Apakah Anda Butuh Menginstal Lebih Dari Satu Antivirus?

Tags

Baik itu malware, situs web yang tidak aman, atau aplikasi apa pun yang tidak dikenal dan dapat membahayakan komputer anda, antivirus adalah suatu hal yang diperlukan sistem apa pun. Terkadang ada beberapa pengguna yang menginstal lebih dari satu program antivirus di sistem komputer mereka. Karena semua antivirus memiliki fitur yang berbeda dan khusus melindungi PC dari semua jenis virus atau malware. Apakah perlu menginstal lebih dari satu antivirus? Tidak!


Anda tidak memerlukan lebih dari satu Antivirus di komputer. Karena itu justru bisa menjadi hal yang bahaya bagi komputer anda. Ada berbagai alasan mengapa seseorang harus menghindari menginstal lebih dari satu program antivirus di laptop atau PC mereka.



Menghabiskan Sumber Daya Komputer


Saat antivirus melakukan pemindaian sistem secara lengkap dapat menjadi proses intensif untuk sumber daya di komputer. Menjalankan dua antivirus secara bersamaan mengakibatkan pemborosan sumber daya komputer. Meskipun beberapa solusi atau proses pemindaian memiliki tingkat konsumsi sumber daya yang rendah, saat kedua antivirus melakukan pemindaian secara otomatis bersama-sama mereka hampir pasti akan memperlambat kinerja komputer dan mungkin menyebabkan masalah lain. Bahkan, bisa saja proses pemindaian lebih banyak menggunakan sumber daya daripada biasanya karena mereka harus bersaing antara antivirus satu dan yang lainnya.


Saling Bertabrakan


Situasi bisa menjadi lebih rumit jika ternyata ada ancaman yang terdeteksi di komputer. Setiap antivirus akan mencoba menjalankan prosesnya untuk menghilangkan virus masing-masing untuk mengidentifikasi dan mengkarantina file yang dicurigai sebagai malware. Ini akan menguras sumber daya komputer secara signifikan dan dapat menyebabkan perilaku sistem yang tidak menentu, dari proses yang melambat, frezee, atau bahkan crash.


Dalam beberapa kasus, produk antivirus pesaing dapat masuk ke mode loop tak berujung. Satu antivirus akan menyalin file ke folder sementara untuk melakukan pemindaian, sementara antivirus kedua akan melihat aktivitas dan menawarkan untuk membuat salinannya sendiri. Kemudian antivirus pertama mungkin menyadarinya dan membuat salinan lainnya dan seterusnya, hingga sistem kehabisan memori.


Apa yang harus dilakukan jika menginstal lebih dari satu antivirus


Jika memiliki lebih dari satu antivirus yang diinstal pada PC, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menguranginya menjadi satu saja sebelum mengalami masalah serius. Rekomendasi ini hanya berlaku untuk antivirus dengan fitur yang memindai seluruh sistem operasi. Jika antivirus yang hanya memindai email tidak akan menjadi masalah dan mungkin akan dapat bekerja secara berdampingan tanpa masalah. Ada baiknya untuk memeriksa semua security tools di sistem komputer anda untuk kompatibilitas.


Saat memutuskan produk mana yang akan digunakan, pertama-tama pastikan bahwa produk antivirus tersebut berfungsi dengan benar dan tidak mengganggu program dan sistem yang bekerja dengan benar. Anda harus yakin bahwa salah satu antivirus bukan program jahat. Antivirus palsu tampak nyata, tetapi hanya di permukaan. Di balik layar, mereka akan melakukan aktivitas yang dapat merugikan anda, seperti memasang keylogger atau backdoor.


EmoticonEmoticon