Cara Merekam Layar di Android

Ada banyak alasan mengapa anda ingin merekam layar smartphone, entah anda ingin memamerkan ketrampilan bermain game atau untuk menunjukkan sesuatu kepada teman anda. Meskipun kemampuan untuk merekam layar sudah menjadi fitur tersedia di OS, ada aplikasi pihak ketiga dapat membantu bagi pengguna Android yang belum memiliki fitur tersebut yang. Berikut cara merekam layar Anda di ponsel Android.

Cara merekam layar di Android

Cara merekam layar Android menggunakan fitur bawaan Android


Pada Android Q sudah mulai memperkenalkan screen recording yang tersedia di dalam OS. Saat pertama kali diluncurkan hasil rekaman masih agak kasar di sekitar tepi karena masih dalam keadaan Beta, tetapi sekarang fitur ini sudah dipoles, dan jika anda menggunakan ponsel dengan Android 10 atau di atasnya akan dapat menggunakannya dengan mudah.

  1. Geser ke bawah untuk menampilkan pengaturan cepat Anda. Geser ke bawah lagi untuk menampilkan area notifikasi lebih luas.
  2. Cari pengaturan cepat Rekam Layar.
  3. Jika anda tidak menemukannya, tap tombol pensil dan tambahkan Screen Record ke pengaturan cepat.
  4. Saat anda sudah siap untuk merekam, tekan opsi Screen Record.
  5. Anda akan memiliki bebeopsi pilihan untuk Rekam audio dan Tampilkan sentuhan di layar. Tentukan pilihan sesuai kebutuhan anda.
  6. Tekan Mulai.

Anda dapat menarik ke bawah area notifikasi dan mengetuk bagian merah besar yang bertuliskan Ketuk untuk berhenti untuk mengakhiri merekam layar. Hasil rekaman anda akan disimpan ke galeri.


Cara merekam layar di Android menggunakan aplikasi pihak ketiga


Jika di perangkat Android tidak memiliki fitur merekam layar atau anda tidak menyukai perekaman dari OS, ada banyak opsi lainnya pihak ketiga di Google Play Store. Salah satu yang menjadi favorit adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi perekam layar ini mudah untuk digunamun dan menyediakan banyak fitur dan penyesuaian daripada dari alat perekam bawaan OS. Anda dapat memilih resolusi, memilih kecepatan bit, menyesuaikan kecepatan frame, dan lainnya.


  1. Download AZ Screen recorder dari Google Play Store.
  2. Setelah selesai instalasi buka aplikasi. Aplikasi akan meminta izin untuk melakukan overlay layar. Pilih izinkan.
  3. Anda akan melihat ikon kamera saat aplikasi terbuka. Ketuk di ikon kamera untuk memulai merekam layar Android anda.
  4. Pilih Mulai sekarang.
  5. Anda akan melihat hitungan mundur tiga detik sebelum aplikasi mulai merekam layar Android anda.
  6. Gelembung mengambang akan menjadi tombol Stop. Ketuk ikon tersebut untuk mengakhiri merekam layar di Android.


EmoticonEmoticon