Apa Itu Windows 10 Update Assistant dan Cara Menghapusnya

Jika anda pengguna Windows 10 mungkin pernah menjumpai Windows 10 Update Assistant. Dalam artikel kali ini akan membahas tentang Windows 10 Update Assistant. Dan memberikan langkah-langkah untuk menghapus salah satu tool dari Windows 10 ini.

Apa Itu Windows 10 Update Assistant dan Cara Menghapusnya

Apa Itu Windows 10 Update Assistant


Windows 10 Update Assistant merupakan sebuah tool yang mengatur update dari Windows 10. Tool ini akan memberikan fitur-fitur baru yang tersedia dari Windows Update terbaru, memberikan notifikasi ke pengguna untuk mengatur update terbaru dan memastikan sistem Windows anda dalam keadaan aman.

Tool ini sangat membantu anda untuk membuat proses update lebih baik dan lebih mudah bagi pengguna personal. Namun, bagi para pengguna lainnya Windows 10 Update Assistant ini dianggap cukup mengganggu karena seringnya muncul notifikasi dan melakukan upgrade pada PC anda secara konstan dan hal ini mengakibatkan ketidak nyamanan bagi pengguna.

Meskipun tool ini dimaksudkan untuk membawa kemudahan bagi pengguna, tidak sedikit pengguna yang sedang menggunakan komputer atau laptop secara otomatis menginstall update dan merestart perangkat anda yang malah mengganggu pekerjaan anda. Hal seperti ini justru mungkin dapat menimbulkan kerugian karena anda tidak sempat melakukan save saat anda mengerjakan sebuah dokumen, mengedit video, bermain game, atau melakukan pekerjaan lainnya.

Itulah tidak sedikit orang yang ingin menonaktifkan bahkan menghapus Windows Update Assistant secara permanen. Mungkin juga karena kebanyakan orang lebih suka melakukan update ketika menginginkannya saja.

Cara Menghapus Windows 10 Update Assistant


Bagi para pengguna yang mungkin sudah menonaktifkan Windows Update, Windows 10 Update Assistant masih dapat melakukan instalasi Windows update secara otomatis. Bahkan tool ini masih dapat melakukan update padahal anda sudah memodifikasi dan menonaktifkan Windows update dari pengaturan services.msc. Satu-satunya untuk menghentikan seutuhnya adalah dengan menghapus Windows 10 Update Assistant.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghapus Windows 10 Update Assistant:

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Ketikkan appwiz.cpl dan enter.
  3. Cari Windows 10 Update Assistant dari dalam daftar tersebut, kemudian klik Uninstall.
  4. Ikuti petunjuk yang keluar pada layar anda untuk menyelesaikan proses.
  5. Setelah melakukan uninstall, masuk ke drive C: melalui File Explorer, hapus folder yang berhubungan dengan Windows 10 Update Assistant. Periksa beberapa lokasi folder:
    This PC > Drive C: > Windows10Upgrade
    This PC > Windows > UpdateAssistantV2

    This PC > Windows > UpdateAssistant

    Cara Menghapus Windows 10 Update Assistant
  6. Hapus folder tersebut yang berhubungan denga Update Assistant.

Setelah melakukan langkah diatas dipastikan anda sudah berhasil menghapus Windows 10 Update Assistant. Pastikan untuk memeriksa kembali dan menghapus folder yang berkaitan dengan Windows 10 Update Assistant, karena jika tidak dihapus pada saat anda melakukan restart atau menyalakan kembali PC anda Windows 10 Updates Assistant akan mendownload dan mengintal sendiri secara otomatis dan kembali melakukan install Windows 10 Update.

Pastikan anda melakukannya dari langkah satu hingga langkah 6, karena jika hanya menghapus yang ada di dalam folder Windows 10 Update Assistant kembali menginstall secara otomatis dan anda akan kembali bermasalah dengan Windows 10 Update Assistant juga notifikasi-notifikasi yang mengganggu.


EmoticonEmoticon