Mengatasi No Audio Output Device is Installed dengan Cara Mudah

Masalah umum yang salah satunya sering dialami oleh pengguna PC atau laptop adalah sound pada PC atau laptop anda tidak mengeluarkan suara apapun dan pada ikon sound pada bagian taskbar terdapat tanda silang berwarna merah.

Penyebab masalah ini kemungkinan adalah sistem Windows telah menonaktifkan perangkat audio anda, driver audio yang tidak sesuai, atau disebabkan oleh software atau program pihak ketiga yang dapat merusak yang menyambungkan audio dan sistem anda.

Mengatasi no audio output device is installed pada Windows

Cara Mengatasi No Audio Output Device is Installed pada Windows 10/8/7 dengan Mudah



Pada saat audio tidak tersedia di sistem komputer anda, akan muncul ikon suara di taskbar memiliki tanda silang merah di atasnya. Ikon tersebut akan menampilkan pernyataan "No Audio Output Device is installed" saat anda mengarahkan mouse diatasnya. 

Jika anda mengalami masalah audio yang tidak keluar pada PC atau laptop anda, coba anda ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengatasi No Audio Output Device Is Installed pada Windows anda.

Menjalankan Troubleshoot Sound


Sebelum mengikuti langkah selanjutnya yang ada dibawah, coba untuk me-restart PC atau laptop anda. Jika masalah sound yang tidak keluar masih belum teratasi. 

  1. Klik kanan pada ikon sound di pojok kanan bawah.
  2. Klik pada Troubleshoot sound problem.
  3. Tunggu hingga proses scan dan identifikasi selesai.

Jika cara ini tidak dapat mengatasi masalah sound yang tidak keluar di laptop atau PC anda, ikuti cara berikutnya.

Uninstall & Install ulang Driver Perangkat


Anda dapat melakukan uninstall dan re-install driver untuk perangkat audio. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya.

  1. Masuk ke device manager melalui Run dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketik devmgmt.msc
  2. Setelah jendela baru terbuka cari Sound, video, and game controllers, pada perangkat audio anda klik kanan lalu pilih uninstall.

    Mengatasi no audio output device is installed pada Windows
  3. Setelah itu Restart laptop atau PC anda.

Setelah anda melakukan restart, Windows secara otomatis akan menginstal driver sound. 


Advertisement

Mengkatifkan Kembali Sound Device dan Update Driver Sound


Untuk mengatasi masalah sound tidak keluar, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke device manager, tekan tombol Windows + R, lalu ketik devmgmt.msc
  2. Cari Sound, video, and game controllers dari daftar yang ada.
  3. Buka kategori tersebut, kemudian klik kanan pada audio device. Pilih Enable menu. Jika pada perangkat sudah pada posisi enable, ikuti langkah seterusnya.

    Mengatasi no audio output device is installed pada Windows
  4. Pada jendela device manager, klik kanan audio device dan pilih Update driver software, dan pilih Let me pick from a list of available drivers on my computer, lalu pilih High Definition Audio.
  5. Tunggu proses hingga selesai, kemudian restart PC atau laptop anda.

Terkadang masalah No Audio Outpot Device dapat disebabkan oleh perangkat hardware audio anda. Jika cara diatas tidak mengatasi masalah anda, coba untuk menyambungkannya ke out put lainnya seperti head set, speaker, dan sebagainya. Jika bisa berarti memang masalah ada pada hardware speaker suara anda.

Apa bila menggunakan speaker dan headset tidak bisa juga, hal ini bisa saja dari hardware sound card atau kartu suara pada laptop atau komputer anda. Solusi satu-satunya hanyalah mengganti sound card tersebut. Pada laptop sound card harganya cukup mahal (tergantung dari merk laptop), untuk lebih murahnya anda dapat menggunakan sound card eksternal yang menggunakan port USB.

Semoga cara diatas dapat membantu masalah pada perangkat sound anda dan mengatasi No Audio Output Device is Installed. 

1 comments so far

cara nya gimana min kalo masalah ini di device manager ga kedetect sama sekali driver sund nya mau itu sound biasa ataupun sound,game controller kek gitu, mohon pencerahan nya min.


EmoticonEmoticon