Cara Mengetahui Penggunaan RAM Laptop dan PC

Setiap PC dengan sistem operasi Windows 10 memiliki jutaan proses berbeda yang berjalan di background. Proses tersebut dapat memakai resource seperti CPU dan memori sistem. Jika anda merasa PC atau laptop anda terasa berat saat digunakan, mungkin  anda ingin mengetahui program atau aplikasi apa saja yang sedang memakai RAM (Random Access Memory) di PC.




Cara Memeriksa Penggunaan RAM PC dan Laptop


Untuk mengetahui program atau aplikasi yang menggunakan RAM, anda dapat menggunakan Task Manager. Tools praktis yang ada di dalam Windows yang bisa memberikan statistik, spesifikasi, program yang sedang berjalan, dan banyak lagi.


Untuk membuka Task Manager, anda dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Esc atau dengan klik kanan pada Taskbar.


Setelah Task Manager terbuka masuk ke tab bagian Process. Di jendela ini akan menampilkan urutan proses CPU, Memory, dan sebagainya secara default. Anda dapat mengurutkan program atau aplikasi yang menggunakan RAM paling banyak dengan mengeklik pada bagian tab Memory.


Menggunakan Resource Monitor untuk Mengetahui Lebih Detail

Jika ingin mengetahui program atau aplikasi yang sedang memakai RAM lebih detail, anda dapat menggunakan Resource Monitor. Untuk membuka program ini, klik Start, lalu Run, kemudian ketik Resmon untuk membuka Resource Monitor.


Resource Monitor menampilkan informasi memori lebih rinci. Program ini akan menunjukkan jumlah RAM yang dimiliki dan yang digunakan, oleh aplikasi apa, berapa banyak yang ada dan berapa banyak yang tersisa.


Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang memakan RAM paling banyak, anda dapat menutup atau memberhentikan proses aplikasi tersebut. Pastikan untuk menyimpan apa yang sedang dikerjakan sebelum memberhentikan proses aplikasi tersebut.


EmoticonEmoticon