Windows 10: Fitur Baru pada Update April 2019

Windows 10 Update April 2019 merupakan sebuah update besar pertama untuk sistem operasi Windows 10 yang terus berkembang untuk tahun 2019 ini.

Windows 10 versi 1903, dengan nama kode 19H1 Windows 10 Update April 2019 melanjutkan tradisi Microsoft untuk melakukan rilis update besar yang akan membawa fitur, tools, dan aplikasi baru ke  sistem operasi Windows 10.

FItur Baru Windows 10 versi 19H1 Update April 2019

FItur Baru Windows 10 versi 19H1


Seperti biasa dengan versi awal update Windows 10 ini, dibawah merupakan beberapa fitur baru untuk Windows update April 2019. Kami akan mengupdate ketika ada fitur-fitur baru diumumkan.

Perlu diingat, bahwa beberapa fitur ini mungkin dapat dihapus dari versi rilis Windows 10  Update April 2019 karena berbagai alasan.

Tema Baru Windows 10

Windows 10 Update April 2019 akan membawa tema desktop baru yaitu Light Theme, dengan kontras yang cukup bagus dengan Dark Theme yang biasa kita gunakan di Windows 10. Tidak hanya membuat taskbar dan Start Menu lebih cerah, tetapi dengan ikon baru telah disesuaikan dengan tema cerah yang baru.

Tema Baru Windows 10

Anda juga dapat mencampur dan mencocokkan bagian dari tema Light dan Dark untuk mendapatkan tampilan yang paling sesuai dengan selera.

Dengan tema barunya yang lebih cerah ini, dengan warnanya yang hampir sama seperti tema pada Windows 7 ini cukup membawa pandangan yang cukup menyegarkan untuk mata kita. Adanya tambahan variasi agar tidak bosan dengan tema yang sebelumnya.

Menu Start Baru

Microsoft terus melakukan perubahan pada Menu Start, dan perubahan yang dilakukan pada Windows 10 April 2019 terlihat semakin baik. Dengan tampilan ikon yang lebih rapi dan tertata didanding pada versi sebelumnya.

Menu Start Baru Windows 10

Masih ada sejumlah aplikasi dan game yang  diinstal sebelumnya, dan mungkin ada beberapa yang tidak anda gunakan. Pada Windows 10 Update April 2019, anda dapat menghapus instalan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya lebih mudah.

Perubahan penting lainnya, kini menu Start memiliki proses khusus sendiri yaitu StartMenuExperienceHost.exe yang sebelumnya di-host oleh ShellExperienceHost.exe. Hal ini dikabarkan bahwa membuat menu Start berjalan lebih lancar dan lebih responsif, dan terlindungi dari masalah potensial yang mungkin dapat disebabkan oleh area lain dari OS.

Dengan menu start memiliki proses tersendiri akan mempermudah mengenalinya kita saat memeriksa proses di Task Manager, apa saja yang berjalan di dalamnya.

Cortana yang Dipisahkan dari Search Box

Pada Windows 10 Update April 2019, lokasi ikon Cortana yang tidak akan menjadi satu lagi dan ada diluar kotak pencarian atau search box, yang berarti jika anda melakukan pencarian di search box, pencarian hanya dilakukan di sistem anda sendiri. Jika ingin menggunakan Cortana untuk pencarian yang terhubung ke internet, anda harus klik ikon Cortana sendiri yang ada di sebalah kotak pencarian.

Berdasarkan dari pengalaman selama beberapa tahun menggunakan Windows 10, belum pernah sama sekali melakukan pencarian dengan menggunakan Cortana.

Menunda Windows Update

Windows 10 Update April 2019 akan memungkinkan orang yang menggunakan edisi Windows 10 Home untuk melakukan pause saat update Windows dan menentukan beberapa hari anda untuk menjedanya.

Pause Windows Update

Ini merupakan fitur yang sangat berguna yang memungkinkan anda waktu untuk memeriksa untuk memastikan bahwa update berfungsi dengan benar, dan jika mungkin terjadi masalah, anda dapat menjeda update hingga masalah diperbaiki.

Diharapkan Windows dengan update terbaru akan tiba tanpa ada masalah. Tetapi seperti yang pada sebelumnya, itu jarang terjadi. Fitur-fitur ini juga telah tersedia untuk para pengguna Enterprise dan profesional Windows 10, jadi ada sebaiknya menyediakan untuk Windows 10 Home.

Windows Sandbox untuk Melakukan Eksperimen

Jika anda menggunakan Windows 10 Professional, maka tool Windows Sandbox baru mungkin menarik bagi anda. Tool yang satu ini memungkinkan anda untuk dengan mudah menjalankan virtualisasi Windows 10 di jendela dengan mudah. Memudahkan anda untuk menjalankan software dan menguji pengaturan dan kode tanpa itu mempengaruhi sistem Windows 10 utama Anda.

Ini merupakan fitur yang paling ditunggu untuk bisa digunakan pada full release pada April mendatang. Dengan fitur sandbox ini jadi tidak perlu untuk menginstal Virtual Machine (mungkin tetap butuh VM untuk mencoba di sistem operasi lainnya) untuk mencoba aplikasi atau tweak yang mungkin dapat mempengaruhi sistem tetapi tidak di sistem Windows 10 utama, Dan satu lagi, apakah fitur sandbox bisa buat dual-login game online? o.O

Diatas merupakan fitur-fitur baru yang datang akan ke Windows 10 pada April 2019. Kami akan memperbarui daftar ini jika kami menemukan fitur baru lainnya. Anda dapat mencoba update Windows 10 April atau 19H1 lebih cepat menggunakan Windows Insider.


EmoticonEmoticon