Cara Mudah Memecahkan Masalah Koneksi Jaringan pada Windows 10

Jika Anda memiliki masalah tidak dapat terhubung ke jaringan dan tidak dapat terhubung ke internet, kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi masalah koneksi jaringan tersebut pada Windows 10.

Solusi di bawah dapat digunakan memecahkan masalah jaringan Wirelss dan koneksi Ethernet pada Windows 10, 8.1 dan 7.

Mengatasi masalah jaringan internet Windows 10


Memecahkan Masalah Koneksi Jaringan Windows 10


Konfigurasi jaringan yang salah dapat mengakibatkan masalah pada koneksi jaringan dan internet dan merupakan sebagian besar penyebabnya. Tidak hanya itu, file sistem yang rusak, driver network adapter yang tidak sesuai, software security, dan sebagainya juga dapat menyebabkan masalah pada jaringan internet. Apa pun penyebabnya, solusi di bawah ini mungkin dapat memecahkan masalah koneksi jaringan pada windows 10.

Hal dasar pertama adalah dengan melakukan restart modem dan router wireless. Dengan begitu Anda dapat membuat koneksi baru ke Internet Service Provider (ISP). Jika menggunakan kabel Ethernet, pastikan bahwa itu terhubung dengan benar.

Periksa juga apakah lampu pada router atau modem menyala seperti biasa? Jika terdapat lampu merah, atau lampu mati, kemungkinan hal ini dikarenakan jaringan dari ISP Anda sedang down.

Buka Run dengan menekan Windows + R, ketikkan ncpa.cpl dan tekan enter. Klik kanan pada adapter koneksi jaringan yang Anda gunakan, pilih Disable. Lakukan restart Windows dan buka lagi pengaturan menggunakan Run dan mengetikkan ncpa.cpl dan Enable adaptor jaringan yang sebelumnya di-Disable.

Jalankan Network Troubleshoot


Windows memeiliki tools bawaan untuk mengatasi masalah pada jaringan yang secara otomatis dapat menemukan dan memperbaiki masalah-masalah umum pada jaringan dan internet. Untuk menjalankan pemecah masalah tersebut, klik kanan ikon jaringan di pojok kanan bawah (sebelah kiri jam) dan pilih "Troubleshoot Problems". Troubleshooter terbuka, secara otomatis akan memeriksa dan mendiagnosis masalah jaringan dan internet. Kemudian restart Windows, periksa apakah masalah koneksi internet dan masalah jaringan lainnya sudah teratasi.

Konfigurasi DHCP untuk Mendapat IP Otomatis


Tekan Windows + R, ketikkan ncpa.cpl dan enter. Klik kanan pada adapter jaringan aktif yang Anda gunakan (Ethernet/Wireless), pilih properties. Kemudian klik dua kali "Internet Protocol Version 4". Dan pastikan untuk memilih "Obtain an IP address automatically". Ganti pada opsi tersebut jika pada sebelumnya menggunakan opsi yang dibawahnya.

Konfigurasi DHCP untuk Mendapat IP Otomatis untuk Mengatasi masalah jaringan internet Windows 10

Dengan opsi diatas Anda akan mendapatkan IP dan DNS secara otomatis dari server DHCP. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan yang sudah dibuat. Sekarang coba periksa apakah Anda sudah dapat terhubung ke jaringan dan koneksi internet.

Reset TCP/IP


Coba untuk melakukan reset pada TCP/IP stack dan menghapus semua informasi DNS yang ada pada komputer Anda. Ini akan sangat membantu untuk memperbaiki masalah konektivitas jaringan internet. Buka command prompt (cmd) sebagai administrator dan ketikkan perintah seperti satu per satu. Untuk membuka command prompt (Admin), Windows + X, lalu tekan A.

netsh int ip reset
ipconfig /release
ipconfig /renew 
ipconfig /flushdns

Setelah menjalankan baris perintah diatas tutup command prompt dan restart PC Anda. Sekarang periksa apakah sudah bisa terhubung ke jaringan internet apa belum.

Update/Install Ulang Network Adapter


Periksa apakah driver pada Network Adapter yang digunakan tidak mengalami masalah atau kompatibel dengan network adapter yang digunakan.

Update Driver

Buka device manager dengan mengklik kanan pada menu start dan pilih "Device Manager" atau tekan Windows + R ketikkan "devmgmt.msc". Setelah terbuka cari dan masuk ke network adapter. Klik kanan pada driver network adapter yang diinstal atau digunakan dan kemudian pilih Update driver > Search automatically for updated driver software.

Update Driver Network Adapter untuk Mengatasi masalah jaringan internet Windows 10

Tunggu proses memeriksa driver terbaru yang tersedia jika ditemukan akan menginstal secara otomatis untuk Anda dari komputer maupun internet.

Instal Ulang Driver

Buka situs web produsen perangkat yang digunakan, download driver network adapter terbaru yang tersedia. Kemudian buka device manager (devmgmt.msc), Masuk ke Network Adapter, klik kanan pada driver adapter jaringan yang diinstal dan kemudian pilih uninstall. Klik OK ketika meminta konfirmasi dan restart windows. Setelah restart instal driver yang telah didownload dari web produsen, lalu cek jaringan internet Anda.

Mengubah Pengaturan Power Management


Pengaturan power management yang bermasalah dapat menjadi salah satu penyebab masalah ini. Modifikasi pengaturan tersebut untuk memperbaikinya.

Mengubah Pengaturan Power Management untuk Mengatasi masalah jaringan internet Windows 10

  1. Tekan tombol Windows + X atau klik kanan pada menu start. Lalu klik "Device Manager". 
  2. Klik Network Adapter, lalu klik kanan perangkat koneksi jaringan yang digunakan dan klik Properties. 
  3. Masuk ke tab Power Management, hilangkan centang pada kotak untuk "Allow the computer to turn off this device to save power". 
  4. Klik OK untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. 

Periksa apakah koneksi internet Anda sudah kembali normal lagi.


Reset Network Adapter ke Pengaturan Default


Fitur ini hanya ada pada Windows 10, fitur ini dapat memperbaiki dan mengatur ulang konfigurasi jaringan ke pengaturan standarnya. Melakukan reset jaringan merupakan solusi terakhir untuk memperbaiki masalah koneksi jaringan Windows 10.

Buka Settings (Windows + I), klik pada Network & Internet > Status > Network Reset. Pilih "Reset now" kemudian pilih Yes. Buka artikel cara Reset Network pada Windows 10 untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara-cara diatas adalah beberapa solusi mendasar untuk memecahkan masalah koneksi jaringan atau mendiagnosis masalah jaringan internet di windows 10.


EmoticonEmoticon