Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Mudah

Dengan semakin besarnya ruang penyimpanan atau memory storage internal pada Android, Anda dapat mengandalkan ruang penyimpanan ini untuk menyimpan banyak file seperti video, foto, dokumen, dan berbagai macam file lainnya.

Jika Anda merasa kehilangan file penting yang atau file tersebut terhapus, tidak perlu khawatir, karena file tersebut masih dapat dikembalikan dengan melakukan recovery. Untuk melakukan recovery file pada Android simak cara berikut.


Cara Mengembalikan File Terhapus di Android


File-file terhapus pada perangkat penyimpanan anda masih dapat dikembalikan dengan penyebab seperti terkena virus atau terhapus secara tidak sengaja. Jika anda kehilangan file karena anda melakukan format pada kartu memori, masih ada kemungkinan mengembalikan file tersebut meskipun itu akan sedikit lebih sulit.

Untuk dapat melakukan recovery atau mengembalikan file, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Pertama yang paling utama adalah, Anda membutuhkan sebuah komputer atau laptop.

Kemudian, Anda membutuhkan software Recuva File Recovery. Software ini bisa didapatkan secara gratis untuk komputer atau laptop Anda dari situs officialnya Ccleaner.

Setelah anda download dan menginstall Recuva kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB.
  2. Pastikan penyimpanan pada Android terdeteksi dalam komputer.
  3. Jalankan program Recuva.
  4. Ketika menjalankan Recuva, akan keluar pilihan jenis file yang ingin dikembalikan atau di recovery.
  5. Untuk mengembalikan semua jenis file, pilih opsi "All Files".
  6. Pilih lokasi file yang akan dikembalikan. Jika anda lupa atau tidak yakin dimana lokasi file yang ingin dikembalikan disimpan, pilih saja "I’m Not Sure".
  7. Kemudian centang pada "Enable Deep Scan" untuk melakukan pencarian file yang hilang secara mendalam pada perangkat Anda.
  8. Klik Start untuk memulai melakukan pencarian file-file yang hilang. Tunggu sampai prosesnya selesai. Lama pencarian tergantung dari besar kecilnya file yang terhapus dan besar kecilnya ruang penyimpanan perangkat Android Anda.
  9. Jika proses telah selesai, periksa file yang anda cari.
  10. Jika Anda sudah menemukan file yang diharapkan, centang pada pada file tersebut, lalu klik kanan dan pilih "Recover Checked".
  11. Setelah itu, tentukan lokasi untuk meletekan file yang telah diekembalikan atau di recovery tersebut lalu klik "OK".
  12. Pindahkan file yang sudah berhasil dikembalikan ke ponsel Android anda.

Jadi diatas merupakan langkah-langkah yang cukup mudah untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android menggunakan software Recuva dari Ccleaner.

Telah disebutkan bahwa mengembalikan file pada Android di format akan cukup sulit. Tapi masih dapat dilakukan dengan menggunakan software ini. Dengan syarat, jarak waktu saat dilakukan format pada perangkat anda tidak terlalu lama dan tidak diformat beberapa kali. Sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk android, software ini dapat digunakan untuk berbagai macam perangkat penyimpanan yang anda miliki.

File-file yang anda miliki tidak selalu terjamin keamanannya. Karena jika tidak melakukan backup pada file-file ini, entah dengan berbagai alasan atau masalah mulai dari infeksi virus, kelalaian pengguna hingga keselahan yang terjadi pada perangkat Anda dapat mengakibatkan file ini terhapus atau hilang.

Backup File Anda

Pastikan untuk selalu membuat cadangan atau backup file penting pada perangkat lain atau media penyimpanan cloud. Banyak penyimpanan file cloud yang dapat anda gunakan secara gratis seperti google drive, one drive, dropbox, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu anda dapat memastikan file penting anda aman, jika terjadi masalah anda hanya tinggal mendownload file yang telah anda simpan di penyimpanan cloud.

Semoga cara diatas membantu Anda untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang di ponsel Android.


EmoticonEmoticon