Cara Menghindari Laptop Mengalami Overheat

Cara Menghindari Laptop Mengalami Overheat
Menghindari Laptop Agar Tidak Overheat -  Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop atau komputer adalah overheat. Overheat adalah kondisi dimana suhu hardware komputer atau laptop dalam kondisi panas yang berlebih. Hal ini mengakibatkan komputer atau laptop menjadi lambat, BSOD (Blue Screen of Death), hang, dan yang paling parah dapat merusak motherboard, processor, atau GPU dari laptop maupun komputer tersebut.


Cara Menghindari Laptop Mengalami Overheat


Pada komputer atau PC, masalah ini mungkin jarang terjadi karena dapat diatasi dengan menambah kipas dan membuka casing, membersihkan heatsink, dan lain-lain untuk mengatur suhu agar tidak berlebihan. Sedangkan pada laptop masalah ini sering diabaikan yang dapat merusak hardware laptop tersebut dan dianggap remeh karena dengan tertutupnya sirkulasi udara, meletekan laptop ditempat yang mudah tertempel debu seperti diatas kain, kasur, tempat tidur, bantal, dan sebagainya. 

Tips untuk Menghindari Agar Laptop Tidak Mengalami Overheat


Membuka program terasa berat apalagi saat dijalankan dan multitasking berlebihan yang membebani kinerja laptop akan mengakibatkan peningkatana suhu pada prosesor. Berikut merupakan tips cara menghindari laptop tidak mengalami overheat.

Hindari Menggunakan Laptop diatas Permukaan Empuk

Tanpa sadar hal ini sering dilakukan, pengguna laptop sering menggunakan laptop diatas permukaan empuk seperti tempat tidur, kasur, atau diatas bantal. Permukaan seperti ini dapat menutup atau menyumbat lubang saluran udara dan menyerap banyak debu dari permukaan empuk yang mengakibatkan suhu laptop naik.

Gunakan laptop diatas bidang datar dan bila memungkinkan gunakan cooling pad dibagian bawah agar aliran udara lancar. Dengan ini laptop akan memiliki umur lebih lama.

Gunakan Aplikasi Software Optimasi 

Aplikasi Software Optimasi dapat membantu untuk menghentikan background processing yang kadang tidak dibutuhkan dan membebani kinerja CPU. Dengan software tersebut juga dapat membantu untuk membersihkan sampah dan cache.

Batasi Penggunaan Program atau Multitasking

Membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan (multitask) yang terlalu berat seperti Video Editor, Graphic Editor, dan sebagainya akan membuat processor dan RAM akan bekerja ektra. Hal ini akan mempercepat suhu laptop lebih cepat panas. Buka aplikasi atau program yang memang benar-benar diperlukan saja.

Kurangi Perangkat USB yang Tersambung ke Laptop

Terlalu banyak menghubungkan perangkat USB seperti Modem USB, HDD eksternal, flashdisk, dan sebagainya ketika menyambung ke listrik langsung dapat merusak port USB karena overheat. Sambungkan jika memang memerlukan dan cabut perangkat USB bila sudah tidak digunakan atau diperlukan lagi.

Install Aplikasi Software Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Sesuaikan terlebih dulu aplikasi software yang akan di install pada laptop, perhatikan spesifikasi minimal yang dibutunkan untuk menginstall aplikasi software berat. Aplikasi software yang terlalu tinggi dari spesifikasi laptop dapat mengakibatkan laptop akan bekerja lebih keras untuk membuka apliksi dan software tersebut yang dapat membuat laptop overheat. Dan memungkinkan aplikasi atau software tersebut berjalan tidak optimal.

Jaga Kebersihan Laptop

Selalu bersihkan lubang saluran sirkulasi udara pada laptop agar tidak tertutup debu. Debu-debu jahat ini dapat menghalangi udara masuk maupun keluar sehingga udara panas tetap berada didalam dan membuat laptop cepat panas. Bersihkan juga komponen lain pada laptop dari debu-debu jahat yang menempel dan rajin untuk mengecek dan mengganti thermal pasta CPU. Jika tidak dapat membersihkan sendiri, bawa laptop ke service center untuk membongkar dan membersihkannya. Biaya ditanggung sendiri.

Semoga tips Cara Menghindari Laptop Mengalami Overheat sedikit membantu anda menambah sedikit wawasan untuk merawat laptop. Dengan begitu laptop anda akan lebih bertahan lama, dan menghemat pengeluaran karena anda tidak perlu ke service laptop untuk memperbaiki laptop anda jika terjadi overheat.


EmoticonEmoticon