Cara Menghapus Bloatware Windows 10

Bloatware menjadi beban bagi pemilik gadget pada masa kini. Dengan produsen mengisi laptop, ponsel, atau tablet baru dengan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya oleh produsen tersebut untuk memasukkan penghasilan uang ekstra bagi mereka. Anda memiliki banyak sekali program yang tidak berguna yang dapat menghabiskan kapasitas ruang penyimpanan memory yang sudah terbatas.

Windows 10 mungkin terlihat cepat dan bersih, tetapi di balik layar, ada banyak aplikasi program yang tidak butuhkan dan mungkin tidak penting. Kami akan membahas bagaimana cara menghapus bloatware dan aplikasi bawaan Windows 10 yang tidak penting dan mungkin cukup menghambat komputer Anda. Untungnya, aplikasi bloatware pada Windows 10 dapat dihapus.

Cara Mudah Menghapus Bloatware Dari Windows 10

Cara Mudah Menghapus Bloatware Dari Windows 10 


Windows 10 memang memiliki cukup banyak bloatware dalam sistemnya. Untungnya bloatware di Windows 10 cukup mudah untuk dihapus. Ada beberapa cara untuk menghapusnya: menghapus instalasi apps secara tradisional, menggunakan perintah PowerShell, dan menggunakan tools pihak ketiga.

Bloatware tidak terdapat dalam daftar Program & Features yang biasanya digunakan untuk menghapus instalasi suatu program. Karena Microsoft dan pabrikan lain yang memberikan produk dengan bloatware dan memperoleh untung dengan Anda menggunakan aplikasi tersebut. Jadi kemungkinannya para produsen ini tidak ingin Anda menghapus atau meng-uninstal aplikasi bloatware tersebut.

Cara Uninstall Aplikasi Bloatware Windows 10

Beberapa bloatware di Windows 10 mudah untuk dihapus menggunakan uninstaller biasa. Uninstaller ini tampaknya berfungsi untuk beberapa aplikasi yang dalam paket instalasi Windows 10, seperti Money, News, Sport, dan beberapa lainnya yang ada dalam Start Menu. Cara yang satu ini cukup mudah, temukan aplikasi dalam yang ingin Anda hapus Start Menu, klik kanan, dan pilih Uninstall, beres.
Cara Uninstall Aplikasi Bloatware Windows 10

Windows 10 membuat aplikasi-aplikasi kosmetik dari sistem operasi tersebut mudah untuk dihapus. Tetapi Microsoft tidak menganggap semua aplikasi sama. Karena aplikasi yang dianggap Microsoft sebagai bagian dari inti Windows 10 experience mengharuskan Anda untuk menggunakan perintah PowerShell untuk menyembunyikan atau menghapus, atau menggunakan uninstaller dari pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi, seperti Cortana, tidak dapat dihapus dari sistem secara 100%.

Menggunakan PowerShell untuk Menghapus Bloatware

PowerShell adalah bagian penting dan bawaan sistem Windows. PowerShell berbeda dengan Command Prompt. Namun, PowerShell juga menggunakan bahasa perintah dan script yang dapat memberikan Anda kontrol lebih besar atas instalasi Windows. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan perintah PowerShell untuk menyembunyikan atau menghapus bloatware Windows 10.

Anda dapat membuka baris perintah PowerShell melalui Start Menu > All Apps > Windows PowerShell. Atau juga dapat dengan mengetik PowerShell ke pencarian start menu. Yang paling. Klik kanan dan pilih jalankan sebagai Administrator. Hal Ini untuk memastikan Anda memiliki kendali keseluruhan pada sistem.

Menggunakan PowerShell untuk Menghapus Bloatware

Selanjutnya, pastikan aplikasi yang ingin dihapus. Perintah PowerShell dapat menghapus aplikasi bawaan Windows 10 apa pun mulai dari Bing Health and Fitness, hingga Microsoft Windows Calculator.

Menyembunyikan Aplikasi Menggunakan Perintah "Remove-AppxPackage"

Jika tidak ingin menghapusnya, Anda dapat me-nonaktifkan atau menyembunyikannya. untuk menyembunyikannya Anda dapat memasukkan kode berikut ke dalam PowerShell dan akan menyembunyikan setiap aplikasi yang Anda masukkan.

Dengan menyembunyikan aplikasi yang sudah diinstal secara default memiliki keuntungan untuk menghilangkan dari tampilan dalam interface tanpa benar-benar menghapusnya dari sistem Anda. Karena jika suatu saat Anda sedang memang membutuhkan aplikasi tersebut, Anda dapat mengaktifkannya lagi.

Menghapus Bloatware Windows 10 Dengan DISM

Untuk menghapus dan melenyapkan setiap bagian bloatware dalam sistem Anda menggunakan PowerShell adlah menggunakan baris perintah DISM. DISM adalah singkatan dari Deployment Imaging Service and Management. Perintah DISM dapat digunakan untuk sistem Windows dengan berbagai cara. Dalam hal ini, kita akan menggunakannya untuk menghapus aplikasi bloatware Windows 10.

Untuk menghapus aplikasi sedikit berbeda dengan menyembunyikannya. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memeriksa seluruh spektrum sistem bloatware menggunakan perintah berikut:

DISM /Online /Get-ProvisionedAppxPackages | select-string Packagename

Anda akan melihat daftar lengkap aplikasi yang diinstal. Gunakan nama-nama paket dalam daftar untuk menghapusnya. Untuk menghapusn, gunakan perintah berikut:

DISM /Online /Remove-ProvisionedAppxPackage /PackageName:Nama_Paket

Ganti Nama_Paket dengan nama aplikasi yang akan dihapus dari dalam daftar yang muncul. Setelah proses selesai dengan sukses, Anda harus melakukan restart komputer agar kode yang dijalankan dapat berfungsi penuh.

Bloatware ini sangat mengganggu pada pengguna internet yang menggunakan kuota dan kecepatan yang pas-pasan. Karena terkadang bloatware ini dapat memakan bandwidth saat mereka melakukan update, jelas ini dapat mengganggu saat anda menggunakan komputer untuk berjelajah di internet atau sedang bermain game online.

Meskipun bloatware dalam Windows 10 tidak memakan banyak kapasitas ruang penyimpanan, hal ini terkadang dapat mempengaruhi waktu startup Windows Anda. Dengan menghapus bloatware dapat mengatasi boot Windows lemot, jika Anda mengalami masalah tersebut. Tidak sedikit yang menganggap aplikasi default atau aplikasi bawaan Windows yang dimasukkan dalam instalasi sistem sebagai "sampah".


EmoticonEmoticon