Cara Mengatasi Windows 10 yang Gagal Startup

Apabila Anda sedang mengerjakan tugas, menulis skripsi, atau melakukan pekerjaan lainnya dan PC atau laptop tiba-tiba crash dan tidak bisa boot ke desktop. Jika ini terjadi di komputer Windows 10 merupakan masalah umum dan dapat dialami oleh siapa saja. Dalam masalah ini dapat diperbaiki dengan mudah. Di bawah kami memiliki solusi umum untuk mengatasi masalah Windows 10 yang gagal startup.

Memperbaiki Startup Gagal pada Windows 10

Memperbaiki Windows 10 Gagal Startup


Kami akan memberikan beberapa solusi untuk masalah di mana Windows 10 crash saat startup atau memulai. Jika PC tidak dapat memulai atau startup sama sekali, maka kemungkinan besar itu bukan masalah dari Windows. Kemungkinan besar bahwa ini masalah pada hardware-nya.

Memperbaiki Startup Windows 10

Windows 10 memiliki opsi perbaikan startup bawaan yang dapat melakukan scan dan memperbaiki file sistem startup yang hilang atau mungkin rusak. Untuk mengakses opsi tersebut, Anda harus memiliki DVD instalasi Windows 10 atau flash drive (Anda dapat meminjam disk / drive teman, atau membuatnya sendiri dari web Microsoft).

Setelah Anda memiliki media yang digunakan untuk memulihkan Windows, masukkan ke dalam komputer Anda, kemudian reboot komputer dan primary boot harus ke media pemulihan. Anda akan mendapatkan pilihan untuk memilih drive saat komputer booting. Klik "Next" pada layar Windows Setup, lalu pilih "Repair your computer".

Setelah itu akan terbuka opsi di mana Anda dapat mengatasi berbagai masalah di Windows. Masuk ke "Troubleshoot > Advanced options > Startup Repair". Ketika Anda mengklik "Startup Repair" Windows akan me-restart dan melakukan scan pada komputer Anda untuk mencari file sistem yang dapat diperbaiki. Jika pada saat proses scanning dan menemukan masalah, maka akan diperbaiki secara otomatis.

Periksa Flash Drive dan Eksternal Disk

Ada beberapa kemungkinan bahwa proses prioritas boot dari Windows terjadi kesalahan. Prioritas booting mungkin dari eksternal drive dan mungkin USB Anda yang terpasang atau ada DVD didalam DVD-drive. Karena apabila eksternal drive tersebut terpasang Windows akan mencoba untuk melakukan proses boot darinya dan gagal karena tidak memiliki perangkat yang berisi file recovery. Lepas semua perangkat penyimpanan eksternal Anda sebelum memulai Windows dan lihat apakah itu membantu.

Error pada Windows Boot Record

Error Boot Record adalah penyebab utama Windows 10 gagal startup, tetapi untungnya hal tersebut dapat diperbaiki dengan mudah menggunakan beberapa perintah Command prompt. Buka command prompt, lalu ketikkan perintah.


bootrec /fixboot

Perintah tersebut digunakan untuk memperbaiki Boot Configuration Data pada boot record yang corrupt atau rusak.

Gunakan Safe Mode untuk Mengatasi Masalah

Setiap mengalami masalah pada Windows hingga tidak dapat dioperasikan, hal pertama yang dilakukan adalah mengakses Safe Mode. Safe Mode dapat menjawab banyak pertanyaan dan mengatasi masalah dengan cepat dan juga mempermudah dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam Windows Safe Mode hanya menjalankan driver minimum yang diperlukan dan hanya file sistem startup yang diperlukan, sehingga file, program, atau driver yang error atau mengalami masalah kemungkinan besar tidak akan dijalankan dalam safe mode ini, hal tersebut mempermudah kita dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Termasuk mengatasi Windows gagal startup.

Banyak cara untuk mengakses Windows 10 Safe Mode, tapi apabila Anda sama sekali tidak bisa boot sama sekali, kami memiliki sedikit opsi untuk mengkases Safe Mode. Jika telah melakukan restart beberapa kali dan gagal, maka Windows 10 secara otomatis akan memasukkan Anda ke opsi Boot. Jika karena alasan tertentu dan Anda tidak dapat mengkses opsi tersebut (sangat jarang), maka Anda dapat melakukan salah satu hal berikut.


  1. Nyalakan kembali PC atau laptop dan segera saat Windows 10 mencoba untuk startup, lepaskan colokan listrik atau tekan dan tahan tombol Power untuk mematikannya secara paksa. Ulangi proses ini tiga hingga empat kali, dan mungkin Anda dapat mengakses opsi boot Windows 10. Intinya mematikan secara paksa agar masuk ke opsi boot Windows.
  2. Jika tidak berhasil, dapat dicoba dengan menekan tombol F8 berulang kali ketika Windows mencoba memulai dan melihat dapat memuat opsi Boot. Kemungkinan besar ini tidak akan berfungsi di Windows 10, karena waktu boot pada sistem operasi ini terlalu cepat. Tetapi pada komputer yang lebih lambat mungkin cara ini masih berfungsi.

Pada opsi Boot, masuk ke "Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart." Setelah komputer melaukan restart, Anda dapat memilih Safe Mode dari daftar yang muncul dengan menekan tombol angka sesuai di layar Anda.

Setelah masuk ke Windows 10 Safe Mode, Anda dapat mengikuti panduan di sini untuk mengatasi masalah Windows 10 Anda. Tercantum di sini adalah Mengatasi boot lambat di Windows 10 (termasuk mengatasi masalah Windows 10 gagal startup).

Usaha Terakhir

Jika karena alasan tertentu dan berbagai cara diatas tidak ada yang membantu, dan cara terakhir yang harus dilakukan adalah instalasi Windows 10 bersih dan kemungkin Anda akan kehilangan data dalam proses, namun masih ada harapan untuk menyimpan setidaknya beberapa data Anda.

Anda dapat mem-boot ke disk instalasi atau recovery Windows 10, lalu ketika boot, pilih "Troubleshoot > Reset This PC > Keep my files". Ini akan melakukan back up dan menyimpan semua file, dokumen, gambar, video, dan lainnya yang disimpan di dalam profil pengguna di Windows 10 (termasuk profil pengguna itu sendiri). Program-program seperti game, corel draw, dan sebagainya, akan dihapus.

Apakah Anda Sudah Dapat Mengakses Windows 10 Dengan Normal?

Setelah melalui berbagai cara dan semua opsi di atas, Anda seharusnya sudah dapat masuk Windows 10 dengan normal. Jika memperbaiki startup atau mengatasi error boot record tidak membantu, maka melakukan recovery atau melakukan reset komputer anda mungkin akan mengatasi masalah ini, dan anda dapat melakukannya melalui pilihan opsi dan masuk ke Boot Safe Mode. Opsi ini mungkin dapat menghapus beberapa data terbaru milik anda, tetapi setidaknya dapat masuk ke dalam Windows 10.

Semoga cara-cara diatas dapat mengatasi masalah Windows 10 gagal startup atau boot. Dan Anda dapat kembali mengerjakan tugas, menyelesaikan menulis skripsi, mengerjakan berbagai macam pekerjaan, dan sebagainya.


EmoticonEmoticon