Cara Melakukan Force Restart iPhone 6, 5, 4 untuk Mengatasi Masalah Umum

Jika anda pengguna iPhone dan merasakan kurang responsif yang kemungkinan dapat menyebabkan perangkat anda mengalami freeze dan tidak dapat melakukan apapun. Hal ini dapat diindikasikan dengan layar yang berhenti sama sekali dan touch screen menjadi tidak responsif dan tidak terjadi apa-apa ketika anda menekan tombol perangkat.

Atau anda mengalami masalah dimana iPhone stuck pada home screen dan tidak dapat melakukan apapun termasuk mematikan iPhone anda, dan yang dapat anda lakukan hanya menunggu hingga baterenya habis. Jika menurut anda terlalu lama, coba lakukan force restart untuk mengatasi masalah ini

Karena ini merupakan solusi paling simpel dengan memaksa restart atau reboot perangkat iOS anda, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Mengatasi masalah pada iPhone 6, 5, 4 dengan force restart

Cara Melakukan Force Restart iPhone 6s, 6s Plus, iPhone 6 Plus, 6, iPhone SE, 5s, 5, 4s, 4


Apabila anda merasa memerlukan untuk me-restart secara paksa pada iPhone untuk mengatasi berbagai masalah umum, berikut merupakan cara untuk melakukan trik untuk memecahkan masalah umum ini:

  1. Cari tombol Power / tombol Lock pada iPhone. Biasanya ada pada bagian kanan atas perangkat anda atau dibagian atas.
  2. Tekan tombol Power bersamaan dengan menekan tombol Home hingga perangkat melakukan reboot dengan sendirinya. Biasanya anda perlu menahan tombol kurang lebih hingga 10 detik, dengan ditandai munculnya logo Apple di layar perangkat anda.

Hal ini merupakan solusi yang cukup simpel yang biasanya hard reboot, dan biasanya solusi ini digunakan untuk mengatasi banyak masalah, seperti app yang tiba-tiba menutup sendiri, crash, perangkat tidak responsif dari app dan touch screen, stuck di home screen, dan banyak masalah lainnya. 

Terkadang cara ini juga dapat mengatasi iPhone yang tidak menyala, selama anda telah melakukan charge dan batere terisi. Jika iPhone anda tidak terisi saat melakukan charge, cara ini juga patut untuk dicoba.

Cara force restart iPhone berbeda untuk setiap model perangkatnya


Cara diatas dapat digunakan untuk melakukan force restart pada kebanyakan iPhone model lama, dari iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 5 dan 5c, iPhone 4s dan iPhone 4, 3GS, dan 3G. 

Perlu diketahui, Apple telah mengganti proses untuk melakukan force restart pada iPhone 7, iPhone 8, dan juga iPhone X. Jika anda memiliki model iPhone yang lebih baru, anda perlu mengikuti langkah yang berbeda untuk perangkat tersebut.

Dengan menggunakan cara diatas, anda dapat mengatasi masalah iPhone stuck yang merupakan solusi yang sistem penanganannya hampir sama dilakukan untuk mengatasi laptop atau desktop yang mungkin mengalami masalah.

Semoga cara diatas dapat membantu mengatasi berbagai masalah umum pada perangkat iPhone anda.


EmoticonEmoticon