Cara Reset Jaringan atau Network di Windows 10

Mungkin Anda pernah mengalami beberapa masalah jaringan atau network di Windows 10 yang mungkin sangat sulit untuk memperbaikinya. Windows 10 pada versi Anniversary Update memiliki fitur yang digunakan untuk me-reset jaringan atau network Windows 10 kembali ke keadaan semula seperti Anda baru saja menginstal Windows.


Apa iu network reset? Network reset akan menghapus semua adapter jaringan yang terinstal dan pengaturannya. Semua adapter jaringan akan diinstal ulang dan mengembalikan pengaturan ke default. Mereset jaringan sebaiknya digunakan sebagai upaya terakhir dalam proses ketika Anda merasa sulit atau tidak mungkin untuk memperbaikinya. Gunakan perbaikan dasar terlebih dahulu sebelum melakukan reset network. Mungkin menjalankan troubleshoot network bawaan dari Windows terkadang dapat mengatasi masalah yang mungkin dialami. Setidaknya hal tersebut akan memberikan petunjuk atau mengarahkan ke beberapa langkah yang dapat dilakukan.



Cara Melakukan Network Reset atau Reset Jaringan di Windows 10


Anda juga dapat menggunakan beberapa utilitas perintah menggunakan Command Prompt (CMD) yang mungkin dapat membantu untuk mencari tahu masalah tersebut. Apabila yang dilakukan tidak dapat memperbaiki masalah Anda dan ingin mengembalikan jaringan ke pengaturan awal, melakukan reset jaringan atau network reset mungkin akan membantu.


Ketika me-reset jaringan, Windows akan melupakan jaringan Ethernet dan semua jaringan lainnya, termasuk password Wi-Fi Anda. Ini juga akan melupakan segala koneksi yang pernah terhubung ke komputer Anda seperti koneksi VPN dan proxy telah dibuat sebelumnya. Melakukan reset akan menonaktifkan dan menginstal ulang semua adapter jaringan dan mengembalikan pengaturan komponen jaringan lainnya kembali ke pengaturan aslinya.


Untuk melakukan reset jaringan itu cukup mudah. Buka Settings Windows dengan dari menu Start dan mengklik tombol Settings, atau tekan Windows + I pada keyboard. Setelah itu akan muncul layar Settings Windows, klik "Network & Internet."


Network Reset atau Reset Jaringan Menu Settings Windows 10

Pada halaman "Network & Internet", pilih "Status" dari menu yang ada di sebelah kiri dan kemudian, di sebelah kanan, scroll ke bawah dan klik "Network Reset".


Cara Reset Jaringan atau Network Reset di Windows 10

Setelah Anda pilih "Network reset" akan muncul layar yang memperingatkan Anda tentang apa yang akan terjadi apabila jaringan di-reset dan juga memberi tahu Anda untuk melakukan restart. Kemudian, klik tombol "Reset Now" untuk me-reset jaringan.


Rest now untuk melakukan reset jaringan atau network reset di Windows 10

Saat reset now di klik, akan muncul konfirmasi dimana Anda akan melakukan reset jaringan, klik tombol "Ya".


Setelah melakukan reset jaringan, Anda harus menjalankan pertanyaan yang dilihat seperti ketika pertama kali menginstal Windows, di mana Anda akan dipandu untuk mengatur kembali jaringan Anda. Sekali lagi, cara reset jaringan di Windows 10 ini sebaiknya dilakukan sebagai alternatif terakhir. Karena jika mengalami masalah pada jaringan dan segala cara sudah dilakukan tapi tidak memberikan hasil, cara reset jaringan ini mungkin hanya jawabannya.


Jika pada Settings pada "Network & Internet" di Windows 10 Anda tidak seperti di atas, mungkin Anda menggunakan Windows 10 versi yang lebih lama. Fitur reset jaringan ini ada dan dapat digunakan pada Windows 10 versi Anniversary Update dan diatasnya.

1 comments so far

Apakah setelah melakukan network reset,semua file akan terhapus atau tidak?


EmoticonEmoticon