Windows 10 Tips: Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop

Jika anda ingin meluangkan sedikit waktu untuk melakukan tweak dan mengubah Windows 10 agar terasa bekerja lebih cepat dan berfungsi sesuai dengan yang anda ingiinkan. Anda dapat mengikuti beberapa cara yang dapat mempercepat kinerja PC atau laptop yang digunakan.

Windows 10 Tips: Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop

Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop Windows 10


Ada beberapa cara yang dapat dilaukan untuk meningkatkan kinerja PC atau laptop agar terasa lebih cepat. Hanya dibutuhkan beberapa menit untuk mencoba tips berikut. 

Mengganti Power Settings

Apabila anda menggunakan pengaturan Windows 10 Power Plan, hal tersebut dapat memperlambat performa PC. Karena pengaturan tersebut dimaksudkan untuk menghemat daya. Dengan mengganti Power Plan ke High performance dapat meningkatkan performa PC atau laptop.

Caranya cukup simpel dan mudah. Buka Control panel > pilih Power options. Dalam pengaturan ini anda dapat memilih High performance untuk memaksimalkan penggunaan daya. Sedangkan Power saver akan menghemat daya tapi akan memperlambat kinerja PC atau laptop. 

Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop

Para pengguna PC desktop tidak memiliki alasan untuk menggunakan Power saver. Gunakan High performance ketika anda tersambung langsung ke sumber daya.

Menonaktifkan Program yang Otomatis Berjalan saat Startup

Salah satu alasan mengapa terkadang komputer Windows 10 terasa lambat adalah terlalu banyaknya program yang berjalan di background. Dari beberapa program ini mungkin ada yang jarang digunakan bahkan hanya sesekali dibuka. Menonaktifkan program saat startup akan mempercepat PC atau laptop anda

Untuk menonaktifkannya cukup dengan membuka Task Manager, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membukanya. Kemudian masuk ke tab Startup, pilih program yang jarang digunakan lalu klik kanan kemudian pilih Disable

Jika anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali cukup ulangi langkah diatas lalu pilih Enable

Task manager membantu kita untuk mengedintifikasi atau mengetahui informasi tentang program yang mungkin tidak anda kenali. Untuk mencari tahu tentang program yang mungkin asing bagi anda, anda dapat klik kanan lalu properties atau mencarinya secara online dengan menggunakan pilihan Search online.

Banyak program yang dapat memperlambat saat startup seperti one drive atau clipper. Anda juga dapat memilih Open file location untuk mengetahui lokasi program tersebut dengan membuka File Explorer

Jika anda sudah menonaktifkan program-program yang diinginkan, pada saat anda melakukan restart atau menyalakan komputer berikutnya akan lebih terasa cepat saat startup.

Mematikan Windows Tips and Tricks

Mungkin fitur ini adalah fitur yang paling jarang dan menurut saya tidak membantu. Matikan saja fitur ini untuk sedikit mempercepat performa PC anda. 

Anda dapat mematikan fitur Windows Tips and Tricks ini melalui Settings. 

Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop
  1. Klik menu Start > pilih Settings > masuk ke System > Notifications & actions
  2. Scroll ke bagian bawah dan cari bagian Notifications dan matikan Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows.

Mematikan Sinkronisasi One Drive

One drive merupakan salah satu aplikasi bawaan Windows 10. Sebuah media penyimpanan cloud yang selalu melakukan sinkronisasi file secara up to date ke PC atau laptop anda. Aplikasi ini juga cukup berguna sebagai tool backup jika terjadi masalah pada hard drive anda. 

Untuk menghentikan proses sinkronisasi one drive cukup mudah. Klik kanan pada icon one drive di taskbar > pilih Setting > Account, lalu pilih Unlink this PC.

Anda masih dapat menyimpan file didalam folder one drive, namun tidak akan ter-sinkronisasi dengan media penyimpanan cloud. Untuk mengaktifkan kembali, anda hanya perlu melakukan login dan mengembalikan sinkronisasi ke PC anda.

Mematikan Search Indexing

Pada sistem operasi Windows 10, hard disk anda akan meng-indeks file dan berjalan di background. Fitur ini mempercepat proses pencarian file di PC atau laptop anda. Tetapi hal ini dapat menjadi salah satu biang yang memperlambat performa pada PC yang memiliki spec pas-pas an.

  1. Untuk mematikan search indexing, tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan services.msc, lalu enter. 
  2. Setelah jendela baru terbuka scroll ke bawah dan cari Indexing Service atau Windows Search. 
  3. Kemudian klik kanan lalu properties.

    Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop
  4. Saat jendela baru terbuka, klik Stop. Jika anda tidak ingin mengulangi langkah ini saat menyalakan PC untuk mematikannya, cukup ganti pilihan Disable atau Manual pada menu drop down Startup type diatasnya.

Pelu diingat, jika anda mematikan fitur ini proses pencarian file dari menu start akan cukup lama.

Membersihkan Hard Disk

Jika anda memiliki file yang besar dan membengkak yang tidak dibutuhkan dapat memperlambat PC anda. Dengan membersihkannya anda mempercepat PC atau laptop. Anda dapat melakukan disk cleanup atau menggunakan fitur Storage Sense bawaan dari Windows 10.

Untuk melakukan disk clean up. Buka File Explorer lalu klik kanan pada drive yang akan dibersihkan, misal drive C:
  1. Klik kanan pada drive C:, lalu pilih properties.

    Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop
  2. Klik tombol Disk Cleanup, tunggu proses scan hingga selesai.
  3. Lalu klik Clean up system files, tunggu proses sampai selesai
Untuk menggunakan fitur Storage Sense, ikuti langkah berikut.

  1. Buka Settings dari menu Start.
  2. Masuk ke System lalu pilih Storage pada bagian atas.

    Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop
  3. Pada jendela Storage Sense, anda dapat menyalakan menggunakan toggle.

Dengan fitur ini, secara otomatis Windows akan memonitor PC anda dan menghapus file sampah yang sudah tidak diperlukan lagi.

Dari beberapa informasi yang terlalu dilebih-lebihkan, yang mengatakan bahwa disk cleanup mungkin katanya akan dihilangkan pada versi update Windows 10 (1809 kalo tidak salah). Sebenarnya tetap masih ada di Windows 10 dan hanya lebih disarankan untuk menggunakan Storage Sense dan fitur Free up space now. Disk cleanup tidak akan kemana-mana dan mungkin tidak akan dikembangkan lagi.

Mematikan Shadows, Animations, and Visual Effects

Windows 10 dengan animasi dan visual effects yang sangat menarik. Pada PC yang lebih baru atau dengan spesifikasi tinggi, visual efek dan animasi ini tidak mengganggu performa PC. Tetapi pada PC atau laptop lama atau pada perangkat dengan spesifikasi lebih lambat akan cukup mempengaruhi performa komputer.

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah,

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketik sysdm.cpl.
  2. Setelah jendela System Properties terbuka, masuk ke tab Advanced.
  3. Klik Settings pada bagian Performance.

    Cara Mempercepat Kinerja PC atau Laptop
  4. Jendela baru akan muncul, anda akan melihat berbagai daftar animasi dan visual efek.
  5. Anda dapat memilih Adjust for best performance, atau memilih custom dan mematikan menurut pilihan anda. Jika sudah, klik Apply lalu OK.
Atau anda dapat mematikan beberapa daftar fitur yang cukup mempengaruhi kinerja PC anda. Berikut beberapa fitur yang pengaruhnya cukup besar. 

  • Animate controls and elements inside windows
  • Animate windows when minimizing and maximizing
  • Animations in the taskbar
  • Fade or slide menus into view
  • Fade or slide ToolTips into view
  • Fade out menu items after clicking
  • Show shadows under windows

Untuk lebih gampangnya, anda cukup memilih Adjust for best performance. Windows 10 akan mematikan fitur visual efek tersebut.

Menghapus Bloatware di PC atau Laptop

Terkadang faktor paling besar yang menghambat PC atau laptop Windows 10 anda adalah bloatware atau adware yang dapat memakan banyak CPU dan resources sistem. Bloatware cukup signifikan mempengaruhi kinerja PC yang diinstal oleh produsen komputer atau laptop. 

Untuk menghapus bloatware di PC atau laptop, ikuti langkah-langkah Cara menghapus bloatware di Windows 10.

Itulah beberapa tips Windows 10, cara mempercepat kinerja PC atau laptop. Cobalah beberapa tips diatas dan anda akan merasakan kinerja komputer Windows 10 lebih cepat. Cara diatas juga diperuntukan bagi yang mengalami masalah pada kinerja PC atau laptop.


EmoticonEmoticon