Kenapa Shutdown Komputer Lama? Ini Solusinya

Apakah PC Windows 10 anda memerlukan beberapa menit untuk proses Shutdown hingga benar-benar mati? Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan cara untuk mengatasi masalah Shutdown lama Windows 10 untuk laptop maupun komputer desktop.

Cara Mengatasi Shutdown Lama Windows 10

Shutdown Lama Windows 10


Kenapa Windows 10 Shutdown-nya lama? Proses shutdown Windows membutuhkan waktu karena Windows harus mematikan beberapa proses sistem, membersihkan memori pada RAM, dan menyimpan data-data anda. Sebenarnya prosesnya lebih rumit untuk dijelaskan dan bukan semudah menekan dan menahan tombol power hingga mati untuk mematikannya. 

Saat melakukan shutdown, aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka juga dapat mempengaruhi lamanya waktu shutdown yang dibutuhkan. Jadi pastikan dahulu semua program atau aplikasi yang terbuka ditutup terlebih dulu sebelum melakukan Shutdown.

Cara Mengatasi Shutdown Lama Windows 10


Apa bila anda sudah menutup semua aplikasi dan Windows tetap memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan proses Shutdown, coba beberapa solusi berikut ini untuk mengatasi Shutdown yang lama.

Saat anda mencoba cara-cara berikut anda akan melakukan beberapa kali shutdown untuk mengetahui hasilnya.

1. Menonaktifkan Fast Startup

Fast startup dapat membantu mempercepat proses startup karena sebelum anda melakukan Shutdown, sistem akan menyimpan data-data dan aplikasi. Dengan mematikan fast startup ini dapat membantu mempercepat waktu Shutdown. 

  1. Buka Run, pada keyboard tekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan powercfg.cpl dan enter.
  2. Saat jendela pengaturan Power terbuka, pada bagian sisi sebelah kiri klik Choose what the power buttons do.
  3. Saat tampilan beralih ke berikutnya, cari dan klik tulisan Change settings that currently unavailable.
  4. Setelah itu anda dapat mengubah pengaturan dibagian bawah jendela, hilangkan centang pada Turn on fast startup, setelah itu klik Save Changes.

Setelah melakukan langkah diatas, coba untuk mengetesnya dengan melakukan shutdown. Apakah Shutdown Windows anda masih lama? Jika masih lama, lanjut coba ke cara berikutnya.

2. Power Troubleshooter

Power troubleshooter merupakan cara yang mudah untuk dilakukan melalui control panel. Tool ini akan memeriksa berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum anda masuk ke mode sleep dan dapat membantu untuk mengatasi masalah shutdown yang lama.

  1. Buka control panel, klik kanan pada menu start dan pilih control panel, kemudian pilih Troubleshooting.

    Cara Mengatasi Shutdown Lama Windows 10
  2. Setelah itu, pada sisi bagian kiri klik View all.
  3. Cari dan klik pada Power dari daftar yang muncul, kemudian klik Next.
  4. Tunggu proses hingga selesai dan lihat hasilnya, dan ikuti petunjuk yang direkomendasikan.

Coba kembali lakukan shutdown apakah semakin cepat atau tetap lama.

Jika langkah ke 4 hasil dari troubleshooting menunjukan daftar dengan tanda warna hijau disebalah kanan, berarti masalah bukan pada pengaturan Power PC anda. Anda dapat melanjutkan ke cara berikutnya.

3. Mengubah Pengaturan Registry Editor

Cara ini akan menonaktifkan fitur Clear page file saat melakukan shutdown. Untuk membuka registry editor, tekan tombol Windows + R, ketikkan regedit. Sebelum anda melakukan perubahan pada regedit pastikan anda melakukan backup dengan meng-export pengeturan registry melalui menu File diatas. 

Jika sudah melakukan export, ikuti langkah berikut:

  1. Pada jendela regedit, masuk ke folder dengan path HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control
  2. Setelah berada dalam folder tersebut, pada bagian kanan jendela registry editor cari file dengan nama WaitToKillServiceTimeout.
  3. Klik dua kali dan ubah value-nya menjadi antara 1000 hingga 20000, angka tersebut menunjukkan antara 1 hingga 20 detik.
  4. Kemudian beralih ke folder registry HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management.
  5. Pastikan anda pada folder Memory Management, lalu pada jendela bagian sisi kanan klik dua kali pada ClearPageFileAtShutdown, dan ganti value-nya menjadi 0 (value = 0 berarti nonaktif, jika anda ingin mengaktifkan kembali, ganti value tersebut menjadi 1).
  6. Setelah itu beralih lagi ke folder registry: HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop
  7. Jika sudah pada path tersebut, buat dua file REG_SZ. Caranya pada jendela sisi kanan registry klik kanan dan pilih New > REG_SZ (String value).
  8. Ubah file REG_SZ tersebut menajadi WaitToKillAppTimeout dan HungAppTimeout

Jika perubahan sudah dilakukan lakukan restart pada sistem anda untuk mendapatkan efeknya secara maksimal. Setelah masuk kembali ke Windows, coba untuk membuka aplikasi apapun atau melakukan aktifitas anda. Kemudian jika sudah, lakukan shutdown. Apakah proses shutdown sudah menjadi lebih cepat atau masih tetap lama?

4. Menggunakan Command Prompt (cmd)

Dalam mengatasi masalah shutdown Windows yang lama dengan cmd cukup mudah untuk dilakukan, yang anda perlukan hanya membuka cmd sebagai Administrator. Untuk membukanya bisa melalui menu start dengan klik kanan lalu pilih Command prompt (Administrator), atau tekan tombol Windows + X lalu tekan A.

Setelah cmd terbuka coba untuk ketikkan baris perintah berikut:

  • SFC /scannow, tunggu proses hingga selesai, kemudian lakukan restart.
  • CHKDSK C: /F, setelah proses selesai, lakukan restart.
  • DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth, tunggu hingga proses perbaikan selesai dan lakukan restart.

Cara mengatasi masalah shutdown lama menggunakan cmd sama dengan cara untuk mengatasi boot lambat Windows 10. Karena baris perintah cmd tersebut akan melakukan scan pada sistem dan mendeteksi masalah-masalah yang umum terjadi, setelah itu akan secara otomatis diperbaiki.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan


Apakah aman mematikan laptop/pc tanpa shutdown? Ya, tetapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Jika anda melakukannya sesekali tidak akan membahayakan mesin anda. Terkadang mematikan paksa ini bermanfaat ada situasi tertentu seperti saat dalam keadaan crash dan sebagainya. Shutdown komputer memungkinkan beberapa program yang berjalan di background berhenti dengan semestinya dan mengurangi potensi file corrupt dan hilang.

Pastikan saat sebelum melakukan Shutdown tidak ada perangkat yang terhubung ke laptop atau komputer anda. Perangkat ini bisa berupa mouse, keyboard, wireless usb, dan sebagainya. Coba lakukan shutdown tanpa perangkat tersebut (setidaknya mouse, untuk melakukan shutdown) terhubung ke komputer atau laptop. Jika proses shutdown bertambah cepat, berarti penyebab ada pada perangkat yang terhubung. Itu mungkin disebabkan oleh driver dari salah satu atau beberapa perangkat tersebut.

Demikian artikel tentang Shutdown Windows 10 lama ini dan semoga cara diatas dapat membantu mengatasi masalah shutdown yang lama pada PC anda.

2 comments

Terima kasih gan, cara pertama berjalan di laptop saya 🙏‍


EmoticonEmoticon