Cara Meningkatkan Video RAM (VRAM) di Windows 10

Apa itu Video RAM? Video RAM atau VRAM merupakan bagian khusus dari RAM untuk kartu grafis. VRAM bertanggung jawab untuk menyimpan data yang disimpan untuk gambar dan video yang ditampilkan layar komputer. Didefinisikan sebagai buffer antara prosesor dan tampilan komputer. Jadi, semakin tinggi VRAM akan semakin besar untuk menampilkan grafik yang tinggi. Entah itu kartu grafis terintegrasi atau kartu grafis khusus yang mungkin anda gunakan di komputer Windows 10. VRAM memiliki peran penting karena akan memproses data untuk game, grafik, dan efek, lampu, untuk pemutaran video.


Bagaimana cara meningkatkan VRAM di PC/Laptop

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan VRAM di perangkat PC/Laptop anda:
  1. Meningkatkan VRAM melalui UEFI/BIOS.
  2. Meningkatkan VRAM melalui Registry editor.
  3. Kemudian anda dapat mengecek VRAM melalui Pengaturan System dari Settings Windows.

Meningkatkan memori dapat membantu sistem yang anda gunakan bekerja lebih baik. Ada beberapa cara untuk meningkatkan performa PC/laptop khususnya Video RAM (VRAM) di Windows 10. Anda dapat meningkatkannya melalui Registri Editor, pengaturan BIOS, dan dedicated GPU. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara ini untuk meningkatkan VRAM untuk laptop/PC anda.


Ketika anda meningkatkan VRAM di Windows 10 dapat meningkatkan FPS saat anda bermain game. Karena game membutuhkan sejumlah memori dan tergantung dari game yang dimainkan, dan memori dapat ditingkatkan jika VRAM sebelumnya rendah. Meningkatkan VRAM ketika memiliki memori 2 atau 4 GB mungkin peningkatan FPS dapat terlihat signifikan.




Cara Meningkatkan VRAM Lewat BIOS


Anda bisa memodifikasi pengaturan BIOS pada laptop/PC Windows 10 untuk membantu meningkatkan VRAM. Untuk melakukan perubahan pada pengaturan BIOS, sebelumnya anda harus masuk ke Settings > Update & Security > Recovery.

cara masuk BIOS di Windows 10


Klik Restart now di bawah Advanced startup, setelah komputer boot, anda akan melihat beberapa pilihan. Pilih Troubleshoot > Advanced options > UEFI Firmware Settings kemudian lakukan Restart. Ini untuk masuk ke BIOS.


Kemudian, di bawah Advanced chipset, cari Video Settings di di Advanced Features, VGA Share Memory Size, Graphics Settings. Ganti Alokasi memori ke VRAM hingga maksimum dari yang tersedia untuk memberi lebih banyak ruang ke Memori sistem. Setelah itu Save and Exit.


Cara Meningkatkan VRAM Lewat Registry Editor


Sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya anda membuat back-up registry entries. Anda bisa membuka Registry Editor dengan menekan tombol Windows+R kemudian ketikkan regedit. Pastikan lakukan back-up dengan membuka File > Export > Masukkan nama file lalu Save. Anda dapat mengimport file yang sudah dibuat di lokasi yang disimpan. Langkah berjaga-jaga jika terjadi kegagalan fungsi sistem, jadi berhati-hatilah sebelum melanjutkan.


  1. Masuk ke Registry Editor, kemudian masuk ke Computer > HKEY_Local_Machine > Software > Intel.
  2. Klik kanan di bagian panel sebelah kanan New > DWORD (32-bit) Value.
  3. Rename menjadi DedicatedSegmentSize.
    Meningkatkan VRAM dari Registry Editor

  4. Setelah selesai me-rename, klik kanan dan pilih Modify. Ganti value menjadi 512 jika menggunakan RAM 4 GB (sesuaikan dengan RAM yang ada di laptop/PC lalu x128. Contoh: jika anda menggunakan RAM 8 GB, 8x128= 1024, ganti value menjadi 1024).
  5. Restart laptop/PC anda.

Cara tersebut akan membantu meningkatkan VRAM di komputer anda.


Cara Mengecek VRAM di Laptop/PC


Sebelum atau setelah meningkatkan VRAM, jika anda ingin mengeceknya ikuti langkah berikut.


  1. Klik pada logo Windows dan masuk ke Settings dan pilih System.
  2. Di jendela System, masuk ke Display dan klik Advanced display settings di panel bagian kanan.
    Langkah untuk mengecek VRAM di Windows settings

  3. Klik Display adaptor properties for Display 1.
    Cara untuk masuk ke jendela Adapter GPU

  4. Setelah itu muncul jendela yang berisi informasi tentang beberapa aspek kartu grafis. Di bagian tab Adapter anda dapat melihat VRAM yang digunakan di sebelah kanan Dedicated Video Memory.
    Cek informasi tentang jumlah VRAM

Di jendela tersebut mencakup informasi jika anda memiliki kartu grafis khusus atau terintegrasi. Dari informasi tersebut akan membantu dalam mencari tahu berapa VRAM di sistem Anda.


EmoticonEmoticon