10 Aplikasi Edit Video Gratis untuk Laptop atau Komputer

Jika anda mencari aplikasi edit video untuk laptop atau komputer, kami memiliki 10 daftar aplikasi gratis untuk mengedit video.

Setiap pengguna komputer mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, dalam artikel ini akan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan anda dapat dari setiap aplikasi edit video yang dapat anda dapatkan secara gratis.

10 Aplikasi gratis video editor untuk PC atau laptop

10 Aplikasi Gratis Komputer atau Laptop untuk Edit Video


Daftar berikut merupakan aplikasi edit video terbaik untuk komputer. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghasilkan video untuk Youtube atau kebutuhan lainnya.

Semua aplikasi dari daftar di bawah ini gratis untuk digunakan atau merupakan versi gratis yang terbaik yang dapat digunakan. Aplikasi video editor gratis ini dapat digunakan untuk pengguna pemula atau pengguna lanjut.

1. Lightworks

Aplikasi edit video Lightworks dapat digunakan untuk Windows, Linux, dan Mac. Lightworks merupakan salah satu aplikasi video editor yang cukup serba bisa.

Lightworks aplikasi editing video gratis untuk laptop atau komputer

Aplikasi ini memiliki dua versi, gratis dan berbayar. Tapi aplikasi versi gratisnya fitur yang anda dapatkan cukup serba guna. 

  1. Presisi tinggi pada video trimming.
  2. Export 720p untuk youtube. 
  3. Mendukung berbagai macam format video.
  4. Mendukung multicam.

Lightworks memiliki tutorial video yang dapat memudahkan anda dalam penggunaannya. Aplikasi editing video gratis yang serba bisa dan terbaik untuk laptop atau desktop.

2. Shotcut

Aplikasi Shotcut ini dapat digunakan untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Video editor ini merupakan aplikasi open source, yang berarti anda dapat mengakses semua fitur yang ada dalam aplikasi edit video ini tanpa melakukan upgrade versi. 

Shotcut aplikasi editing video gratis untuk laptop atau komputer

Aplikasi ini mendukung banyak pilihan format video dengan fitur yang hebat. Dengan sisi user interface yang sedikit unik. Karena pada awalnya aplikasi ini ditujukan untuk pengguna Linux, namun kini dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac.

Shotcut memiliki fitur yang mendukung resolusi 4K HD dan timeline editingnya. Tidak banyak aplikasi edit video gratis yang mendukung resolusi 4K seperti yang satu ini. 

3. Blender

Aplikasi Blender merupakan salah satu software edit video terbaik yang dapat anda gunakan untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya program ini di design untuk animasi 3D, namun kini hadir dengan video editor yang cukup berguna. Aplikasi ini cukup untuk melakukan edit video yang anda butuhkan.

Blender aplikasi editing video gratis untuk laptop atau komputer

Software ini juga merupakan open source program, yang dapat digunakan secara gratis sepenuhnya. Pada video editornya memungkinkan anda untuk melakukan beberapa aksi seperti memotong dan menyambungkan video.

Blender merupakan aplikasi editing video yang fleksibel dan dapat digunakan untuk pengguna pemula atau pengguna lanjut. Berikut merupakan beberapa daftar fitur yang dapat digunakan:

  1. Audio mixing dan syncing.
  2. Memiliki hingga 32 slot untuk menambahkan video, gambar, efek, dan audio.
  3. Anda dapat mengontrol kecepatan video, mengatur layer video, filter, dan sebagainya.
  4. Memiliki live preview, menampilkan histogram, dan sebagainya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk mengerjakan project video yang melibatkan animasi 3D. Untuk pengguna lanjut, aplikasi ini sangat cocok karena mungkin akan cepat dalam mempelajari penggunaan fitur yang disediakan.

Dengan berbagai macam fiturnya yang ada, mungkin akan sedikit mempersulit penggunaan video editor ini. Kebanyakan tutorial yang ada lebih fokus pada desain modelling dan animasi 3D-nya dibandingkan tutorial video editting. 

4. Avidemux

Jika anda hanya ingin melakukan edit video secara simpel, aplikasi ini mungkin yang anda butuhkan. Aplikasi editting video Avidemux dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Avidemux aplikasi editing video gratis untuk laptop atau komputer

Aplikasi ini merupakan software video editor yang memiliki fitur basic edit video pada umumnya. Program ini membantu mengerjakan beberapa edit video simpel seperti:

  1. Mendukung format video AVI, MPEG, MP4, dan lainnya.
  2. Memotong video.
  3. Filtering video.
  4. Encoding.

Avidemux sangat bagus untuk pengguna yang mungkin baru pada video editing. Software yang cukup simpel dan membantu anda untuk mengerjakan basic video editing. 

Kekurangan dari aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur. Jika anda hanya membutuhkan video editing yang simpel, aplikasi ini ringan dan cocok untuk melakukan editing seperti menggabungkan gambar-gambar atau video cutting.

Aplikasi edit video ini cocok jika anda hanya ingin melakukan edit dengan cepat dan tidak menambahkan tulisan atau efek lainnya.

5. Machete Video Editor Lite

Aplikasi edit video untuk laptop atau komputer yang satu ini merupakan paling simpel dan dapat digunakan untuk mengeerjakan simpel edit secara cepat. Program ini hanya dapat digunakan untuk sistem operasi Windows.

Machete Lite aplikasi editing video gratis untuk laptop atau komputer

Machete Lite dengan tampilan user interfaces-nya yang cukup simpel. Hanya mendukung format video AVI dan WMV. Pada versi gratisnya, anda tidak dapat melakukan edit audio. 

Sangat mudah untuk digunakan dan dapat menggabungkan video dengan simpel. Sayangnya, anda harus menggunakan full version dengan harga sekitar Rp 270 ribuan untuk dapat meng-edit audio.

6. VSDC Free Video Software

Aplikasi gratis terbaik untuk meng-edit video ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Dengan dua versi, gratis dan versi pro berbayar.

VSDC aplikasi edit video gratis untuk laptop atau komputer

VSDC merupakan aplikasi editing video untuk Windows dengan versi gratisnya yang lumayan dan memiliki beberapa fitur seperti audio editing dan color correction. 

Aplikasi edit video berbasis Windows yang cukup mudah untuk mempelajari penggunaan aplikasi ini dengan berbagai macam fiturnya. 

7. iMovie

Software video editor ini hanya tersedia untuk sistem operasi Mac. Seperti aplikasi asli Mac pada umumnya, video editor yang satu ini sangat intuitif untuk digunakan. 

iMovie aplikasi edit video gratis untuk komputer atau laptop

iMovie sangat cocok untuk belajar dasar video editing bagi para pengguna Mac. Dengan memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Video trimming.
  2. Meng-edit audio.
  3. Split screen.
  4. Mendukung resolusi 4K.
  5. Memiliki library transisi yang sudah dibuat sebelumnya.

Mudah untuk dipelajari. Aplikasi ini terbaik untuk para pengguna Mac yang sedang belajar atau baru memulai dalam video editing. 

Namun, untuk para pengguna lanjut mungkin merasa fiturnya terbatas. Dan proses import dan waktu render cukup lambat.

8. HitFilm Express

Salah satu aplikasi professional video editor yang tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac. Memiliki fitur dasar aplikasi editing video seperti, trimming, menggabungkan video, dan audio editing. 

HitFilm Express aplikasi edit video gratis untuk komputer atau laptop

Tidak hanya fitur dasar, aplikasi dengan fitur lanjutnya ini merupakan aplikasi editing video gratis terbaik dari berbagai aplikasi lainnya.

Anda dapat mencari tutorial penggunaan aplikasi ini dengan cukup mudah. Dan kebanyakan tutorial yang ditemui berbasis dari film-film Hollywood yang sangat menarik dan interaktif.

Fitur-fitur dari software editing video ini cukup lumayan banyak, diantaranya adalah:

  1. Tools video cutting canggih.
  2. Kunci efek untuk green screen.
  3. Video dan audio filter.
  4. Tools untuk menggabungkan.
  5. Masking dan video layer.
  6. Mendukung untuk video 3D, dan masih banyak lainnya.

HitFilm aplikasi editing video yang dapat anda download secara gratis dengan cara atau syarat anda harus melakukan sharing atau berbagi update status tentang aplikasi editing video HitFilm ini di media sosial anda. Hal ini merupakan cukup murah atau bahkan bisa dianggap gratis untuk mendapatkan aplikasi edit video gratis ini dengan banyak fiturnya.

Aplikasi terbaik untuk video Youtube vlog dan memiliki fitur bawaan yang memungkinkan anda untuk melakukan upload ke Youtube.

9. Openshot

Program ini dapat digunakan di sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Salah satu aplikasi editing video open source lainnya di daftar ini. 

Openshot aplikasi edit video gratis untuk komputer atau laptop

Openshot memiliki paket fitur yang lebih banyak dari iMovie. Penggunaannya yang cukup mudah dengan interface drag and drop-nya. Termasuk audio mixing dan layer yang tidak terbatas. 

Berikut merupakan fitur-fitur yang dapat anda gunakan:

  1. Layer/track yang tidak terbatas.
  2. Pengaturan video clip resizing, trimming, scaling, merotasi video, transisi video dengan live preview.
  3. Menggabungkan video, gambar, dan watermark.
  4. Template judul video, subtitle dengan animasi 3D dan efek.
  5. Timeline canggih, dengan fitur drag and drop, zooming, dan sebagainya.

Editor video gratis ini dengan keseimbangan antara fitur canggihnya dan user interfaces-nya yang simpel membuat aplikasi ini sangat istimewa. Cocok untuk para pengguna yang sedang memulai dalam video editing. Namun sayangnya, tidak banyak tutorial yang bisa ditemukan untuk membantu mempelajari penggunaan video editor ini.

10. DaVinci Resolve

Tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac. Software ini bisa dibilang aplikasi video editor paling canggih dalam daftar ini. Dengan fitur-fitur professionalnya dan interface-nya yang cukup intuitif. 

DaVinci Resolve aplikasi edit video gratis untuk komputer atau laptop

Untuk beberapa fitur-fitur aplikasi ini bisa anda lihat dari daftar berikut.

  1. Tools trimming canggih.
  2. Multicam editing.
  3. Audio mastering.
  4. Color correction.

DaVinci Resolve dengan project yang lebih canggih saat anda menggunakan color correction. Anda dapat menggunakan 3D atau 2D untuk judul video-nya. Tidak hanya dapat memangkas dan menggabungkan video, aplikasi editing video ini dengan audio masteringnya dan pengaturan warnanya cukup luar biasa. Software versi gratis ini sudah sangat istimewa untuk mengerjakan project video lanjut. 


EmoticonEmoticon