Cara Cek RAM Laptop atau Komputer Kamu Dengan Mudah

Salah satu hardware yang dapat menentukan performa suatu komputer atau laptop adalah RAM (Random Access Memory). RAM sangat berpengaruh pada kecepatan saat anda membuka program, menjalankan aplikasi, atau loading pada game.

Cara cek ram laptop dan komputer dengan mudah

Bagaimana Cara Cek RAM Laptop atau Komputer?


Berapa RAM laptop kamu dan seberapa cepat memorinya, kami akan menjelaskan bagaimana cara cek RAM laptop maupun komputer.

Anda sedang mengatasi masalah atau berencana melakukan upgrade RAM anda, apapun keperluannya berikut ini adalah cara cek RAM laptop mapun komputer.

Cek RAM Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara paling sering digunakan dan mudah adalah menggunakan dan melihat informasi mengenai RAM melalui DirectX Diagnostic Tool. Untuk mengaksesnya cukup mudah, tekan secara bersamaan tombol Windows + R, setelah jendela dialog terbuka tuliskan "dxdiag" lalu enter.

Saat jendela baru terbuka maka anda dapat melihat berapa kecepatan RAM anda yang terpasang di bagian bawah pada tulisan "Memory: xxxxMB RAM".

Cek RAM Melalui System Information

Apa bila laptop anda menggunakan sistem operasi Windows 10, untuk memeriksa RAM yang terpasang cukup klik kanan pada menu start lalu pilih "System".  Saat jendela system information terbuka anda dapat melihat pada di bagian "Installed memory (RAM): xx.xx GB (xx.xx GB Usabel)"

Untuk menggunakan system information anda dapat membukanya dengan tombol Windows + R lalu ketikkan "msinfo32". Setelah jendelah system information terbuka scroll ke bawah dan cari tulisan "Installed Physical Memory (RAM)" untuk cek ram laptop anda.

Cek RAM Menggunakan CPU-Z

Software yang dapat menampilkan informasi mengenai perangkat hardware yang ada pada laptop maupun komputer anda secara lengkap. Pada bagian Memory (RAM), menampilkan informasi mengenai kapasitas, merek, dan jenis kecepatan RAM yang sedang digunakan saat ini.

Anda dapat men-download sofware CPU-Z secara gratis. Gunakan versi portable-nya jika anda tidak ingin menginstallnya di laptop atau komputer anda. Software ini juga dapat digunakan untuk cek VGA laptop anda.

Cek RAM melalui BIOS

Untuk masuk ke dalam BIOS, kita harus menyalakan atau merestart laptop lalu menekan tombol khusus tergantung jenis BIOSnya (biasanya F1, F2, F8, F10, F11, F12, DEL, dan Esc). Ketika sudah masuk di menu BIOS, anda akan melihat informasi dasar mengenai sistem laptop, termasuk kapasitas RAM, informasi tersebut cukup akurat karena sesuai dengan kapasitas RAM yang terpasang dan terbaca pada laptop atau komputer.

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara cek RAM laptop maupun komputer anda. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


EmoticonEmoticon