Cara Mengurangi Penggunaan RAM di Android

Jika anda ingin mengurangi penggunaan RAM pada perangkat Android, tetapi anda bingung cara untuk melakukannya. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu untuk dilakukan. Bagi pengguna yang sering menggunakan PC, dimana lebih memilih sedikit aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan alasan untuk meningkatkan kinerja dan penggunaan resource yang lebih baik.


Bagaimana cara mengurangi penggunaan RAM di Android?


Apabila anda masih tetap ingin mengurangi penggunaan RAM yang digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, berikut merupakan cara untuk mengurangi penggunaan RAM di perangkat Android.


  • Menghentikan paksa aplikasi melalui manajer aplikasi.
  • Menonaktifkan aplikasi atau mengaturnya tidur pulas saat tidak digunakan.
  • Mengaktifkan baterai adaptif di pengaturan baterai. 
  • Tidak menggunakan Live Wallpaper.
  • Jangan tinggalkan banyak tab yang terbuka di aplikasi browser.


Menggunakan Manajer Aplikasi


Di semua perangkat Android anda dapat menemukannya dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Lihat semua aplikasi. Cari aplikasi dan ketuk yang ingin anda hentikan, anda dapat melakukan beberapa hal seperti melukan uninstal. Tetapi jika tidak ingin menghapus aplikasi tersebut anda dapat menonaktifkannya atau hanya menghentikan aplikasi tersebut yang berjalan di latae belakang secara paksa untuk mengurangi penggunaan RAM.


Menghentikan paksa aplikasi menggunakan pengelola aplikasi di Android

  1. Buka Pengaturan.
  2. Scroll ke bawah dan masuk ke aplikasi. 
    Menghentikan paksa aplikasi melalui pengaturan aplikasi

  3. Ketuk aplikasi yang ingin anda hentikan. Jika tidak dapat menemukan aplikasi yang anda cari, pilih Lihat semua aplikasi atau dapat juga menggunakan fitur pencarian. 
  4. Tekan Paksa berhenti.
    Contoh menghentikan aplikasi secara paksa


Mengurangi penggunaan RAM menggunakan menu Overview

Untuk mengurangi penggunaan RAM dengan solusi mudah, anda dapat menggunakan halaman Overview. Anda dapat mengaksesnya dengan menggeser layar dari bagian bawah layar dan menahannya selama 1 detik. Jika anda menggunakan perangkat lama, terdapat tombol khusus yang biasanya bergambar tiga garis. 


Geser aplikasi yang tidak diinginkan keatas untuk menutupnya, anda juga dapat menutup semua aplikasi yang terbuka dan berjalan dilatar belakang dengan menekan Tutup semua.


Sebaiknya hindari Task killer, karena kebanyakan dari aplikasi tersebut terkadang ada yang disisipi malware atau virus yang dapat membahayakan perangkat anda.


Menonaktifkan atau membuat tidur pulas aplikasi


Saat anda menutup aplikasi, terkadang aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang dan menggunakan RAM. Untuk menghentikannya menggunakan RAM anda harus menonaktifkan atau mengatur aplikasi tersebut tertidur saat tidak digunakan.

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Scroll ke bawah, cari dan ketuk Perawatan perangkat dan baterai.
    Menonaktifkan dan membuat tidur pulas aplikasi dari Perawatan perangkat dan baterai

  3. Tekan Baterai, lalu ketuk Batas penggunaan latar belakang.
    Setting batas penggunaan latar belakang

  4. Untuk menonaktifkan aplikasi, pilih Aplikasi nonaktif. Jika anda hanya ingin menidurkannya pilih Aplikasi tidur pulas.
    Menambahkan aplikasi ke daftar aplikasi nonaktif dan aplikasi tidur pulas

  5. Pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan atau ditidurkan, anda bisa menambahkannya dengan tekan (+) untuk menambahkan aplikasi yang diinginkan ke dalam daftar.

Selama anda memasukkan aplikasi ke dalam daftar aplikasi nonaktif atau aplikasi tidur pulas, aplikasi tersebut akan berhenti menggunakan RAM. Tetapi anda juga tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi tersebut.


Mengaktifkan baterai adaptif


Android memiliki fitur yang dapat mengatur aplikasi yang tidak pernah digunakan menjadi aplikasi nonaktif atau menidurkan aplikasi saat anda menutup aplikasi tersebut sehingga tidak berjalan di latar belakang sistem.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Perawatan perangkat dan baterai.
  3. Ketuk Baterai, kemudian pilih Pengaturan baterai lainnya.
    Cara untuk mengaktifkan baterai adaptif

  4. Aktifkan Baterai adaptif dengan menggeser toggle ke sebelah kanan.
    Mengaktifkan mode baterai adaptif

Dengan mengaktifkan baterai adaptif, segala aplikasi yang ditinggalkan atau ditutup akan berhenti prosesnya di latar belakang dan dapat membantu anda membebaskan beberapa RAM. Jika anda memiliki aplikasi yang tidak pernah digunakan, secara otomatis akan memasukkan aplikasi tersebut sebagai aplikasi nonaktif. Jadi anda dapat membebaskan RAM dan menghemat baterai.


Tidak menggunakan Live Wallpaper

Memang wallpaper yang bergerak terlihat cukup keren, tetapi hal tersebut sebenarnya memakan RAM anda. Untuk perangkat dengan memori besar memang tidak begitu tampak pengaruhnya, tetapi bagi pengguna yang memiliki memori pas-pasan akan membuat perangkat Android tampak lambat apalagi saat digunakan untuk bermain game. Sebaiknya gunakan wallpaper dengan gambar statis.


Tutup tab di aplikasi browser

Terkadang saat kita menjelajah web dan menemukan hal menarik biasanya akan membiarkan tab tersebut untuk membacanya nanti, dan kemudian anda akan menemukan hal menarik lainnya sehingga menumpuk banyak tab di browser perangkat Android. Ini dapat membuat perangkat Android menjadi lambat karena setiap tab akan menggunakan RAM dari perangkat Android anda. Khususnya bagi para pembaca novel, light novel, atau manga melalui web browser, sebaiknya di bookmark saja, jangan tinggalkan puluhan atau ratusan tab di browser Android anda.


EmoticonEmoticon