Mengatasi Error Sambungan Koneksi Anda Tidak Bersifat Pribadi atau Your Connection is not Private

Mengatasi Error Sambungan Koneksi Anda Tidak Bersifat Pribadi atau Your Connection is not Private

Jika anda mendapati seperti error "Koneksi Anda tidak bersifat pribadi. Penyerang mungkin mencoba mencuri informasi Anda" atau "Your connection is not private. Attackers might be trying to steal your information". Penyebab paling umum dari masalah ini kemungkinan adalah pengaturan tanggal dan waktu yang salah. Jika tanggal dan waktu di komputer atau laptop anda tidak benar, anda tidak akan dapat terhubung ke internet dengan benar. Hal seperti ini biasa terjadi ketika baru saja menginstal sistem operasi atau melakukan perjalanan ke zona waktu yang berbeda.

Solusi paling mudah adalah dengan menetapkan waktu dan tanggal yang benar. Bila masih menghasilkan error koneksi anda tidak bersifat pribadi. Berikut beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk memperbaiki error "Koneksi Anda Tidak Pribadi" di Google Chrome.

Sambungan Anda tidak bersifat pribadi

Penyerang mungkin mencoba mencuri informasi Anda dari www.google.com (misalnya, kata sandi, pesan, atau kartu kredit). NET :: ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID


Bagaimana cara memperbaiki koneksi Anda bukan kesalahan pribadi?


Sambungan Anda Tidak Bersifat Pribadi atau NET :: ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID kesalahan muncul karena kesalahan SSL. SSL (Secure Sockets Layer) digunakan oleh Situs-situs Web untuk menyimpan semua informasi yang Anda masukkan pada halaman mereka secara pribadi dan aman. Jika Anda mendapatkan kesalahan SSL NET :: ERR_CERT_DATE_INVALID atau NET :: ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID pada browser Google Chrome, berarti koneksi Internet Anda atau komputer Anda tidak mengijinkan Chrome untuk memuat laman web secara aman dan pribadi. Beberapa alasan lain Seperti Antivirus yang memblokir koneksi SSL, cache dan cookie Google Chrome tidak valid, Sertifikat SSL yang kadaluwarsa, firewall, kesalahan dari browser yang menyebabkan koneksi Anda bukan kesalahan pribadi.

Ada beberapa pesan yang ditampilkan google chrome saat sambungan Anda tidak pribadi:

  • NET::ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID : Otoritas sertifikat yang tidak valid
  • NET::ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID: Nama umum tidak valid.
  • NET::ERR_CERT_DATE_INVALID: Tanggal sistem tidak valid
  • NET::ERR_CERT_INVALID : Sertifikat SSL yang tidak valid
  • NET::ERR_CERT_WEAK_SIGNATURE_ALGORITHM: Enkripsi dari website tersebut menggunakan algoritme signature  lama

 Apa pun alasannya, coba gunakan solusi di bawah ini untuk mengatasi error ini.

1. Memperbaiki Sistem Jam dengan Tepat

Alasan utama Anda mungkin mengalami pesan error ini adalah karena jam sistem komputer tidak diatur dengan benar. Hal ini dapat terjadi secara tidak sengaja, kehilangan daya, atau komputer dimatikan untuk waktu yang lama, baterai on-board yang sudah hampir mati, atau hanya dengan salah dalam pengaturan jam.

Untuk Memeriksa dan memperbaiki pengaturan tanggal dan waktu terbuka (tekan Windows + I), klik Waktu & Bahasa. Kemudian aktifkan Setel Waktu secara otomatis dan Setel zona waktu secara otomatis. Cara ini untuk mengatasi error NET::ERR_CERT_DATE_INVALID.

Memperbaiki Sistem Jam dengan Tepat

Jika Anda pengguna Windows 7 dan 8.1, klik "Pengaturan tanggal dan waktu" pada taskbar, jendela baru akan terbuka dan dari sana pergi ke tab "Waktu Internet" atau "Internet Time." Klik "Change Setting" dan centang tandai pada "Synchronize with an Internet time server“ pilih "time.windows.com ”setelah itu klik update now dan kemudian OK. Restart chrome dan lihat masalah teratasi atau tidak.

2. Menghapus Data Pencarian atau Clear Browsing Data

Buka browser Chrome Google, ketikkan chrome://settings/clearBrowserData di kolom url dan tekan enter (atau tekan Ctrl + Shift + Del). Pilih tab Advanced, Ubah rentang waktu ke sepanjang waktu atau All time lalu centang pada semua opsi dan klik Clear Data seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

Menghapus Data Pencarian atau Clear Browsing Data


Advertisement

3. Memeriksa Ekstensi Pada Browser

Penyebab umum lainnya dari masalah ini adalah ekstensi browser yang rusak atau yang mengganggu browser Anda. Solusi logis, dalam hal ini, adalah untuk menghapus ekstensi yang merepotkan atau mengganggu. Jika Anda tidak dapat menemukan biang onar, coba untuk menonaktifkan semua ekstensi, dan kemudian periksa koneksi Anda setelah itu aktifkan ekstensi browser satu per satu.

Untuk Menonaktifkan atau Menghapus Ekstensi Chrome Buka Browser Chrome Ketik chrome://extensions/ dan tekan enter. Ini akan menampilkan semua daftar ekstensi yang diinstal. cukup matikan toggle untuk menonaktifkan sementara Extensi atau klik pada opsi Hapus untuk sepenuhnya menghapus Ekstensi satu per satu.

Memeriksa Ekstensi Pada Browser

4. Mengganti Setting Pada Antivirus

Dalam beberapa kasus, masalah ini dapat disebabkan oleh program antivirus yang terlalu sensitif. Jika Anda yakin bahwa situs-situs yang akan Anda kunjungi bebas dari kemungkinan malware, virus atau spam, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan dalam program antivirus Anda, seperti Non-Aktifkan Scan SSL, sehingga dapat mengunjungi situs-situs tersebut.

Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan seperti itu, coba nonaktifkan program antivirus Anda untuk sementara waktu. Tetapi hanya jika Anda yakin bahwa situs-situs yang Anda kunjungi cukup aman dan sudah dipercayai.

5. Menghapus Sertifikat Cache SSL 

Tekan tombol Windows + R lalu ketik "inetcpl.cpl" dan tekan Enter untuk membuka Internet Properties. Pilih tab Content, lalu klik pada Clear SSL state. Sekarang klik Apply kemudian klik OK. Lakukan reboot PC untuk melakukan perubahan sepenuhnya, sekarang coba kembali buka browser chrome dan periksa masih terdapat error atau tidak.

Hapus Sertifikat Cache SSL

Berikut beberapa hal yang juga perlu anda perhatikan dan pelajari kesalahan atau error yang anda alami.

Expired SSL Certificate: Dalam beberapa kasus, pemilik dari situs lupa untuk memperbarui sertifikat SSL, Dipastikan anda akan selalu mendapatkan error ini saat mengunjunginya situs tersebut. Dalam hal ini, tidak ada yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya, kecuali anda memberi tahu pihak pemilik situs, atau dengan dengan mengklik Advanced > select proceed to the contoh.com(unsafe).

Invalid SSL Certificate Setup: Jika pemilik situs melakukan kesalahan dalam mengatur sertifikat SSL, tidak ada cara lain untuk mengakses web versi HTTPS-nya dengan benar, atau biasanya akan ada tanda coret merah di sebelah kiri kolom url. Selanjutnya, Anda akan selalu mendapat error ini setiap kali mengakses situs tersebut.

Firewall Error: Firewall Windows bisa memblokir beberapa situs jika sertifikat tidak sah atau SSL error. Dalam hal ini, anda harus menghindari membuka situs seperti ini dan jika yang web anda kunjungi cukup penting dan dapat dipercaya, Anda dapat menonaktifkan firewall sementara dan membuka situs tersebut.

Menggunakan Chrome Cleanup Tool

Google Chrome Cleanup Tool yang resmi dapat membantu dalam memindai dan menghapus perangkat lunak yang dapat menyebabkan masalah pada chrome seperti crash, halaman home atau search engine yang tidak wajar, iklan tak terduga atau adware yang tidak dapat Anda hilangkan, atau mengubah pengalaman penelusuran Anda.

Jika anda yakin bahwa situs web yang dikunjungi aman, maka peringatan dari google chrome tentang error ini dapat diabaikan, dan melanjutkan ke situs tersebut.

Advertisement

Cara Mengatasi Untuk Perangkat Android Atau iOS

Pada dasarnya, jika error "Koneksi Anda tidak pribadi" dapat muncul di perangkat seluler Anda, seperti smartphone atau tablet Android atau iOS, yang disebabkan oleh berbagai sebab di atas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dan memastikan tanggal & waktu di perangkat seluler Anda sudah benar. Jika Anda baru saja menginstal software keamanan seperti antivirus coba untuk menonaktifkannya sementara.

Jika anda dapat mengunjungi situs web HTTPS yang sama dengan browser lain di perangkat seluler anda, seperti menggunakan Firefox atau Opera, maka sesuatu salah terjadi pada browser Google Chrome Anda. Coba untuk menghapus semua file cookie, riwayat, dan cache pada browser pada perangkat seluler anda.

Untuk menghapus semua file ini, buka Pengaturan> Privasi> Hapus Data Penjelajahan> pilih apa yang ingin Anda hapus dan kemudian klik tombol "Hapus Data Penjelajahan". Terkadang, metode ini juga bekerja dengan versi desktop.

Terkadang beberapa masalah error NET::ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID dapat diatasi dengan memasang aplikasi VPN atau aplikasi DNS Resolver 1^4.

Semoga anda dapat mengatasi error yang terjadi pada browser Google Chrome anda yang menampilkan peringatan "Error Sambungan Koneksi Anda Tidak Bersifat Pribadi" atau "Your Connection is not Private" jika anda menggunakan bahasa Inggris. Karena terkadang salah ini tidak disebabkan dari sisi anda, jadi tidak ada yang dapat anda lakukan kecuali menghubungi pemiliki situs tersebut.

1 comments so far

Gogle crom saya terjadi seperti ini koneksi tidak pribadi


EmoticonEmoticon