Menghilangkan Malware di iPhone atau iPad

Ada kemungkinan perangkat iPhone atau iPad anda kemasukan malware meskipun tidak terlalu tinggi atau banyak, sealama anda menggunakannya atau mendownload secara tidak asal-asalan. Jika anda menginstal aplikasi dari App Store, hal tersebut akan meminimalkan resiko terkena malware, karena Apple memiliki perlindungan yang cukup ketat. Namun, perangkat iPhone dan iPad masih rentan terhadap virus dan malware dari sumber lain yang kemungkinan secara tidak sengaja atau tidak tahu. Berikut merupakan beberapa cara untuk menghilangkan malware.


Menghilangkan malware di iPhone atau iPad thumbnail


Cara Menghilangkan Malware dengan me-Reset ke Pengaturan Pabrik


Jika anda merasa atau mencurigai ada malware di perangkat iOS anda, cara efektif dan cepat untuk menghilangkannya adalah dengan menghapus perangkat dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Namun, diharapkan jangan mencadangkan perangkat ke iCloud terlebih dulu karena anda bisa saja mengunggah malware tersebut. Tetapi jika anda ingin mengamankan file seperti foto atau video yang berharga dan belum dicadangkan ke iCloud, anda dapat mengirimkan file tersebut melalui email ke diri anda sendiri.


Hal penting lainnya yang perlu dilakukan sebelum melulai proses adalah anda harus menonaktifkan Find my iPhone sebelum memulai proses penghapusan. Jika tidak, akan banyak kesulitan  yang serius saat anda melakukan pemulihan ponsel.


Setelah Anda melakukan semua itu, mulailah proses penghapusan dengan masuk ke Settings –> General –> Transfer or Reset iPhone. Pilih Erase all contents and setting. Meskipun ada opsi lain yang disebut Reset tetapi hal tersebut hanya mengatur ulang beberapa opsi dan tidak menghapus secara keseluruhan di perangkat dan jika anda memiliki malware, menghapus keseluruhan perangkat adalah apa yang perlu dilakukan.


Untuk melanjutkan proses penghapusan, ketuk tombol Continue berwarna biru dan ikuti petunjuk yang muncul di layar. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa saat, tergantung pada berapa banyak data yang ada di perangkat iPhone atau iPad. Ketika anda melihat HP kembali di layar perkenalan "Hello!", maka proses selesai.


Cara Menghilangkan Malware dengan Memulihkan ke Versi Sebelumnya dari Cadangan iCloud


Jika anda berpikiran apakah aman untuk memulihkan ke versi sebelumnya dari cadangan iCloud. Berarti anda harus membuat keputusan berapa lama kemungkinan malware itu ada di iPhone atau iPad anda. Apa bila anda yakin bahwa merasa baru saja ada (kemungkinan dalam bentuk aplikasi mencurigakan atau tidak anda kenal yang baru diinstal), maka mungkin anda dapat menginstal cadangan dari beberapa hari sebelumnya dengan aman.


Tetapi jika anda tidak dapat mengingat kapan malware tersebut ada, mungkin lebih baik untuk menghapus cadangan dan memulai lagi dari awal dengan versi perangkat yang baru. Meskipun hal ini jelas merupakan opsi yang paling tidak diinginkan, tetapi apakah anda benar-benar ingin menginstal malware tersebut lagi kembali ke perangkat anda lagi?


Apa bila anda memutuskan untuk memulihkan perangkat iPhone atau iPad dari cadangan sebelumnya, mulai perangkat anda yang telah dihapus secara keseluruhan, dan ketika muncul layar dimana anda ingin mengatur telepon, pilih Restore from iCloud Backup. Setelah masuk dengan kredensial iCloud, anda akan melihat daftar cadangan yang telah disimpan sebelumnya. Lihat tanggal pembuatan cadangannya dan putuskan mana yang menurut anda paling aman.


Lakukan Update Perangkat


Setelah Anda memulihkan perangkat anda, dan semoga semuanya kembali normal, pastikan untuk mengaktifkan update otomatis. Malware sering memanfaatkan celah dan kerentanan di sebuah aplikasi dan sistem operasi, jadi dengan menginstal update terbaru akan sangat membantu mencegah terulangnya situasi ini di masa mendatang.


Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis, buka Settings –> General –> Software Updates –> Automatic Updates. Geser toggle untuk mengaktifkan update otomatis.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon