Reset this PC". Anda akan langsung diarahkan pada menu reset Windows. Cukup klik Get Started untuk memulai proses.

Melalui Boot Menu

Klik menu start, kemudian klik lagi pada tombol power. Selanjutnya tekan dan tahan tombol "SHIFT" dan itu klik "restart". Sistem akan me-restart dan booting masuk ke pengaturan seperti gambar berikut.

Reset Windows 10 melalui boot menu

Pilih "Troubleshoot", dan klik "Reset this PC".

Opsi pada troubleshoot Reset Windows 10 melalui boot menu

Reset Windows melalui Command Prompt (CMD)

Masuk ke cmd dengan mode Admin, tekan tombol "Windows + X" lalu "A". Kemudian ketikkan perintah:
systemreset -factoryreset 


Ketika Anda sudah masuk ke proses reset Windows, akan muncul dua pilihan yang dapat pilih yaitu "Keep my files" atau "Remove everything." Apabila Anda pilih "Keep my files" maka windows akan menghapus semua aplikasi dan program dari pihak ketiga, mengubah settingan Windows ke settingan awal/pabrik dan menginstall Windows tanpa menghapus file pribadi Anda.

Sedangkan untuk "Remove everything" maka akan muncul dua pilihan yaitu hanya menghapus file dan aplikasi, atau akan menghapus secara keseluruhan. Opsi ini berguna jika Anda akan menjual komputer, laptop, atau hanya hard disk saja. Karena dengan opsi "Remove files and clean the drive" dapat menghapus seluruh data-data di drive tersebut dan Windows mengusahakan agar data-data tidak dapat di recovery.

Setelahmasuk ke menu "Reset This PC," selanjutnya kita akan dapat melakukan reset Windows. Pilih salah satu dari dua pilihan yang muncul. Untuk tutorial reset windows 10 saya ikuti langkah-langkah dibawah.

Cara reset Windows 10:

  1.  Pilih salah satu pilihan, "Keep my files" atau "Remove Everything." Untuk contoh tutorial ini kami menggunakan pilihan "Keep my files."

    Reset Windows 10 tanpa instal ulang
  2.  Kemudian Windows akan menampilkan menu "Ready to reset PC" yang isinya proses apa saja yang akan dilakukan, klik "Reset."
  3. Tunggu beberapa saat, komputer atau laptop melakukan akan restart dan menyelesaiakan reset Windows. Setelah proses reset selesai akan tampil menu Settings up your apps seperti pada saat selesai menginstall ulang.

Setelah proses diatas selesai, Anda dapat melakukan proses instal kembali aplikasi atau program yang diinginkan. Apabila setelah melakukan reset masih terjadi crash atau blue screen, mungkin masalah terdapat pada hardware.

Salah satu hal yang tidak diinginkan dari proses reset Windows 10 ini adalah jika dari pabrikan menginstal banyak bloatware, proses reset Windows 10 ini juga akan mengembalikan bloatware tersebut apabila telah Anda hapus sebelumnya. Jika Anda ingin menghapus bloatware pada Windows 10, silahkan ikuti cara menghapus bloatware Windows 10.