Cara Mengatasi dan Menghapus Virus Shortcut di USB Flashdisk

SD memory card, flashdrive atau flash disk merupakan perangkat yang sangat umum digunakan untuk melakukan transfer data atau menyimpan data. Terkadang ketika Anda membuka flash disk di komputer, Anda melihat file-file berubah menjadi shortcut. Virus ini akan mengubah seluruh file menjadi shortcut di flashdisk atau flash drive.

Virus ini akan flashdisk atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya ketika Anda menyambungkan ke sebuah komputer yang terinfeksi oleh malware dan melakukan transfer data dari komputer tersebut, secara otomatis flashdisk Anda akan terinfeksi dan semua file akan berubah menjadi shortcut. Hal tersebut sering terjadi saat anda menyambungkan perangkat penyimpanan anda ke perangkat yang dapat digunakan oleh orang lain seperti warnet, kantor, sekolahan atau jasa ngeprint sangat sekali rentang terkena virus shortcut ini.

Tidak hanya flashdisk, virus shortcut dapat menyerang segala perangkat penyimpanan eksternal, dari memory card, hard disk eksternal, flashdisk, bahkan memori pada ponsel dapat terinfeksi virus ini.

Virus shortcut ini akan membuat File, gambar, folder, dan file lainyya dalam flashdisk akan hanya ditampilkan sebagai file dengan format shortcut dan tidak dapat diakses. Tentu hal ini akan membuat kita kesal dan khawatir, apa lagi file tersebut penting.

Cara Mengatasi dan Menghapus Virus Shortcut di USB Flashdisk

Cara Menghapus Virus Shortcut di USB Flashdisk


Hal ini akan membuat para pengguna kebingungan jika pada sebelumnya belum pernah mengatasi virus shortcut. Untuk mengatasi virus shortcut ini sebenarnya tidak begitu sulit, dengan catatan bahwa sang pemilik tidak melakukan tindakan yang salah misalnya dengan melakukan format atau sebagainya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini mengenai cara mengatasi virus shortcut di flashdisk. Pilih dari cara yang menurut Anda paling mudah, jika belum berhasil coba untuk menggunakan cara berikutnya.

Mengatasi Virus Shortcut Menggunakan Command Prompt (CMD)


Jika flashdisk tidak diformat, file yang berubah menjadi shortcut masih tersimpan dalam perangkat yang sama dalam mode tersembunyi. Anda dapat memulihkannya file yang terinfeksi virus shortcut ini menggunakan CMD dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R, lalu ketikkan cmd.
  2. Masuk ke lokasi direktori flashdisk Anda sesuai dengan huruf yang ada di Explorer. Untuk masuk ke lokasi direktori flashdisk Anda di CMD dengan mengetikkan perintah berikut:

    attrib -h -r -s /s /d f:\:*.*

    Catatan: ganti huruf “F” sesuai dengan lokasi perangkat penyimpanan eksternal (Misalnya C, D, E, F, dst).
  3. Setelah itu ketikkan perintah dibawah ini untuk menghapus semua file link di direktori tersebut

    del *.lnk
  4. Kemudian tekan Enter.

Setelah Anda melakukan sesuai langkah diatas, coba periksa file Anda di dalam flashdisk/ flash drive. Jika file yang Anda inginkan tidak ada, Anda dapat mencoba cara berikutnya dengan menggunakan software third party.

Mengatasi Virus Shortcut Menggunakan Software EaseUS


EaseUS Data Recovery Wizard ini merupakan software pemulihan file professional yang dapat membantu Anda untuk memulihkan file yang terinfeksi oleh virus shortcut di perangkat penyimpanan seperti USB flash drive, kartu memori, hard drive eksternal, dan lainnya.

Software mudah untuk digunakan, anda hanya memerlukan beberapa langkah sederhana. Untuk melakukan langkah yang diperlukan yaitu:

  1. Download EaseUS melalui link dibawah
    EaseUS untuk Windows
    EaseUS untuk Mac
  2. Buka Program/Software EaseUS tersebut.
  3. Masuk ke lokasi folder flashdisk yang terinfeksi virus shortcut, kemudian lakukan scanning.

Setelah Anda melakukan langkah seperti diatas, Anda dapat memulihkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut.

Mengatasi dan Menghapus Virus Shortcut Menggunakan Smadav Antivirus


Dengan beberapa pengguna yang menggunakan smadav sebagai antivirus di Indonesia. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu contoh panduan untuk mengatasi virus shortcut. Anda juga dapat menggunakan software antivirus lainnya.

Jika di komputer Anda sudah terpasang software antivirus Smadav. Buka smadav, setelah itu ikuti sesuai langkah dibawah:

  1. Pada tab jendela Scanner, pilih drive flashdisk. Lakukan scan pada perangkat tersebut dengan "Full Scan".
  2. Saat hasil scan muncul, masuk ke tab "Hidden Files".
  3. Pilih file yang menurut Anda telah disembunyikan oleh virus shortcut tersebut.
  4. Kemudian tekan tombol "Unhide checked". Jika ingin mengembalikan semua file yang disembunyikan virus shortcut, klik tombol "Unhide All".

Tidak banyak antivirus yang dapat mendeteksi virus ini, hanya dua yang setahu kami selain Smadav, yaitu Malwarebytes dan Comodo antivirus yang dapat membantu mengatasi masalah virus shortcut ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah dari salah satu cara yang ada diatas dapat Mengatasi dan Menghapus Virus Shortcut di USB Flashdisk, komputer, atau laptop Anda.

Pastikan Anda menggunakan software security atau antivirus di komputer atau laptop. Dengan adanya proteksi dari antivirus tersebut Anda dapat menghindari dan mencegah virus shortcut, atau infeksi dari virus atau malware lainnya.

Anda juga dapat mengandalkan Windows Defender jika Anda menggunakan Windows 10 untuk mencegah terinfeksi virus atau malware. Namun, jika memiliki antivirus full version, Anda dapat menonaktifkan Windows Defender agar RAM di komputer atau laptop tidak habis oleh software security.


EmoticonEmoticon