Cara Mengecek VGA Laptop Dengan Mudah

Cek VGA laptop

Cek VGA Laptop


Cara Cek VGA Laptop - VGA (Video Graphic Array) merupakan perangkat keras yang penting dalam komputer, desktop, laptop, maupun notebook. 

Bagi para desainer grafis, editor foto, video editor, gaming, dan berbagai pekerjaan atau kegiatan yang memerlukan resource laptop cukup banyak akan mempertimbangkan kualitas kinerja laptop dari beberapa hal seperti processor, VGA, dan RAM. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi produktivitas mereka atau mungkin pengalaman gaming anda.

Mengecek VGA laptop sangat berguna dalam mencari driver yang sesuai agar dapat digunakan secara optimal, berikut cara mengecek VGA laptop.

Cara Mengecek VGA Laptop


1. Melihat Stiker di Laptop
Ini merupkan cara paling mudah dan simpel yang dapat dilakukan setiap orang. Pada laptop biasanya memiliki stiker di bagian tertentu untuk menunjukkan spesifikasi dari laptop tersebut, seperti Sistem Operasi, Hard Disk, Dimensi layar, Processor, RAM dan informasi lainnya termasuk VGA. 

Terkadang stiker di laptop tidak menampilkan spesifikasi VGA, mungkin juga stiker sudah rusak atau terlepas. Untuk itu, coba anda lakukan cek pada buku manual bawaan dari produsen laptop.

2. Cek VGA Laptop Melalui BIOS
BIOS (Basic Input Outpot System) merupakan salah satu memory di komputer yang bersifat read-only atau hanya dapat dibaca saja. Didalam BIOS memiliki informasi, yang salah satunya yaitu spesifikasi yang ada di laptop atau PC. Disinilah kita bisa melihat spesifikasi dari VGA, namun informasi yang  ditampilkan BIOS ini terbatas.

Untuk dapat masuk ke BIOS anda harus menekan tombol tertentu saat anda menyalakan laptop. Begitu laptop menyala coba untuk menekan tombol Esc, F1, F2, F8, F10, F11, F12, atau Delete. Setiap model BIOS menggunakan tombol yang berbeda untuk mengaksesnya, tapi biasanya masih disekitaran tombol yang sebelumnya telah disebutkan.

3. Cek VGA di Device Manager
Perangkat lunak bawaan dari Windows untuk mengelola segala perangkat keras yang ada di PC laptop. Kita dapat melihat informasi spesifikasi VGA laptop maupun perangkat keras lainnya di device manager.

Cara mengakses device manager cukup mudah, tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan devmgmt.msc lalu enter. Jika anda menggunakan Windows 10 anda dapat mengakses device manager melalui control panel atau cukup klik kanan pada menu Start lalu pilih Device manager.

4. Cek VGA Menggunakan DirectX Diagnostic Tool
DirectX Diagnostic Tool merupakan software dari Windows yang menampilkan informasi tentang DirectX dan Driver yang terpasang di laptop maupun PC. Tekan Windows key + R, kemudian tulis dxdiag dan tekan Enter untuk memunculkan DirectX Diagnostic Tool.

Di dalam DirectX Diagnostic Tool anda dapat melihat jenis VGA dan versi driver yang sedang digunakan. Tidak hanya itu, di dalam tool ini anda dapat mengecek audio, prosesor yang digunakan, BIOS, dan Windows yang anda gunakan.

5. Cek VGA Dengan Software CPU-Z
Software yang populer untuk menampilkan informasi perangkat keras secara rinci di laptop seperti Chipset, BIOS, Processor, Motherboard, RAM, dan juga VGA.

Software CPU-Z ini sangat berguna dan simpel untuk digunakan. Memiliki informasi lengkap tentang hardware yang anda gunakan. Jadi akan mempermudah anda untuk mencari driver yang tidak disediakan dari Microsoft atau Windows.

Semoga tutorial tentang cara mengecek VGA laptop dapat membantu anda. Dengan begitu anda dapat mencocokkan driver yang akan anda gunakan atau akan anda update dengan hardware yang digunakan agar tidak terjadi error.


EmoticonEmoticon