Mengetahui Jaringan Komputer (Computer Network) dan Jenisnya

Apa itu Jaringan Komputer?


Jaringan komputer adalah sistem antara dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Anda dapat membuat koneksi jaringan menggunakan media kabel atau tanpa kabel (wireless).





Node

Tiap komputer atau perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan Node. Pada umumnya, dua atau lebih node diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan. Node mengacu pada titik atau sambungan di mana koneksi terjadi.


Perangkat yang memiliki IP (Internet Protocol) juga disebut node. Ketika terhubung dalam suatu jaringan, setiap node di dalam jaringan harus memiliki MAC Address. MAC Address merupakan pengidentifikasi unik dari produsen perangkat. Ketika terhubung ke internet atau intranet, node disebut sebagai node internet. Node ini diidentifikasi oleh alamat IP.


Perangkat lapisan Data Link (bridge, switch, access point WLAN, dsb) tidak memiliki alamat IP disebut node fisik (physical node). Node jaringan fisik adalah perangkat elektronik aktif yang terhubung ke jaringan, mampu mengirim, menerima, atau meneruskan informasi melalui saluran komunikasi.


Dalam jaringan komputer terdapat beberapa sistem koneksi antar node, yaitu:


Peer-to-peer (PTP)

Jaringan komputer peer-to-peer adalah teknologi yang memungkinkan Anda menghubungkan dua atau lebih PC ke satu sistem. Koneksi ini dapat Anda gunakan untuk berbagi data dengan mudah tanpa harus menggunakan server terpisah untuk berbagi file. Setiap PC yang terhubung ke jaringan ini menjadi 'peer' dan diizinkan untuk menerima atau mengirim file ke PC lain di jaringan tersebut. Dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. 


Misalnya terdapat beberapa unit PC dalam satu departemen. Masing-masing komputer diberi alamat IP dari kelas IP yang sama agar dapat saling berbagi data yang dimiliki PC masing-masing, seperti gambar, menghubungkan printer, video, dan file lain.


Teknologi PTP bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi bisnis didalam sebuah perusahaan, karena membantu untuk tetap terhubung dan meningkatkan keamanan data secara keseluruhan di dalam suatu lingkungan tempat kerja.


Client - Server

Jaringan komputer client-server adalah jenis jaringan tertentu yang terdiri dari satu komputer utama yang bertindak sebagai server yang mengarahkan beberapa komputer lain, yang disebut sebagai klien. Dengan mengakses server, client dapat mengakses file dan informasi bersama yang disimpan di komputer server. Jaringan client-server sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer dengan pengecualian bahwa hanya server yang dapat memulai transaksi tertentu. 


Client hanya dapat memakai resource yang disediakan oleh komputer server dan tergantung dari otoritas yang diberikan oleh administrator. Aplikasi yang dijalankan di komputer client bisa merupakan resource dari server atau aplikasi di instal di komputer client namun memebutuhkan akses ke server untuk menjalankannya. Beberapa contoh jenis layanan Client-Server :


  1. File Server: memberikan layanan fungsi untuk mengakses dan mengelola file.
  2. Print Server: memberikan layanan untuk mengakses printer.
  3. Database Server: proses-proses fungsional mengenai database dijalankan pada mesin ini dan perangkat lain dapat meminta pelayanan.
  4. Mail Server: memberikan layanan untuk mengelola surat elektronik.

Jenis-jenis Jaringan

Banyak aplikasi yang berdasarkan jaringan komputer dan masing-masing jaringan terbagi secara luas memiliki fitur unik yang harus diterapkan sesuai untuk tujuan yang efektif.


Jaringan komputer pada umumnya dibagi menjadi empat jenis berdasarkan ukuran dan fungsinya.


Personal Area Network (PAN)

Konfigurasi PAN hanya dalam jarak sekitar sepuluh meter dengan jangkauan terjauh sekitar tiga puluh meter, sebagian besar digunakan untuk menghubungkan jangkauan internet untuk penggunaan pribadi. Perangkat pribadi yang biasa digunakan meliputi desktop, laptop, smartphone, konsol game, gadget, dan pemutar musik.



PAN terbagi menjadi dua jenis, yaitu wireless Personal Area Network dan wired Personal Area Network.


Wireless Personal Area Network: Jaringan tanpa kabel yang konfigurasinya berdasarkan teknologi wireless seperti Bluetooth dan Wi-Fi yang berada pada jaringan jangkauan terbatas.


Wired Personal Area Network: Jaringan ini berkabel dan biasanya menggunakan  USB.


Local Area Network (LAN)

Local Area Network adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Kumpulan komputer yang dihubungkan satu sama lain dalam rentang terbatas seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan disebuah lingkungan sekolah. Jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 meter.


Jaringan komputer ini saling terhubung dengan perangkat seperti kabel coaxial, switch, dan router.


Metro Area Network (MAN)

Metro Area Network mencakup area yang lebih besar dari LAN,  dengan wilayah geografis yamg sangat luas dengan menghubungkan ke berbagai LAN yang disatukan untuk membentuk jaringan yang lebih besar. Misalnya, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.




Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan informasi besar yang tidak terikat pada satu lokasi. WAN mampu memfasilitasi komunikasi, berbagi informasi antar perangkat dari seluruh dunia. 


sumber gambar: mainstreamsouth.com

Jaringan ini yang biasanya menggunakan wireless, sarana satelit, atau kabel fiber optic, karena jangkauannya sangat luas. WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibanding dengan LAN maupun MAN. Menggunakan berbagai sarana untuk menguhubungkan antar LAN dan MAN ke dalam komunikasi global seperti internet, walaupun antar LAN, MAN, dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja yang berbeda.



Apa Manfaat/Tujuan Jaringan Komputer?


Manfaat atau tujuan jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi dua dan tergantung oleh user, yaitu untuk kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum. 


Tujuan Utama dari Terbangunnya Sebuah Jaringan Suatu Perusahaan


  • Resource sharing yang bertujuan untuk mempermudah berbagi dan mengatur seluruh program, peralatan, dan data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa pengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  • High realiability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Karena server merupakan elemen penting dalam sebuah jaringan untuk perusahaan. Data perusahaan dapat dikumpulkan menjadi satu dan lebih mudah diakses. Dengan adanya jaringan komputer ini maka  lebih mudah mengakses data dan menawarkan data cadangan jika terjadi kesalahan di salah satu komputer pegawai perusahaan, karena sudah terhubung dengan server lewat jaringan tersebut.
  • Saving Money (Menghemat uang) dengan jaringan komputer, perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran dan maintenance sistem komputer dan hardware.  

Ketidak seimbangan rasio harga ini menyebabkan para perancang sistem merasa lebih baik membangun sistem dari komputer pribadi (PC).


Manfaat Jaringan Komputer Untuk Umum


Jaringan komputer memberikan manfaat layanan yang berbeda kepada setiap individu dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat 3 hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada setiap individu, yaitu:

  1. Memberikan akses ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, informasi e-goverment, jurnal online, e-commerce, e-business) semuanya up-to-date.
  2. Mempermudah komunikasi orang ke orang (seperti e-mail, chatting, video chat, video conference, dan sebagainya).
  3. Hiburan interaktif (seperti menonton acara tv on-line, online game, podcast, radio streaming, video streaming, dan sebagainya).


EmoticonEmoticon