Cara Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File

Dengan semakin canggihnya kamera, dari kamera di perangkat Android atau iOS, DSLR, GoPro, dan lainnya yang dapat merekam video dengan kualitas tinggi. Namun, anda akan melihat besarnya ukuran file video.

Dengan begitu besarnya ukuran file video tersebut yang akan memenuhi perangkat penyimpanan dan juga lamanya ketika anda melakukan upload atau membagikannya ke internet.

Cara Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File

Cara Kompres Video


Tidak perlu khawatir, anda dapat mengecilkan ukuran file video cukup mudah dengan melakukan kompres video. Hal yang penting untuk diketahui dan dilakukan adalah anda harus melakukan pengaturan video dengan tepat agar tidak mengurangi kualitas gambar dari video tersebut. 

Berikut ini adalah cara kompres video untuk mengurangi ukuran file video tanpa harus mengurangi kualitas gambar video.

1. Gunakan Aplikasi Software yang Tepat

Hal ini anda membutuhkan komputer atau laptop untuk dapat melakukannya. Kemudian tool yang cukup berguna adalah HandBrake, aplikasi open source yang dapat digunakan dan download secara gratis dari situs officialnya. Aplikasi HandBrake dapat digunakan untuk Windows, Mac, dan Linux.

2. Pengaturan Audio

Buka HandBrake setelah anda menginstallnya. Sebelum memulai melakukan kompres video atau mengecilkan filenya, atur terlebih dahulu audionya dengan masuk ke tab audio. 

Cara Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File
  1. Periksa apakah ada lebih dari satu audio di video tersebut. Jika video tersebut dibuat sendiri mungkin hanya ada satu audio saja.
  2. Pada bagian codec pilih AAC atau MP3. 
  3. Pada bagian Bitrate, secara default akan terpilih 160. Gunakan bitrate yang lebih tinggi (256 atau 320) jika di video anda music merupakan element utamanya.

3. Mengatur Video Codec

Pada video aslinya akan menggunakan codec dengan kualitas tinggi. Saat anda sudah siap untuk mengurangi ukuran file video, pilih codec yang paling efisien. 

Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File dengan Cara Mengatur video codec

  1. Pilih codecnya H.264. Codec ini merupakan yang paling efisien dan paling mudah di deteksi oleh banyak perangkat seperti Raspberry Pi. 
  2. Pilih file ekstensinya menjadi mp4. Mp4 merupakan format file video yang paling banyak digunakan, bahkan perangkat perekam memiliki format file mp4 pada hasil rekaman video.

4. Mengurangi Resolusi Video

Dengan mengurangi resolusi video, secara otomatis ukurang file video tersebut juga akan berkurang. Periksa terlebih dulu resolusi asli video yang dimiliki. Kemudian di aplikasi HandBrake anda akan menemukan preset yang dapat mengatur resolusi video. Pilih resolusi video 1 tingkat dibawah resolusi video aslinya. 

Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File dengan Cara Mengurangi Resolusi Video

Jika anda berencana menguploadnya ke Youtube atau Facebook, mungkin resolusi 720p sudah cukup. Tergantung juga dengan kecepatan internet anda.

5. Mengatur Bitrate Video

Bitrate merupakan salah satu faktor terbesar dalam kualitas sebuah video. Berikut merupakan rekomendasi bitrate untuk setiap resolusinya:

Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File dengan Cara Mengatur Bitrate Video

  • Resolusi video 2160p (4k), Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 35-45 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 53-68 Mbps.
  • Resolusi video 1440p (2k), Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 16 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 24 Mbps.
  • Resolusi video 1080p, Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 8 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 12 Mbps.
  • Resolusi video 720p, Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 5 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 7.5 Mbps.
  • Resolusi video 480p, Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 2.5 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 4 Mbps.
  • Resolusi video 360p, Video bitrate (standard FPS 24, 25, 30): 1 Mbps, (High-FPS 48, 50, 60): 1.5 Mbps.

Anda dapat mengatur kualitas video menggunakan slider seperti gambar diatas, sesuaikan kebutuhan anda. Jika tidak ingin mengubah kualitas videonya, anda tidak perlu mengotak-atiknya, biarkan slider tersebut ke pengaturan default.

Sesuaikan resolusi dan bitrate seperti daftar diatas. Ketika mengatur bitrate pastikan untuk mencentang 2-pass encoding.

6. Frame Rate Default

Jangan mengubah frame rate dari video aslinya. Pastikan anda membuat setting frame rate ini ke default atau "Same as source" atau sama seperti video asli hasil rekaman anda.

Kompres Video untuk Mengecilkan Ukuran File dengan Cara Mengatur Frame Rate

Apa bila anda merekam dengan frame rate 60 fps, mungkin anda dapat menurunkannya ke sekitar 24-30 fps sesuai dengan kemampuan mata manusia. Namun, hal ini dapat mempengaruhi kemulusan dari video saat diputar, membuat pergerakannya seperti tidak natural.


Diatas adalah cara kompres video untuk mengecilkan ukuran file tanpa harus mengurangi kualitas video. Anda juga dapat mengecilkan ukuran file video cukup banyak dengan menurunkan resolusi 2 tingkat dibawahnya, tetapi kualitasnya akan berkurang juga. 

Jika anda ingin mengedit video, sebaiknya lakukan terlebih dulu dengan menggunakan aplikasi editing video android atau yang lainnya. Karena tool ini digunakan khusu untuk melakukan convert, kompres video, dan sebagainya. Semoga ini dapat membantu anda.


EmoticonEmoticon