Mengambil Screenshots Secara Penuh di Google Chrome

Google chrome di Android memiliki fitur beta Long Screenshots. Dengan fitur ini anda dapat mengambil screenshots satu halaman penuh pada website di google chrome untuk disimpan dan juga dapat dibagikan dengan orang lain secara langsung.


Screenshots Satu Halaman Penuh dengan Long Screenshots di Chrome


Fitur Long Screenshot dapat anda gunakan dengan Chrome versi 94 atau diatasnya. Karena fitur ini masih beta, anda harus mengaktifkannya secara manual. Untuk kedepannya fitur long screenshot dapat menjadi permanen pada update Chrome yang akan datang.

Untuk mulai mencoba fitur ini, pastikan Anda telah melakukan update Google Chrome ke versi terbaru di Play Store.


Cara Mengaktifkan Screenshots Layar Penuh di Chrome

Buka aplikasi browser Chrome di perangkat iOS atau Android anda. Kemudian ketikkan chrome://flags di bagian kolom alamat, lalu enter.


Pada halaman Experiment, ketik Long Screenshots di kolom search untuk mencarinya. 


Kemudian pada pilihan di sebelah kanan Chrome Share Long Screenshots klik menu drop-down ganti dari Default menjadi Enabled.


Setelah itu anda akan dimimta untuk memulai ulang browser Chrome. Buka kembali Chrome, lalu buka website atau halaman yang ingin di-screenshots. Ketuk tiga titik dibagian kanan atas untuk membuka menu Chrome.

Kemudian pilih Share di menu Chrome.


Dibagian bawah akan keluar menu share dengan berbagai macam pilihan. Lalu pilih Long screenshot.


Pada layar Chrome akan terbuka kotak dengan anak panah atas dan bawah di bagian tengah atas dan bawah. Anda dapat menarik panah tersebut untuk mengatur seberapa banyak area yang akan diambil screenshot.


Anda dapat menekan tombol centang dibagian kanan bawah setelah selesai dan akan muncul editor gambar bawaan Chrome yang dapat digunakan untuk mengedit hasil screenshot.


Ada tiga pilihan yang dapat anda gunakan untuk mengedit gambar yaitu crop, text, dan draw. Setelah selesai mengedit, klik next dibagian kanan atas. 

Menu share yang lain akan terbuka dengan tiga pilihan. Bagikan hasil screenshot atau menyimpannya di dalam penyimpanan perangkat anda dan menu delete untuk menghapus hasil screenshot. Klik opsi yang anda inginkan.


Anda juga dapat menggunakan fitur Long Screenshots di perangkat Mac dan juga PC. Hal yang perlu diingat adalah fitur ini masih tersembunyi karena masih dalam versi Beta dan mungkin belum stabil dan dapat menghambat kinerja browser Chrome di perangkat anda. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon