Cara Membuat USB Flashdisk Bootable Windows 10 Mudah

Jika anda ingin melakukan fresh install atau melakukan install ulang Windows 10 menggunakan USB, salah satu untuk membuat flashdisk bootable Windows 10. Dengan menggunakan Media Creation Tools dari Microsoft anda dapat membuat bootable flashdisk dengan cukup mudah.

Hardware baru sekarang kebanyakan sudah menggunakan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Dengan begitu anda juga harus menyesuaikan perangkat USB atau flashdisk juga mendukung firmware ini sebelum melanjutkan proses instalasi.

Cara Membuat USB Flashdisk Bootable Windows 10 Mudah

Membuat USB Flashdisk Bootable Windows 10


Anda dapat membuat perangkat USB bootable Windows 10 dengan mudah menggunakan Media Creation Tool. Tool tersebut merupakan perangkat utilitas yang mudah digunakan dari Microsoft yang dapat membuat copy instalasi Windows 10 ke perangkat USB anda yang memiliki dukungan UEFI maupun BIOS.

Flashdisk dengan bootable Windows 10 sangat berguna untuk melakukan install ulang pada komputer atau laptop anda. Tidak hanya itu, ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem Windows dengan fitur seperti reset Windows, repair Windows, dan pengaturan Windows lainnya.

Cara Membuat bootable Windows 10 Menggunakan Media Creation Tool

Anda dapat menggunakan Media Creation Tool ini untuk melakukan Upgrade Windows atau Install baru Windows 10. Yang dibutuhkan adalah USB flashdisk dengan kapasitas penyimpanan minimal 8GB untuk amannya. 

Ikuti langkah-langkah pembuatan USB flashdisk bootable Windows 10 dibawah:

  1. Buka situs official Microsoft Windows 10
  2. Download tool pada bagian bawah Create Windows 10 installation media.

    Cara Membuat bootable Windows 10 Menggunakan Media Creation Tool
  3. Setelah selesai melakukan download, klik dua kali pada MediaCreationToolxxxx.exe untuk menjalankan tool utilitas-nya.
  4. Klik accept pada Microsoft terms. 
  5. Pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC, lalu next.

    Cara membuat usb bootable Windows 10 dengan mudah
  6. Pilih dan sesuaikan bahasa, sistem arsitektur yang digunakan, dan versi Windows 10 atau anda dapat memilih default. Jika anda tidak dapat merubah pengaturan, pastikan untuk tidak memilih Use the recommended options for this PC option di bagian bawah, lalu next.
  7. Pada halaman Choose which media to use, pilih USB flash drive. Kemudian klik next.

    Cara membuat usb flashdisk bootable Windows 10 dengan mudah
  8. Pilih perangkat USB yang akan digunakan. Jika perangkat yang ingin digunakan tidak muncul, klik Refresh drive list
  9. Lalu klik saja next.
  10. Pilih drive dari perangkat USB yang akan digunakan, lalu next.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, file instalasi Windows 10 akan di download dan akan membuat bootable ke perangkat USB anda.

Tunggu proses download dan pembuatan bootable hingga selesai. Setelah menyelesaikan proses, anda dapat menggunakan perangkat USB untuk melakukan clean install Windows 10 atau melakukan upgrade. Anda juga dapat menggunakan bootable Windows 10 untuk memperbaiki masalah Windows tanpa install ulang.

Masalah umum yang mungkin dihadapi

No bootable device detected, perangkat yang tidak terdeksi kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Dan paling umum adalah sistem tidak atau belum di setting untuk mendeteksi boot dari perangkat USB. Anda perlu memeriksa setting di dalam BIOS, apakah perangkat USB terdeteksi atau tidak. Kemudian pastikan boot order USB drive di BIOS di setting menjadi paling atas. Kemungkinan juga ada pengaturan security yang dapat mencegah anda melakukan boot dari perangkat USB.

Demikian cara membuat USB flashdisk bootabl Windows 10 mudah menggunakan Media Creation Tool. Semoga cara ini dapat membantu.


EmoticonEmoticon