Cara Mengunci dan Membuat Password pada Folder di Windows

Kita semua pasti memiliki file di komputer atau laptop yang tidak ingin diaskses oleh orang lain. Entah apapun bentuk file dan isi dari folder tersebut, pada Windows Anda dapat mengunci dan memasang password pada folder tersebut dan hal tersebut dapat dilakukan tanpa software tambahan.

Mungkin Anda tidak ingin jika sebuah file dokumen penting atau file lainnya dibuka dan diedit oleh orang lain. Namun, pemasangan password pada folder ini dapat di reverse engineer oleh seseorang yang paham dengan proses tersebut. Hal ini bukan untuk menjauhkan orang yang paham tentang teknologi, tetapi untuk mencegah orang seperti teman, rekan kerja, anggota keluarga, anak-anak, dan sebagainya mengakses file penting Anda dan mengedit file dokumen penting yang disimpan.

Cara Mengunci dan Membuat Password Folder di Windows

Cara Mengunci dan Memasang Password pada Folder


Banyak juga software third party atau pihak ketiga yang dapat mengunci folder. Tetapi, jika Anda tidak keberatan mendownload dan menginstal software tersebut pada sistem komputer Anda. Tidak semua orang mau mendownload dan menginstal software yang menurutnya tidak berbayar atau biasanya berbayar.

Dengan cara berikut, Anda dapat memasang proteksi pada folder dengan memasang password pada folder tanpa harus menginstall software tambahan.

Bagaimana Cara Membuat Folder Terkunci dengan Password?


Cukup ikuti langkah-langkah berikut. Satu hal yang perlu dilakukan, coba cara ini dengan file yang menurut Anda tidak begitu penting.


Buka Notepad

Anda bisa membuka dengan mencarinya di Start Menu (Windows 10) > All Apps > Windows Accessories > Notepad.
Cara lainnya adalah pada desktop atau dalam Windows Explorer, klik kanan > New > Text Document.

Membuat file notepad untuk Mengunci dan Memasang Password Folder

Copy dan Paste Script untuk Memasang Password Folder

Setelah Anda membuka Notepad, copy dan paste script atau code dibawah ini ke dalamnya. Jangan lupa untuk mengganti "ISI_PASSWORD_ANDA" dengan password yang Anda inginkan.

cls
@ECHO OFF
title Folder FolderKu
if EXIST "Lock" goto UNLOCK
if NOT EXIST FolderKu goto MDLock
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren FolderKu "Lock"
attrib +h +s "Lock"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== ISI_PASSWORD_ANDA goto FAIL
attrib -h -s “Lock”
ren "Lock" FolderKu
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLock
md FolderKu
echo FolderKu created successfully
goto End
:End

Simpan Dalam bentuk Format .bat

Setelah melakukan copy paste script ke dalam Notepad, simpan script tersebut dengan format .bat. Pada jendela Notepad klik di kiri atas ke File > Save As > Pada bagian "Save as type", ganti menjadi "All Files (*.*)", ubah nama file menjadi "locker.bat" > Save.

Save as notepad dengan file format .bat untuk Mengunci dan Memasang Password Folder

Simpan dan Kunci Folder

Setelah membuat script .bat seperti diatas, lakukan tes dengan double click pada file locker.bat
yang baru saja di buat. Sebuah folder dengan nama "FolderKu" akan secara otomatis. Folder ini akan terkunci dengan password yang telah Anda buat di script .bat sebelumnya. Masukkan folder atau file yang ingin Anda kunci ke dalam folder yang telah dibuat.

Setelah Anda menyimpan beberapa folder dan file penting, kunci folder tersebut dengan double click pada file locker.bat yang Anda buat sebelumnya. Sebuah jendela konfirmasi dalam bentuk cmdd popup akan muncul yang menanyakan "Are you sure you want to lock the folder?". Ketikan "y" lalu Enter. Refresh dan folder tersebut yang ditandai dengan nama folder akan berubah dan namanya berganti menjadi "Lock".

Membuka Folder yang Terkunci

Untuk membuka kembali folder tersebut, cukup klik dua kali pada file "locker.bat". Setelah itu masukkan password yang Anda buat pada script sebelumnya. Kemudian Folder akan terbuka tanpa terkunci dan Anda dapat mengaksesnya seperti biasa.

Semoga cara diatas dapat mencegah orang atau siapapun yang tidak diinginkan menyentuh file-file penting Anda. Dan satu hal yang perlu diingat, password pada folder ini masih dapat dibuka oleh orang yang sudah terbiasa atau paham dengan proses seperti ini. Dengan mengunci dan memasang password pada folder Anda, setidaknya mencegah anak-anak atau teman yang tidak beigtu tech-savvy menyentuh file penting.

8 comments

sudah saya ikuti semua perintahny dan berhasil, skrng sya mau buka filenya dengan membuka password tapi folder saya tidak muncul, mohon sarannya

Serem gan. Saya sudah tes. Hasilnya sama seperti yang dialami Ruhayati. Setelah saya masukkan password, foldernya tidak muncul. Sebelumnya saya coba masukkan file dan folder ke dalam folder "FolderKu". Saat saya masukkan password, folder FolderKu tidak muncul lagi. Jadi saya coba untuk pindahkan file locker.bat ke folder lain. Setelah itu saya klik dua kali. Ternyata malah kembali ke langkah sebelumnya, yaitu saat folder FolderKu secara otomatis muncul. Lalu saya cek ke dalam folder FolderKu, ternyata file dan folder yang saya coba masukkan sebelumnya sudah hilang.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

gak jelas nih, setelah di lock foldernya hilang

Foldernya memang sudah ganti nama menjadi "lock" begitu dikunci.. dan walaupun dibuka, foldernya akan tetap bernama "lock"

sumpah malah hilang folder nya, nyesel ga baca2 komentar dulu

itu belum lengkap code nya gan, coba dari sini saja http://blog.akakom.ac.id/rino/cara-mengunci-folder-dengan-notepad/

Shoock! Sama nih, bahaya banget 100GB nyaris hilang, mana file foto anak baru lahir sampe gede...jahatnya...

Ini cara balikin filenya buat notepad ketik "attrib -s -h -r *.* /s /d" di tempat folder yang anda hilang. kasi nama terserah. save dengan bat. klik 2x file tsb. Viola


EmoticonEmoticon