Windows 10: Membuat System Image Backup

Windows memiliki fitur dimana kita dapat membuat salinan dari sebuah drive. Fitur ini dapat mengembalikan kondisi komputer atau laptop Windows Anda seperti saat image atau salinan dibuat. System image ini sangat berguna untuk membuat backup ketika sistem PC atau komputer mengalami masalah atau kerusakan.

Saat membuat sistem image, anda akan menyimpan semua pengaturan dan program ke dalam image tersebut dan dapat digunakan untuk mengembalikan seluruh sistem operasi kembali ke hard drive lama maupun baru dan mengembalikan segala program yang sudah diinstal, setting, dan sebagainya sama dengan saat kondisi image dibuat.

Meskipun pada Windows 10 sudah memiliki fitur Reset PC dan File History, namun fitur tersebut tidak seperti sistem image yang lebih serba guna.

Windows 10: Membuat backup sistem image

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10


Jika Windows Anda mengalami corrupt, crash, atau tidak bekerja pada semestinya, Anda dapat mengembalikan seluruh salinan dan membuat Windows dapat bekerja dengan kembali normal sama saat kondisi sistem image dibuat.

Ikuti langkah dibawah untuk menggunakan Backup Image Sistem pada Windows 10.

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10

Hal pertama yang dilakukan adalah buka Control Panel > Backup dan Restore (Windows 7) > Create a system image. Walaupun bertuliskan Windows 7, fitur ini tetap bekerja dengan baik pada Windows 10, jadi tenang saja dan tetap lanjutkan.

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10

Akan terbuka jendela Utilitas Create System Image. Anda dapat memilih media yang akan digunakan untuk menyumpan backup image dari sistem misalnya di hard disk, DVD (jika konfigurasi sistem lebih besar dari kapasitas DVD akan dibutuhkan lebih dari satu), atau lokasi dan perangkat lain yang terhubung dengan jaringan, lalu klik Next.

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10

Pilih drive yang akan dibuat image-nya atau salinannya, pada umumnya drive C: yang berisi system dan partisi EFI yang berisi boot, serta partisi Windows Recovery. Setelah itu Klik Next.

Konfirmasikan pengaturan dan klik "Start backup". Tunggu proses pembuatan image hingga selesai.

Anda dapat menemukan dan menggunakan backup image dari sistem Windows 10 di lokasi yang telah Anda tentukan pada saat membuatnya.

Cara Mengembalikan System Image (System Image Recovery)


Anda dapat menggunakan image sistem atau system image yang sudah dibuat dengan membuka Settings pada Windows 10 dan masuk ke Update & Security (Nama dan tampilan mungkin berbeda tergantung dari versi Windows 10 yang digunakan, pada gambar menggunakan versi Anniversary Update).

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10

Masuk ke bagian Recovery, klik tombol "Restart Now" pada bagian Advanced Startup. Komputer akan melakukan restart. Setelah restart akan muncul berbagai pilihan, pilih Troubleshoot > Advanced Options lalu pilih System image recovery.

Cara Membuat System Image Backup pada Windows 10

Kemudian Anda hanya tinggal mengikuti prosedur dari Windows hingga selesai.

Jadi diatas merupakan cara membuat backup sistem image pada Windows 10 atau System Image Backup.

Backup sistem image ini sangat berguna saat anda sering melakukan pengaturan atau tweak yang dapat mempengaruhi kerja sistem Windows. Tweak ini termasuk juga merubah pengaturan di registry editor, services, dan pengaturan lainnya.

Pastikan untuk membuat backup apa lagi ketika sistem komputer Anda dalam kondisi prima, buat backup sistem image untuk berjaga-jaga apabila terjadi masalah atau error pada sistem pada Windows Anda. Jangan tunggu hingga saat sistem Anda mengalami masalah. Semoga cara diatas dapat membantu!


EmoticonEmoticon