Cara Menghemat Kuota Data dengan Mencegah Aplikasi yang Tidak Diinginkan Berjalan di Background

Beberapa operator seluler yang mungkin menawarkan paket internet unlimited. Namun terkadang kita tidak puas dengan dibatasinya kecepatan internet atau mungkin harganya yang terlalu mahal. Mungkin juga anda ingin menghemat kuota pada akhir bulan saat kuota data anda menipis. Itu berarti kebanyakan dari kita masih harus mengawasi berapa banyak data yang kita gunakan setiap bulan.

Cara Mencegah Aplikasi Apapun Menggunakan Kuota Data Seluler Android


Cara Mencegah Aplikasi Apapun Menggunakan Kuota Data Seluler Android


Beberapa aplikasi dapat menghabiskan banyak kuota data secara rutin, meskipun tidak digunakan secara aktif tanpa kita ketahui. meskipun kita terkadang mendapat bonus kuota dari operator seluler tertentu, tanpa sadar kuota data tersedot banyak karena mungkin ponsel anda dipegang anak-anak, saudara, ataupun teman dan menggunakannya untuk sesuatu yang dapat menghabiskan kuota data anda. Untungnya Android menyediakan cara untuk mencegah aplikasi apa pun menggunakan kuota data di background atau latar belakang, dan aplikasi pihak ketiga dapat memberikan fitur yang lebih dari bawaan dari Android itu sendiri.

Cara Menghemat Kuota dengan Membatasi Data dengan Opsi Bawaan Android


Buka Pengaturan > Jaringan & internet > Penggunaan Data untuk mengelola penggunaan data seluler anda. Di sini kita dapat melihat berapa banyak data yang digunakan dan membatasi berapa banyak data yang akan digunakan untuk kedepannya.

Di dalam pengaturan ini anda akan menemukan opsi untuk menonaktifkan data seluler sepenuhnya. Tapi kondisi ini biasanya hanya diperlukan dalam keadaan tertentu saja, seperti ketika anda menggunakan lebih dari yang diizinkan oleh paket kuota data internet anda.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, di tempat pertama pilih data peringatan & batas.

Sebagai contoh anda ingin membatasi penggunaan kuota internet hingga 6GB sebulan. Tetapkan batas hingga 6GB. Dengan begitu data internet seluler akan secara otomatis akan mati ketika mencapai batas penggunaan tersebut. Dalam pengaturan ini juga memungkinkan untuk mengatur peringatan ketika penggunaan kuota data internet mendekati maksimum.

Dengan menetapkan pengaturan ini akan mencegah untuk mengeluarkan biaya lebih. Karena tanpa disadari ketika kuota data internet telah habis dari pihak operator tidak atau lambat dalam memberikan notifikasi. Sehingga biaya internet akan menggunakan pulsa regular. Dengan adanya pengaturan tersebut anda dapat menghentikan data internet ketika mendekati titik maksimum agar tidak menggunakan pulsa regular anda.

Masih didalam pengaturan tersebut, pilih Penggunaan Data Aplikasi untuk melihat berapa banyak data yang digunakan setiap aplikasi baru-baru ini. Carilah aplikasi yang menggunakan data internet yang besar, mungkin anda perlu untuk membatasi akses jaringan internet di aplikasi tersebut. 

Anda dapat membutuhkan waktu yang cukup lama jika memiliki banyak aplikasi dan mengeceknya satu-per-satu, dan kemungkin akan susah untuk menemukan aplikasi yang menggunakan data kuota internet di background. Opsi yang lebih aman adalah mengaktifkan opsi Penghemat Data bawaan android. Ketika fitur ini dihidupkan akan mencegah beberapa aplikasi mengirim atau menerima data di latar belakang.

Aplikasi dalam penggunaan aktif akan tetap menggunakan kuota data internet anda. Tetapi didalam aplikasi yang digunakan mungkin meminta anda untuk mengetuk gambar untuk memuatnya. Dengan begitu anda harus menggunakan cara lain untuk membatasi penggunaan data.

Mematikan dan Membatasi Data di Android Menggunakan Aplikasi Third Party atau Pihak Ketiga


Solusi lain untuk dapat menghemat kuota dan mengontrol kuota data internet adalah menggunakan  aplikasi pihak ketiga. NetGuard adalah salah satu aplikasi open source yang tidak hanya mencegah aplikasi menggunakan data seluler, tetapi juga dapat menghentikan aplikasi yang tidak kita inginkan terhubung ke Wi-Fi.

Manfaat aplikasi netguard untuk menghemat kuota data internet

Aplikasi NetGuard Ini memiliki beberapa manfaat. Memutuskan aplikasi dari penggunaan internet mencegah melacak penggunaan dan pelaporan. Aplikasi ini juga dapat mengurangi dan mengatur bandwidth, menghemat usia baterai, dan memblokir iklan.

Manfaat aplikasi netguard yang bekerja seperti VPN

NetGuard bekerja seperti halnya firewall, memungkinkan anda mengatur aplikasi mana yang terhubung ke internet dan mana yang tidak. Untuk memblokir jaringan, aplikasi menggunakan VPN lokal. Karena aplikasi ini tidak mengakses internet, aplikasi ini tidak menyalurkan semua informasi anda ke pihak lain.

Sama seperti VPN lainnya, menjalankan aplikasi akan menampilkan ikon kunci di bagian notifikasi. Dan yang perlu diketahui, ini bukan merupakan sebuah aplikasi VPN yang dapat memblokir internet positif hanya proses kerjanya seperti VPN namun lokal. Untuk aplikasi VPN yang dapat menghindari internet positif, cek Daftar aplikasi VPN gratis untuk android.

Cara Mematikan atau Membatasi Penggunaan Data Aplikasi Tertentu Dengan NetGuard


NetGuard menampilkan semua aplikasi dalam bentuk urutan abjad. Di samping masing-masing aplikasi terdapat toggles untuk Wi-Fi dan data seluler. Anda dapat menonaktifkan akses pada salah satu atau kedua jenis koneksi yang diinginkan.

Cara Mematikan atau Membatasi Penggunaan Data Aplikasi Tertentu Dengan NetGuard

Untuk mengontrol dan melakukan pengecualian lebih spesifik, ketuk panah drop-down di samping  aplikasi. Memiliki opsi untuk membatasi aplikasi yang hanya menggunakan data saat anda roaming. Atau mengizinkan aplikasi tertentu untuk menggunakan data, sementara yang aplikasi lain diblokir.

Cara Mematikan atau Membatasi Penggunaan Data Aplikasi Tertentu Dengan NetGuard

NetGuard memberikan opsi untuk memblokir Wi-Fi atau data seluler untuk semua aplikasi secara default. Anda juga dapat secara otomatis mengatur dan mengizinkan akses internet ketika layar menyala atau saat digunakan saja. Aplikasi ini tidak menampilkan aplikasi bawaan android atau pre-installed apps secara default, tetapi Anda dapat menampilkannya melalui pengaturan.

Aplikasi NetGuard dapat membatasi penggunaan data pada koneksi jaringan seluler tertentu. Sebagai contoh, anda ingin mengizinkan penggunaan data secara tak terbatas di jaringan 3G, tetapi membatasi pada jaringan LTE. NetGuard juga memiliki pengaturan untuk di jaringan Wi-Fi.

NetGuard memiliki opsi tidak terbatas untuk memblokir data seluler. Anda dapat memantau ketika aplikasi mencoba mengakses internet. Hal Ini dapat memberi anda pandangan tentang apa yang sebenarnya dilakukan aplikasi lain yang ada di ponsel android anda.

Mengaktifkan pengaturan ini dapat melindungi dari game offline yang membutuhkan koneksi internet untuk mengupdate game tersebut atau hanya menampilkan iklan. Meskipun demikian, beberapa game bahkan tidak akan berjalan tanpa akses internet yang konstan seperti halnya game online. Jadi Anda mungkin harus kembali ke NetGuard dan memberikan beberapa akses ke aplikasi atau game favorit anda ke Wi-Fi atau data internet seluler.

NetGuard, Google Play Store

NetGuard untuk Gaming Online di Android


Aplikasi NetGuard sangat berguna jika anda senang dengan game online kompetitif seperti MOBA, Battle Royal, dll. Karena dapat mengatur akses data internet pada aplikasi lain. Sebagai contoh anda sedang bermain game MOBA dan notifikasi dari aplikasi lain mengganggu permainan anda yang terkadang dapat menyebabkan lag. Dengan begitu anda dapat mengijinkan akses internet pada game yang sedang anda mainkan dan memblokir aplikasi yang berpotensi mengganggu gaming session anda.


EmoticonEmoticon