Scan Dokumen Menggunakan iPhone

Apple selalu melakukan update setiap tahunnya pada sitem operasi dan aplikasi bawaannya. Termasuk aplikasi dasar seperti Notes yang ada di iPhone. Anda sekarang dapat langsung melakukan scan dokumen entah itu KTP, KK, SIM, akte, dokumen pekerjaan atau dokumen lainnya langsung ke aplikasi Notes menggunakan kamera tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lainnya.




Cara Scan Dokumen Menggunakan iPhone


Untuk melakukan scan dokumen di iPhone. Sebelumnya, pastikan perangkat iPhone anda harus menggunakan sistem operasi minimal iOS 13 atau lebih tinggi.


Cara untuk scan dokumen di iPhone dengan melalui aplikasi Notes. Begini caranya:

  1. Buka aplikasi Notes di iPhone atau iPad.
  2. Pilih new note atau buat catatan baru. Anda juga dapat menggunakan catatan yang sudah ada.
  3. Ketuk ikon kamera di bagian bawah catatan baru atau yang sudah ada.
  4. Ketuk pada pilihan Scan Document.
  5. Kemudian layar kamera akan muncul, sesuaikan dan atur dokumen yang akan di-scan hingga muncul kotak kuning di sekelilingnya lalu ketuk tombol shutter.
  6. Anda dapat melihat hasil scan, ketuk tombol dibagian kiri layar. Atur dan sesuaikan gambar hasil scan menggunakan iPhone.
  7. Simpan hasil scan dengan mengetuk tombol save.

Hasil scan menggunakan aplikasi Notes di iPhone dapat anda bagikan ke teman atau orang lain lewar berbagai macam aplikasi lainnya seperti Whatsapp, email, atau media sosial lainnya.


Saat ini untuk melakukan scan dokumen anda sudah dapat menggunakan gadget tanpa harus membeli scanner atau printer all-in-one. Meskipun scanner dan printer all-in-one masih banyak tersedia beberapa yang terbaik dibuat oleh Canon, Epson, dan HP, dan yang jelas lebih akurat dan memiliki fitur lebih lengkap. Tetapi anda dapat menscan dokumen menggunakan iPhone disaat keadaan mendesak atau sedang tidak ada akses scanner dan printer all-in-one sama sekali.


EmoticonEmoticon