Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF di Android

Jika anda sedang browsing dan menemukan halaman web yang menarik. Entah itu sebuah cerita atau berita yang ingin anda simpan dan membacanya lain waktu secara offline, anda dapat menyimpan halaman web tersebut menjadi PDF dengan cara yang cukup mudah. Yang anda perlukan hanyalah sebuah aplikasi pembaca PDF di perangkat Android.

Menyimpan halaman web jadi PDF

Menyimpan Konten dari Halaman Web ke PDF


Jika anda mencoba untuk menyimpan sebuah konten teks dan gambar di halaman web mana pun dan mengubahnya sebagai file PDF, anda memerlukan aplikasi pembaca PDF. Perangkat Android memerlukan aplikasi tersebut untuk dapat menghasilkan dan membaca file PDF.


Cara menyimpan halaman web menjadi PDF di Android


Bagaimana cara untuk menyimpan halaman web sebagai PDF? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengunduh halaman web apa pun sebagai file PDF.


  1. Pastikan anda telah menginstal PDF Reader apapun.
  2. Buka halaman web yang ining di simpan sebagai file PDF.
  3. Ketuk menu tiga titik vertikal pojok kanan atas (jika anda menggunakan browser Google Chrome). Tapi jika anda menggunakan browser yang berbeda lokasinya bisa berbeda.
  4. Pilih ikon share/bagikan.
    ketuk share untuk mengubah menjadi file pdf

  5. Setelah muncul tampilan baru, pilih aplikasi PDF Reader yang sudah anda instal dan perangkat Android akan mulai proses mengunduh dan menyimpannya sebagai file PDF.

Setelah mengikuti langkah seperti diatas dan menunggu prosesnya hingga selesai, halaman web yang tersimpan sebagai PDF dapat anda temukan di folder Download. Tetapi jika anda mengubah lokasi default hasil download, file PDF yang disimpan bisa anda temukan sesuai dengan lokasi download yang sudah anda atur.


Simpan halaman web online apapun sebagai PDF


Anda dapat menyimpan halaman web menjadi PDF seperti yang dilakukan langkah diatas tanpa harus mendownload aplikasi pembaca PDF dengan menggunakan browser Opera. Browser Opera memiliki fitur menyimpan sebagai PDF bawaan. Opera juga memiliki reflow teks yang membenarkan pemasangannya.


Sangat mudah untuk mengunduh dan menyimpan hampir semua halaman web sebagai PDF di perangkat Android. Aplikasi pembaca PDF dapat membantu anda melakukan pekerjaan untuk melihat halaman web tersebut secara offline. Anda juga dapat membagikan halaman web tersebut dalam format PDF ke orang lain.

Anda juga dapat mengubah file PDF tersebut menjadi file dokumen Word menggunakan pengubah file PDF ke Word secara online tanpa aplikasi.


EmoticonEmoticon