Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka

Google Play Store merupakan aplikasi bawaan pada setiap smartphone Android dan sangat penting. Karena dengan Google Play Store, Anda dapat mengunduh berbagai macam aplikasi dan game gratis maupun berbayar.

Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Terhenti

Mungkin Jika melihat pesan error atau kesalahan "Layanan Google Play telah Terhenti" saat membuka Google Play Store atau aplikasi lainnya yang membutuhkan Layanan Google Play. Hal ini tentunya akan membuat bingung dan mengganggu karena tidak dapat melakukan update dan mengunduh aplikasi maupun game, tidak perlu khawatir dan bingung. Dibawah ini adalah berbagai cara untuk mengatasi Google Play Store yang tidak dapat dibuka atau terhenti.

Cara Memperbaiki Layanan Google Play Telah Terhenti

Layanan Google Play memiliki hubungan dengan Google Play. Apabila layanan google play atau google play service terhenti maka Google Play Store terhenti dan tidak dapat dibuka. Coba untuk melakukan restart atau mematikan dan menyalakan kembali perangkat Android Anda. Jika masalah Google Play Store tidak dapat dibuka dan Layanan Google Play masih terjadi kesalahan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dan metode umum berikut ini untuk mengatasinya.

1. Lakukan Update atau Perbarui Layanan Google Play

Hal ini disebabkan Google Play atau Framework Layanan Google memiliki versi lama dan dapat menyebabkan masalah. Untuk itu cobalah untuk memeriksa pembaruan pada dua hal ini. Cara ini hanya untuk mengatasi masalah Layanan Google Play saja apabila Google Play Store masih dapat dibuka. Anda dapat melakukan pembaruan Layanan Google Play di Google Play Store.

2. Hapus Akun Google Anda

Terkadang gagal saat menambahkan akun pengguna dapat mengakibatkan masalah ini. Jika kemungkinan ini masalahnya, coba untuk menghapus dan menambahkan kembali akun yang sedang digunakan, hal ini terkadang dapat menyelesaikan masalah Google Play Store. Untuk melakukan ini:
  1. Pergi ke pengaturan.
  2. Pilih Akun.
  3. Ketuk pada akun Google yang ingin Anda hapus kemudian pilih Hapus akun. Jangan lupa untuk melakukan backup atau mencadangkan semua yang disinkronkan ke akun itu sehingga Anda tidak kehilangan data penting.
  4. Tambahkan kembali akun Google yang akan digunakan dan lihat apakah Google Play Store dapat berfungsi lagi.
Jika kehilangan data setelah menghapus akun Google pada perangkat Android, anda dapat mengembalikan data yang terhapus di perangkat Android tersebut.

3. Menghapus File Cache Google Play Store dan Google Play Service

Karena Google Play Store dan Google Play Services (Layanan Google Play) tidak muncul sebagai aplikasi terpisah dan keduanya mendukung aplikasi Google. Jika terdapat kesalahan dengan Google Play, sebaiknya hapus data cache pada kedua layanan dan mulai ulang smartphone Anda.

Anda dapat membersihkan file cache secara manual dengan mengikuti langkah seperti dibawah ini.

Menghapus File Cache Google Play Store


Langkah Cara Menghapus File Cache Google Play Store

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Masuk ke Setelan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi dan masuk pada tab Semua.
  4. Cari aplikasi Google Play Store.
  5. Kemudian ketuk Hapus Cache.

Menghapus File Cache Layanan Play Store


Langkah Cara Menghapus File Cache Layanan Play Store

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Lalu masuk Setelan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi dan posisikan pada tab Semua.
  4. Cari aplikasi Layanan Google Play.
  5. Kemudian ketuk Hapus Cache.

4. Hentikan Paksa dan Menghapus File Data Google Play Store dan Google Play Service

Selanjutnya metode yang satu ini menghentikan secara paksa dan menghapus data dari aplikasi Google Play Store maupun Layanan Google Play. Cara yang ini biasanya dapat mengatasi berbagai masalah saat aplikasi mengalami error.

Dengan menghapus data akan menghapus berbagai data sementara seperti history, file cache, bookmark, dan yang lainnya. Anda dapat login kembali ke Google Play Store dengan akun Google jika masalah error sudah teratasi. Langkah-langkah berikut ini hampir sama seperti langkah sebelumnya dengan sedikit perbedaan file yang dihapus.

Menghapus Data Google Play Store


Langkah Cara Menghapus Data Google Play Store

  1. Masuk menu Pengaturan.
  2. Buka Setelan Tambahan.
  3. Pilih Manajemen Aplikasi dan masuk ke tab Semua.
  4. Cari aplikasi Google Play Store.
  5. Kemudian ketuk pada Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Menghapus Data Layanan Play Store


Langkah Cara Menghapus Data Layanan Play Store

  1. Masuk menu Pengaturan.
  2. Buka Setelan Tambahan .
  3. Masuk Manajemen Aplikasi dan pilih ke tab Semua.
  4. Temukan aplikasi Layanan Play Store.
  5. Ketuk pada Paksa Berhenti dan Hapus Data.
Setelah selesai melakukan langkah-langkah seperti diatas, matikan smartphone Android anda. Dengan mematikan dan menyalakan kembali akan membuat smartphone kembali fresh. Semoga cara ini dapat membantu mengatasi Google Play Store yang tidak dapat dibuka.


EmoticonEmoticon