Cara Update dan Install Driver Laptop dan PC Secara Online

Pada setiap laptop dan PC pasti memiliki driver. Driver adalah program berfungsi untuk mengatur dan mengkomunikasikan antara sistem operasi dan perangkat keras yang tersambung ke laptop atau PC. Driver sudah disediakan oleh pembuat hardware dan anda dapat mendownloadnya melalui situs officialnya atau biasanya sudah diesertakan di perangkat tersebut.

Saat anda memasang perangkat baru ke laptop, Windows akan meminta anda untuk melakukan update driver agar perangkat tersebut dapat bekerja dengan semestinya.

Melakukan update driver juga dapat membantu untuk mengatasi masalah jika ada yang terjadi pada perangkat anda. Hal ini juga dapat mengaktifkan fitur baru yang ada pada hardware anda, seperti halnya kartu grafis atau kartu suara.

Cara Update dan Install Driver Laptop dan PC Secara Online

Cara Install Driver Laptop dan PC


Anda memerlukan koneksi yang terhubung ke internet untuk dapat melakukan update dan install driver secara online. Lama tidakknya ini tergantung dari kecepatan internet yang digunakan.


  1. Hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke Device Manager, anda dapat membukanya dengan klik kanan pada menu start Windows lalu pilih Device Manager atau dengan menekan tombol Windows + R dan ketik devmgmt.msc lalu enter.
  2. Klik kanan pada driver yang akan diinstall dan pilih Update Driver Software.

    Cara Install Driver Laptop dan PC
  3. Jendela baru akan muncul dan menyakan bagaimana anda akan mencari software drivernya. Pilih Search atuomatically for updated driver software.

    Cara Install Driver Laptop dan PC
  4. Setelah anda memilih opsi tersebut, Windows akan mencarikan driver yang sesuai dengan yang dibutuhkan secara otomatis.
  5. Tunggu proses update driver hingga selesai, proses ini tergantung dari kecepatan koneksi internet yang anda gunakan.
  6. Saat Windows telah selesai mencarikan dan menginstall driver terbaru dengan sukses kemudian akan muncul tulisan Windows has successfully update your driver software. 


Jika driver anda sudah merupakan versi terbaru maka setelah proses pencarian akan muncul tulisan The best driver software for your device is already installed.

Pastikan anda merestart laptop atau komputer anda setelah berhasil melakukan update dan install driver. Karena update driver terkadang juga melibatkan penggantian di registry dan bagian penting dari Windows lainnya.

Untuk melakukan update dan install driver kartu grafis, sebaiknya anda mengunjungi situs official dari pembuat kartu grafis Nvidia atau AMD (tergantung yang anda gunakan) untuk mendapatkan driver yang terbaru. Apa lagi jika anda menggunakannya untuk gaming, dengan menggunakan driver terbaru anda akan mendapatkan fitur terbaru yang mungkin dapat meningkatkan performa PC untuk gaming anda.

Demikian artikel tentang cara update dan install driver laptop dan PC, semoga bermanfaat dan membantu.


EmoticonEmoticon