Beberapa Cara Meningkatkan Performa PC untuk Gaming

Fungsi komputer pada saat ini sudah dapat digunakan oleh semua kalangan. Dari kepentingan bisnis, desain, hingga hiburan. Hiburan pada komputer yang paling diminati adalah game. Beberapa tips simpel berikut akan membuat PC Anda siap digunakan untuk gaming, entah itu high-end PC atau bukan.

Beberapa Cara Meningkatkan Performa PC untuk Gaming

Cara Meningkatkan Performa PC untuk Gaming


Dengan berkembangnya game saat ini, banyak game yang membutuhkan resource yang lebih intensif. Mungkin beberapa PC gamer mengalami situasi dimana komputer tidak dapat mengikuti sistem yang dibutuhkan game tersebut. Pada dasarnya tidak semua orang dapat memiliki full gaming PC sepenuhnya.

Game mulai dari yang ringan sampai yang paling berat dapat dijalankan PC tergantung pada spesifikasi komputer dan spesifikasi sistem yang dibutuhkan oleh game tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua game dapat berjalan di komputer dengan spesifikasi rendah.

Akan tetapi, Anda dapat memaksimalkan performa dan kinerja komputer untuk dapat menjalankan sebuah game. Berikut cara meningkatkan performa PC untuk bermain game:

Rawat Komputer Anda


Seiring berjalannya waktu, semua komputer akan berjalan semakin lambat. Entah itu berasal dari bloatware pada PC, hardware, atau komponen yang sudah usang dapat mengakibatkan game tidak dapat berjalan seperti dulu. Dengan merawat anda dapat lebih berhemat dan juga perangkat anda bertahan lebih lama.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat sistem PC agar dapat meningkatkan performa PC.

Menonaktifkan Program-Program yang Tidak Digunakan


Bloatware - Program-program ini dapat membuat popup, update, dan menyebabkan konflik pada memori saat startup atau selama penggunaan. Untuk membersihkan bloatware pada Windows 10.

Startup Programs - Aktif secara otomatis ketika PC Anda dihidupkan. Program-program ini dapat mengganggu proses background dan mengambil resource pada memori atau prosesor Anda. Beberapa program ini dapat berupa program yang Anda instal atau bahkan mungkin infeksi virus. Anda dapat menonaktifkan beberapa startup program dari "Task Manager" lalu masuk ke tab "Startup".

Cara Meningkatkan Performa PC

Update Driver Kartu Grafis


Update kartu grafis yang digunakan pada PC Anda. Dengan melakukan update kartu grafis entah itu NVDIA, AMD, maupun Intel Graphic Card, dapat menjaga performa komputer yang dipakai dan mengatasi beberapa bug yang mungkin ada pada driver versi sebelumnya. Dengan  begitu, Anda dapat memperlancar game yang dimainkan.

Pastikan untuk mendownload dan menginstall driver yang sesuai dengan model kartu grafis yang anda gunakan. Jika tidak sesuai mungkin tidak dapat diinstall atau bahkan bisa diinstall tapi akan mengacaukan atau menyebabkan masalah pada kartu grafis dan sistem anda.

Menurunkan Visual Grafis Pada Game


Salah satu penyebab game tidak dapat dimainkan dengan lancar di komputer adalah pada grafisnya. Jika PC yang digunakan tidak memiliki spesifikasi untuk bermain game, maka game akan terasa tersendat-sendat atau nge-lag. Untuk mengatasinya, mungkin Anda harus menurunkan kualitas visual grafis game yang dimainkan dan mungkin membantu meningkatkan frame rate-nya.

Mengatur resolusi sesuai dengan komputer yang digunakan. Hal tersebut mungkin menurunkan kualitas gambar dan detil pada game. Akan tetapi, Anda akan meningkatkan performa pada game dan dapat dimainkan lebih lancar.

Pastikan game memiliki sistem requirement dibawah atau sama dengan spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan. Jika terlalu jauh mungkin game tidak akan berjalan lancar meskipun anda sudah menurunkan pengaturan grafis di dalam game yang anda mainkan, atau justru tidak dapat dimainkan sama sekali.

Tutup Aplikasi Lain Saat Bermain Game


Banyaknya aplikasi yang berjalan pada komputer akan mengkonsumsi RAM dan CPU Anda.. Aplikasi yang dibuka akan banyak memakan RAM komputer, hal tersebut membuat kinerja komputer mengurangi performa game dan menjadi lebih lambat. Ketika ingin bermain sebuah game, usahakan untuk menutup aplikasi-aplikasi lainnya, seperti Corel Draw, banyak tab terbuka pada Chrome, dan seterusnya.

Dengan mengurangi atau menutup aplikasi laiinya, RAM akan lebih fokus pada game saja sehingga akan memperlancar game yang dimainkan.

Menjaga Suhu Komputer


Cobalah untuk mengecek suhu pada komputer Anda sebelum menjalankan game. Karena pada saat menjalankan game, suhu pada komputer akan meningkat sebab kartu grafis, dan CPU akan meningkatkan performanya. Perhatikan juga ventilasi pada PC Anda, pastikan tidak ada yang menghalangi jalannya sirkulasi udara.

Jangan sampai suhu keduanya lebih dari 85 derajat. Gunakan pendingin tambahan untuk CPU panas seperti kipas angin maupun bermain game di ruangan ber-AC. Jika Anda menggunakan laptop tidak digunakan diatas permukaan seperti bantal atau tempat yang banyak debunya untuk menghindari laptop overheat.

Rutin Lakukan Defragment


Lakukan defragment pada HDD Anda. Dengan begitu data dapat akan dikelompokkan dengan mudah. Rutin melakukan defragment pada hard disk juga dapat membuat meringankan kinerja dan meningkatkan performa hard disk. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja game pada PC atau laptop Anda.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan SSD (Solid State Drive). memang hargana lebih mahal dibanding HDD pada umumnya. Salah satu kelebihan SSD adalah tidak perlu melakukan defargment dan kecepatan transfer datanya lebih cepat dibanding HDD.

Upgrade Kartu Grafis


Jika Anda ingin memainkan game dengan kualitas yang tinggi atau ultra, maka komputer juga harus menggunakan VGA.VGA card sangat dibutuhkan dalam bermain game di PC Anda. Anda dapat memilih dari NVIDIA atau AMD, baru atau bekas, sesuaikan dengan kebutuhan, sistem, dan budget Anda.

Dengan menggunakan VGA Anda dapat memainkan game dengan kualitas gambar dan performa yang baik.

Memperbaharui Perangkat Komputer


Memperbaharui perangkat keras komputer, tidak perlu melakukan secara penuh. Anda dapat melakukan upgrade sedikit demi sedikit mulai dari RAM, SSD, dan seterusnya, karena biaya yang dikeluarkan tidak murah. Seperti yang sudah disebutkan bahwa tidak semua komputer dapat menjalankan semua game. Karena setiap game memiliki kebutuhan sistem dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin memainkan game yang memiliki spesifikasi tinggi, pastikan Anda cek spesifikasi komputer Anda dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut. Sesuaikan dengan spesifikasi minimun atau spesifikasi rekomendasi yang diinginkan dari game tersebut. Dengan begitu, game dapat dijalankan dengan baik dan lancar.

Meskipun dapat memaksa hardware anda untuk memainkan game dengan spesifikasi diatasnya, apa lagi anda cukup lama bermain game tersebut. Hal tersebut tidak sehat bagi komputer atau laptop anda dan akan mempercepat penurunan performa hardware atau bahkan dapat merusaknya, terutama pada kartu grafis dan CPU.


EmoticonEmoticon