Cara Mencari File Duplikat dan Menghapusnya di PC kamu

Berikut merupakan beberapa tools yang kami temukan untuk pencari file duplikat. Aplikasi berikut mudah digunakan untuk mencari file atau aplikasi yang mungkin sudah,diinstal namun lupa dimana lokasi Anda menginstal aplikasi tersebut.

Cara Mencari File Duplikat dan Menghapusnya file duplikat di PC atau laptop

Mencari dan Menghapus File Duplikat di PC


Sebelum memulai, Jangan menggunakan alat ini untuk menghapus file duplikat yang ditemukan didalam folder sistem seperti folder Windows dan folder Program Files. Sistem operasi Windows dan program lainnya yang Anda gunakan mungkin memerlukan file duplikat di dalam floder sistem agar aplikasi atau program lainnya berfungsi dengan baik.

Untuk amannya, sebaiknya anda hindari drive C: dalam mencari dan menghapus file duplikat. Tetapi jika hanya memiliki satu partisi saja, pastikan anda hati-hati dan hindari segala sesuatu di dalam folder Windows seperti, System, System32, dan seterusnya.

Berikut merupakan beberapa tools yang dapat digunakan untuk mencari file, entah file duplikat atau file yang lainnya di PC dan memungkinkan untuk menghapus file duplikat yang tidak penting atau tidak diperlukan. Dengan begitu Anda dapat membebaskan ruang untuk hard drive PC atau mungkin laptop.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan Auslogics Duplicate File Finder

Banyak tool pencari file duplikat yang mungkin cukup rumit untuk digunakan, dan dikemas dengan banyak pilihan opsi berbeda. Auslogics Duplicate File Finder berbeda dari tools pada umumnya, menawarkan interface sederhana yang memandu Anda melalui proses dengan mudah. Auslogics memiliki fitur lainnya yang mudah digunakan, seperti panel preview bawaan yang memungkinkan untuk melihat gambar, mendengarkan file audio, dan melihat preview video sehingga Anda dapat melihat dan mengetahui file apa yang akan dihapus.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan Auslogics Duplicate File Finder

Auslogics untuk menggabungkan junkware tambahan didalam aplikasi ini, tetapi mereka menawarkan Anda untuk meng-instalnya atau tidak. Saat proses instalasi memang menawarkan untuk menginstal Auslogics Driver Updater ketika menginstal pencari file duplikat. Pastikan untuk tidak mencentang software tambahan apa pun yang ditawarkan selama proses instalasi, karena mungkin Anda tidak memerlukan update driver.

Aplikasi Auslogics memiliki setting default yang masuk akal dan panduan sederhana untuk memandu Anda melalui didalam proses pencarian file. Auslogics akan mencari folder non-sistem pada semua drive yang terhubung secara default. Tetapi aplikasi juga menawarkan untuk dapat dengan mudah memilih drive dan folder mana yang ingin Anda lakukan pencarian di bagian sidebar.

Secara default, aplikasi ini akan mencari file gambar, file audio, file video, arsip, dan aplikasi. Tetapi Anda dapat memilih hanya satu jenis file atau semua jenis file dicari. Anda dapat dengan mudah untuk mencari file dengan memasukan kata-kata atau sedikit teks tertentu yang menyangkut dari nama file yang dicari jika digunakan untuk mencari file tertentu.

Setelah Anda melakukan pencarian, terlihat daftar file duplikat dan Anda dapat dengan mudah melihat preview atau pratinjau dari file-file tersebut dan informasi lainnya.Untuk mempersempit pencarian lebih lanjut, Anda dapat mengklik tombol "Filter" dan memfilter menurut tanggal, ukuran, atau jenis file. Pilih file yang ingin Anda hapus dan klik tombol "Delete Selected Files" untuk menghapus.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan CCleaner

CCleaner merupakan tools yang populer, dan kemungkinan Anda sudah menginstalnya pada PC atau laptop. Fitur utama dari CCleaner adalah penghapusan file sampah, yang membebaskan ruang pada hard drive dengan menghapus file sementara yang tidak diperlukan dan tidak penting. tetapi aplikasi ini juga memiliki beberapa tools bawaan lainnya, termasuk pencari file duplikat.

Buka CCleaner dan klik Tools > Duplicate Finder untuk menemukan fitur ini. Fitur ini tersedia di semua versi CCleaner. jadi tidak perlu untuk mengeluarkan uang dan meng-upgrade ke CCleaner Pro untuk menggunakannya.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan CCleaner

Pengaturan default CCleaner akan memungkinkan Anda untuk mencari file duplikat di drive C: dan mengabaikan file sistem dan file tersembunyi. Anda juga dapat memilih untuk mencari lokasi direktori tertentu dengan mengklik tombol "Add" pada panel Include dan memilih folder. Pastikan untuk memilih opsi "Include files and subfolders" dan menambahkan folder baru untuk memastikan CCleaner mencari folder apa pun di dalam folder yang dipilih.

Interface pada tool ini cukup simple. Tidak memiliki opsi preview atau pratinjau seperti Auslogics Duplicate File Finder. Namun, hal ini dapat memungkinkan Anda untuk dengan mudah memilih file mana yang ingin dihapus dan bahkan mampu untuk menyimpan daftar file duplikat ke dalam file teks.

Didalam fitur ini memiliki interface mendasar yang memungkinkan memilih file mana yang ingin Anda hapus dan bahkan menyimpan daftar file duplikat ke dalam file teks. Anda dapat mengklik kanan file dari dalam daftar dan memilih "Open Containing Folder" jika Anda ingin melihat file dalam folder itu sendiri pada sistem Anda.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan SearchMyFiles

SearchMyFiles adalah aplikasi yang lebih canggih, memiliki kelebihan pada fitur filter-nya yang dapat disesuaikan. SearchMyFiles dapat melakukan pencarian file yang dibuat, dimodifikasi, atau diakses hanya antara tanggal dan waktu tertentu yang Anda tentukan.

Tool ini dibuat oleh NirSoft, yang juga menciptakan banyak tools gratis bermanfaat lainnya yang tidak memiliki junkware. Banyak aplikasi dari NirSoft lainnya dan ini merupakan aplikasi portabel.

Mencari dan Menghapus File Duplikat Menggunakan SearchMyFiles

Saat menjalankan aplikasi ini Anda akan melihat dialog pencarian yang terlihat rumit dan membingungkan. Untuk mempermudah penggunaannya cukup klik "Duplicates Search" di kotak Search Mode di bagian atas jendela dan kemudian pilih lokasi folder yang akan dicari dengan mengklik tombol "Browse" di sebelah kanan Base Folder. Sebagai contoh, Anda dapat memilih C:\ untuk mencari seluruh file duplikat didalam drive C:. Setelah Anda mengkonfigurasikan pengaturan, klik "Start Search" untuk mencari file duplikat. Anda akan melihat daftar file duplikat yang muncul dan disusun dalam grup, dan pilih file duplikat mana yang ingin akan dihapus.

Atur Ruang Hard Drive dengan Menghapus File Duplikat

Dari beberapa tool diatas, ccleaner merupakan yang paling mudah digunakan. Karena tool ini dapat memisahkan file sistem penting agar tidak terhapus. Jadi anda dapat mencari file duplikat di drive C: dan menghapusnya tanpa harus khawatir akan terjadi sesuatu pada sistem anda.

File duplikat mungkin tidak diperlukan dan hanya akan memenuhi ruang hard drive. File duplikat ini dapat berupa audio, gambar, video, dan file-file lainnya. Dengan menghapus file duplikat pada PC, Anda dapat membebaskan ruang hard drive dan dapat digunakan untuk meng-instal program, aplikasi atau untuk menyimpan file yang lebih penting.


EmoticonEmoticon