Mengganti Nama di Akun Gmail

Setiap kali anda mengirim atau menerima email, nama pengirim atau penerima adalah hal pertama yang ditampilkan. Saat anda terus-menerus mengir entah menyangkut hal pekerjaan atau yang lainnya, pastinya nama anda tampak sempurna. Jika mungkin ada beberapa kesalahan dalam nama Gmail anda dan ingin memperbaiki atau mengubahnya, di bawah ini adalah panduan langkah mudah tentang cara mengubah nama di Gmail.

Gmail logo

Cara Mengganti Nama di Gmail Menggunakan PC/Laptop


Anda dapat mengubah nama akun Google dan nama baru yang dibuat akan tercermin di semua aplikasi dan layanan Google seperti Youtube dan lainnya. Tapi jika hanya ingin mengubah nama hanya di Gmail ikuti langkah-langkah di bawah ini.


  1. Buka Gmail di browser dan masuk ke akun anda yang ingin diubah namanya.
  2. Klik Pengaturan (ikon roda gigi) yang ada di sudut kanan atas.
  3. Kemudian, klik Lihat Semua Pengaturan.
  4. Pada halaman berikutnya, pilih tab Akun dan Impor.
  5. Di pilihan Kirim email sebagai, lalu klik tombol edit info yang ada di sebelah kanan.
  6. Masukkan nama baru yang anda harapkan atau edit yang sudah ada di kotak teks di bawah Nama.
  7. Setelah selesai, klik Simpan Perubahan, dan nama anda akan diperbarui hanya di Gmail saja dan tidak di semua aplikasi dan layanan Google.

Cara Mengganti Nama di Gmail Menggunakan Perangkat Android dan iPhone


Anda tidak dapat mengubah Nama di Gmail melalui aplikasi Gmail seluler. Untuk bisa mengganti nama di Gmail, anda harus masuk ke akun Gmail menggunakan browser web di HP Android atau iPhone anda, karena aplikasi Gmail di HP tidak mendukung fungsi ini. Berikut cara melakukannya.


  1. Buka browser di HP dan masuk ke Gmail.
  2. Ketuk pengaturan (tiga titik di sudut kanan atas).
  3. Centang di kotak Situs desktop.
  4. Langkah-langkahnya berikutnya mirip dengan cara yang digunakan menggunakan PC/Laptop sebelumnya.
  5. Klik Pengaturan (ikon roda gigi) di sudut kanan atas.
  6. Sekarang, klik Lihat Semua Pengaturan.
  7. Pada halaman berikutnya, masuk ke Akun dan Impor.
  8. Di pilihan Kirim email sebagai, lalu klik tombol edit info yang ada di sebelah kanan.
  9. Masukkan nama baru atau edit yang sudah ada di kotak teks di bawah Nama.
  10. Setelah selesai, klik Simpan Perubahan, dan nama anda akan diperbarui hanya di Gmail dan tidak di semua aplikasi dan layanan Google.

Apakah bisa mengubah alamat Gmail?

Karena alamat email Gmail dan Nama di Gmail merupakan dua hal yang terpisah. Alamat email memiliki nama unik diikuti dengan @ dan nama domain. Jadi anda tidak dapat mengubah alamat email. 


Nama di Gmail mewakili siapa pemilik alamat email tersebut. Hal ini bertindak sebagai pengidentifikasi karena alamat email biasanya bisa samar. Karena semua alamat email harus unik, dalam prosesnya, menjadi ID panjang yang diisi dengan angka dan titik.


Apakah nama Akun Google itu?

Nama akun Google adalah nama yang diberikan ke alamat email anda. Jika anda mengubah nama Akun Google, hal tersebut memperbarui nama Anda di semua aplikasi dan layanan Google. Pada umumnya akan memakan waktu beberapa saat untuk memperbarui dan menyinkronkan di semua layanan Google yang anda gunakan, jadi jangan panik jika nama belum berubah secara instan.


Jika anda memiliki beberapa alamat Gmail, anda dapat menggunakan nama yang sama tetapi tidak akan bisa membuat atau menggunakan nama alamat Gmail yang sama.


EmoticonEmoticon