Cara Mengecek Apakah Laptop atau PC Windows 10 Kompatibel untuk Windows 11

Windows 11 hadir dengan sejumlah fitur baru dan menarik. Dari perubahan visual sistem operasi terbaru dari Microsoft, menghadirkan kompatibilitas dengan Android, fitur menarik terkait dengan gaming, dan lebih banyak lagi. Microsoft juga mengungkapkan bahwa sebagian besar PC atau laptop yang telah beredar di pasar memiliki kompabilitas Windows 11. Merek tersebut juga telah merilis daftar persyaratan minimum dan prosesor yang mendukung sistem operasi terbaru. 


Jika ingin tahu apakah perangkat laptop atau PC anda yang didukung Windows 10 kompatibel dengan Windows 11, ada cara untuk mengecenya dengan mudah. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan langkah untuk bagaimana cara memeriksa kompatibilitas Windows 11 dengan laptop atau PC.


Cek kompabilitas Windows 11


Cara Mengecek Apakah Laptop atau PC Memenuhi Syarat Upgrade Windows 11 Menggunakan Aplikasi Microsoft PC Health Check


Anda dapat memeriksa apakah laptop atau PC Windows 10 anda kompatibel dengan Windows 11 menggunakan alat dari Microsoft. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memeriksa kompatibilitas laptop atau PC anda:

  1. Buka situs web resmi Microsoft untuk Windows 11
  2. Klik pada link yang bertuliskan PC Health Check. Download dan instal aplikasi Microsoft PC Health Check di laptop atau PC yang ingin anda upgrade ke Windows 11.
    Download Aplikasi PC Health Check

  3. Setelah selesai instal, buka aplikasi dan di halaman awal anda akan melihat pemberitahuan yang mengatakan "Introducing Windows 11". Klik tombol Check Now.

Apabila laptop atau PC anda kompatibel, pesan "This PC can run Windows 11". Jika PC atau laptop tidak kompatibel dengan Windows 11 akan muncul alasan mengapa PC anda tidak kompatibel. Anda dapat melihat daftar lengkap alasan mengapa PC atau laptop Anda tidak bisa untuk upgrade ke Windows 11.


Cara Mengatasi PC atau Laptop "This PC Can’t Run Windows 11"


Jika PC atau laptop menunjukkan "This PC can't run Windows 11" anda dapat mengidentifikasi masalah pada laptop atau PC dari daftar alasan yang telah dicantumkan. Namun, anda dapat memeriksanya sekali lagi dengan sebelumnya mengaktifkan PC Secure Boot dan TPM di pengaturan BIOS terlebih dulu. Anda bisa mengaktifkannya dari pengaturan dan coba sekali lagi memeriksa apakah PC atau laptop kompatibel atau tidak. Inilah cara Anda dapat mengaktifkan Secure Boot dan TPM:

  1. Restart laptop atau PC.
  2. Masuk ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS setiap PC atau laptop memiliki tombol yang bervariasi dari tiap produsennya (biasanya diantara tombol Esc, F1, F2, F8, F10, F11, F12, atau Delete). Misalnya, untuk laptop Acer, anda dapat menekan F2 saat boot untuk masuk ke pengaturan BIOS.
  3. Setelah masuk ke Settings, navigasikan ke Security dan Aktifkan mode TPM.
  4. Sekarang pergi ke opsi Boot dan kemudian Aktifkan opsi Enable Secure Boot.
  5. goog_1563092385Setelah selesai, Anda dapat memilih Save and exit dan PC akan me-restart secara otomatis.


Coba sekali lagi untuk membuka aplikasi PC Health Check untuk melihat apakah PC Anda dapat diupgrade ke Windows 11 atau tidak.


Jika aplikasi menunjukkan laptop atau PC Anda tidak kompatibel, anda bisa menunggu. Microsoft telah mengungkapkan bahwa mereka akan segera memperbarui daftar kompatibilitas perangkat kerasnya. 


Microsoft akan memperbarui daftar perangkat yang kompatibel dengan perangkat keras. Update Windows 11 akan tiba di akhir tahun, jadi cakupan hardware yang mendukung dapat berubah hingga saat itu. Sambil menunggu anda juga dapat menabung untuk membeli laptop atau meng-upgrade PC.


EmoticonEmoticon