Cara Buat Laptop atau PC Menjadi Hotspot di Windows 10

Mungkin Anda sedang membutuhkan koneksi internet untuk perangkat lain, di mana koneksi internet yang Anda dapat hanya dari Ethernet. Hal ini kemungkinan terjadi saat Anda di kantor, di kos teman, atau di suatu tempat di mana perangkat yang dapat terhubung dibatasi. Dengan komputer atau laptop Anda dapat menjadikannya hotspot untuk perangkat lain yang dimiliki.

Cara Buat Laptop atau PC Menjadi Hotspot di Windows 10

Buat Hotspot di PC atau Laptop


Untuk membuat hotspot di Windows 10 yang tentu saja butuhkan adalah adaptor WiFi dan koneksi internet. Koneksi internet dapat melalui jaringan Ethernet. Jika Anda menggunakan laptop dan tersambung ke internet menggunakan Ethernet, Anda dapat melakukannya dengan mudah, karena semua laptop saat ini pasti memiliki adaptor WiFi bawaan.

Jika Anda menggunakan PC desktop, untuk dapat menjadikan hotspot adalah dengan menggunakan Wireless USB adapter yang harganya cukup murah. Anda dapat membelinya di toko-toko komputer lokal. Atau mungkin Anda menggunakan PC desktop yang memiliki WiFi adapter bawaan motherboard.

Berikut ada 2 cara untuk membuat koneksi hotspot di laptop atau PC.

Cara Membuat Hotspot dari Windows Settings


Saat ini membuat hotspot di Windows 10 sangatlah mudah dan. Cara paling mudah ini dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet dari Ethernet atau WiFi yang terhubung ke laptop atau PC Anda ke perangkat lainnya.

Untuk memulainya buka settings Windows dengan menekan tombol "Windows + I", kemudian pilih "Network & Internet". Pada pilihan di bagian kiri pilih "Mobile Hotspot". Setelah itu atur nama jaringan dan passwordnya dengan klik edit.

Cara membuat Hotspot dari Windows Settings dengan fitur Mobile Hotspot

Dan yang harus diperhatikan adalah pilih sumber koneksi internet yang ingin dibagikan dengan memilih dari menu drop down di bawah tulisan "Share my internet from". Pilih salah satu, dari WiFi atau Ethernet.

Di perangkat lain yang ingin dihubungkan, Anda cukup mencari nama jaringan yang digunakan dan masukkan password-nya.

Membuat Hotspot Menggunakan Command Prompt (CMD)


Jika di settings Windows 10 Anda tidak memiliki pengaturan "Mobile Hotspot", kemungkinan Anda menggunakan versi lama Windows 10. Mungkin juga dengan alasan tertentu cara sebelumnya tidak dapat digunakan, dan menggunakan cmd adalah solusinya, walaupun caranya sedikit lebih panjang dari cara menggunakan mobile hotspot.

Untuk membuka cmd dengan klik kanan pada menu start lalu pilih "Command Prompt (Admin)", atau tekan tombol Windows + X lalu A.

Setelah command prompt terbuka, Anda dapat melakukan pengecekan apakah Wireless adapter mendukung fitur ini. ketikkan perintah berikut atau cukup copy lalu klik kanan pada layar cmd:

netsh wlan show drivers

Membuat Hotspot Menggunakan Command Prompt (CMD)

Jika perangkat mendukung, yang pertama dilakukan adalah mengatur Ethernet untuk berbagi koneksi internet dari laptop atau PC Windows 10 ke perangkat lain. Tekan tombol Windows + R, lalu ketik "ncpa.cpl" klik kanan pada "Ethernet". Pada tab Sharing, centang "Allow other network users to connect through this computer's network Internet connection", lalu klik OK.

Cara mengaktifkan internet sharing ke perangkat lain

Dengan mengaktifkan internet sharing ini Anda dapat berbagi koneksi internet ke perangkat lain yang terhubung ke jaringan hotspot di laptop atau PC.

Untuk membuat jaringan hotspot di Windows 10, buka cmd dengan menekan tombol Windows + X lalu A. Setelah jendela command prompt muncul ketikkan perintah berikut:

NETSH WLAN set hostednetwork mode=allow ssid=Nama_Jaringan key=Password

Cara membuat hotspot di laptop dan PC Windows

Ganti Nama_Jaringan dan Password dengan sesuai keinginan. SSID adalah nama jaringan yang akan muncul di perangkat lain dan KEY adalah password yang harus dimasukkan saat perangkat lain ingin terhubung. 

Kemudian, untuk memulai jaringan hotspot yang Anda buat ketikkan:

netsh wlan start hostednetwork

Untuk menghentikan jaringan hotspot laptop dan PC yang dibuat:

netsh wlan stop hostednetwork

Untuk mengetahui pengaturan jaringan hotspot laptop dan PC yang dibuat saat ini:

netsh wlan show hostednetwork setting=security


Beberapa Hal yang Perlu Diketahui


Fitur Mobile Hotspot pada setting Windows 10 hanya dapat digunakan pada versi Windows 10 Anniversary Update dan diatasnya. Namun, jika Windows 10 Anda belum memiliki update ini, gunakanlah cara membuat hotspot menggunakan Command Prompt (CMD) atau fitur Wireless Hosted Network. Cara dengan cmd ini juga dapat digunakan untuk Windows 8 dan 7.

Meskipun fitur Wireless Hosted Network di Windows 10 memungkinkan Anda dijadikan access point atau mungkin hotspot untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, hal tersebut bukan dimaksudkan untuk solusi mengganti access point fisik atau sesungguhnya.

Kecepatan wireless akan berkurang secara dramatis dibandingkan dengan yang disediakan dari access point fisik. Walaupun itu bukan masalah untuk browsing internet atau untuk keperluan mendesak, tetapi men-download atau melakukan transfer file yang cukup besar bisa menjadi masalah bagi sebagian pengguna.

Jika komputer atau laptop masuk ke mode sleep, hibernate, atau restart, jaringan hotspot wireless Anda akan berhenti bekerja, dan harus memulai secara manual menyalakan kembali jaringan hotspot wireless Anda menggunakan perintah netsh wlan start hosted network.

Semoga cara diatas dapat membantu Anda untuk membuat jaringan hotspot di laptop atau PC dengan mudah. Jika fitur Mobile Hotspot tidak ada di Windows 10 Anda, Anda dapat melakukan update Windows 10 atau menggunakan cara membuat hotspot menggunakan cmd.


EmoticonEmoticon