Cara Mengecek IP Address pada Android dan iOS

Anda mungkin sudah tahu bagaimana cara mencari atau mengecek IP address pada komputer Windows atau Mac. Lalu bagaimana cara mencari atau mengetahui IP address pada smartphone Android atau iOS kamu? Disini kita akan membahas bagaimana cara melihat alamat IP publik dan pribadi (private) di ponsel smartphone.

Cara Mengecek IP Address pada Android dan IOs

Cara Memeriksa Alamat IP pada Smartphone


Sebelum kita membahas bagaimana cara memeriksa alamat IP, kami akan membahas sedikit tentang alamat IP itu sendiri. Hal ini akan berguna bagi yang belum mengetahui apa itu alamat IP.

Apa itu Alamat IP?

Jika anda belum tahu dan tidak terbiasa dengan apa itu alamat IP (Internet Protocol Address). IP merupakan serangkaian nomor yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, berlaku untuk jaringan lokal maupun jaringan internet.

Alamat IP itu sendiri merupakan pengenal unik Anda di dunia digital, tidak ada dua perangkat atau komputer di Internet yang dapat memiliki alamat IP publik yang sama. Selanjutnya, alamat IP Anda bisa statis (tetap) atau berubah setiap sekarang dan kemudian (dinamis).

Memeriksa alamat IP suatu perangkat dapat membantu anda untuk mengidentifikasinya di jaringan rumah dan internet secara luas. Anda memiliki dua alamat IP pada setiap perangkat.

  1. Alamat IP global (alamat IP publik) adalah cara internet lainnya melihat perangkat apa pun di jaringan Anda. Karena ini jaringan spesifik, IP publik Anda akan sama apakah menggunakan ponsel, desktop, atau perangkat lain di rumah dalam satu jaringan dan ISP yang sama.
  2. Alamat IP pribadi (atau alamat IP lokal) mengidentifikasi perangkat di jaringan Anda sendiri. Hanya satu perangkat yang dapat memiliki alamat tertentu didalam satu jaringan, alamat IP pribadi yang sama dapat digunakan di jaringan pribadi lainnya.

Selain itu, ketika memeriksa alamat IP, Anda kemungkinan akan melihat alamat IPv4 dan IPv6. Alamat IPv4 lebih pendek, tetapi karena sebagian besar perangkat yang terhubung internet, alamat IPv4 tidak sebanyak IPv6. Alamat IPv6 tidak mudah untuk dibaca dan lebih panjang, tetapi memiliki cukup banyak untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Memeriksa Alamat IP Publik Anda

IP publik sangat mudah cara untuk memeriksanya, karena semua perangkat di internet dapat melihatnya. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi banyak situs web yang akan menampilkan alamat IP secara mudah.

Buka Chrome di ponsel Android atau Safari di iPhone (atau browser apa pun yang digunakan). Kemudian navigasikan ke salah satu situs IP publik berikut:
  1. WhatismyIP.com
  2. whatismyIPaddress.com
  3. IPChicken.com
Beberapa situs ini juga menampilkan lokasi dan nama ISP yang Anda digunakan. Ini karena alamat IP Anda membawa informasi ini didalamnya. Anda tidak dapat memastikan nama dan alamat pasti seseorang dari alamat IP mereka, tetapi dapat mengetahui nama kotanya.

Cara Memerikas Alamat IP Pribadi Ponsel Anda

Seperti dibahas di atas, berikut cara untuk memeriksa alamat IP pribadi ponsel di jaringan rumah Anda.

Cara Memeriksa Alamat IP di Android

Buka Pengaturan dan cari opsi ke Jaringan & internet > Wi-Fi. Jika Anda belum terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk namanya dan konfirmasi untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Kemudian ketuk nama jaringan dan perluas bagian Advanced (Opsi lanjut). Di sini Anda akan menemukan alamat IP Anda dan informasi jaringan lainnya. Alamat IPv6 muncul di bagian bawah halaman pengaturan.

Langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android yang digunakan.

Cara Memeriksa Alamat IP di iPhone

Untuk menemukan alamat IP pribadi Anda di iPhone, buka Pengaturan > Wi-Fi. Jika Anda belum terhubung ke jaringan rumah Anda, ketuk dan sambungkan sekarang ke jaringan Wi-Fi anda.

Di sini, Anda akan melihat Alamat IP yang tercantum di bawah Alamat IPv4. Header Alamat IPv6 akan memiliki alamat alternatif untuk perangkat Anda di bawahnya.

Alamat IP Dinamis dan Statis

Perlu disebutkan bahwa sebagian besar alamat IP yang Anda temukan di atas mungkin tidak ditetapkan. Dalam hal ini, mungkin memiliki alamat IP dinamis.

Ini berarti bahwa setelah beberapa waktu atau pada perangkat restart, perangkat atau seluruh jaringan Anda akan mendapatkan IP baru. Sebaliknya, IP statis tidak berubah seiring waktu seperti ini.

IP publik dinamis lebih mudah dikelola oleh ISP. Anda juga dapat meminta IP statis dari ISP yang digunakan, tetapi ini mungkin Anda akan dikenakan biaya tambahan. IP statis ini tidak begitu diperlukan bagi pengguna rumahan kecuali Anda hosting server sendiri dan dapat diakses orang lain.

Router membagikan alamat IP pribadi secara dinamis ke setiap perangkat di jaringan rumah Anda menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Ini berarti bahwa ketika Anda menghubungkan perangkat baru ke Wi-Fi rumah Anda, Anda tidak perlu menetapkan alamat IP secara manual dan mengatur semuanya sendiri.

Anda juga dapat menetapkan alamat IP statis menggunakan router dan pengaturan di berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan rumah. Pengaturan ini sebaiknya dilakukan oleh pengguna tingkat lanjut. Melakukannya secara salah dapat menyebabkan masalah besar dan mungkin Anda harus meresetnya ke pengaturan pabrik.

Cara Menyembunyikan Alamat IP Anda

Setelah dapat memeriksa dan mememukan alamat IP dan mengetahui bahwa hal tersebut dapat mengetahui lokasi Anda, dengan begitu mungkin Anda khawatir tentang implikasi privasi yang akan terjadi. Salah satu solusi terbaik adalah mulai menggunakan VPN (Virtual Private Network).

Pada dasarnya, menghubungkan ke penyedia jasa VPN memungkinkan Anda untuk menyambungkan rute semua lalu lintas Anda melalui server yang lebih aman. Menggunakan VPN dapat menutupi alamat IP asli Anda dan membuatnya lebih sulit untuk melacak penelusuran Anda.

Lihat beberapa daftar aplikasi VPN gratis terbaik atau cek artikel Apa itu VPN untuk mengetahui bagaimana cara kerja VPN.


EmoticonEmoticon