Cara Mengubah Ponsel Android menjadi Webcam

Anda ingin merekam video untuk Facebook atau YouTube tapi tidak punya webcam? Atau mungkin ingin menambahkan kamera kedua ke setup Anda? Tenang, hal tersebut kini dapat dilakukan dengan cara mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah ponsel Android dan aplikasi yang sesuai.

Cara Mengubah Ponsel Android menjadi Webcam

Menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam


Meskipun webcam sudah terdapat di banyak monitor, laptop, dan PC all-in-one. Namun tidak semua orang memiliki webcam. Terkadang webcam sulit untuk dipasang walaupun ketika mungkin Anda sudah merasa memasang dengan benar.

Berikut cara menggunakan ponsel Android Anda sebagai kamera web atau webcam. Disini akan dijelaskan menggunakan dua aplikasi. Pilihan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menginstal aplikasi DroidCam. DroidCam merupakan aplikasi Android yang dapat mengubah smartphone Anda menjadi webcam portabel yang mudah dan praktis.

Menggunakan Aplikasi DroidCam Wireless Webcam

DroidCam memiliki dua bagian aplikasi. Satu aplikasi Android gratis dari Google Play (DroidCamX, versi premium). Kemudian yang kedua adalah aplikasi untuk komputer atau PC, sudah tersedia di website dev47apps.com untuk sistem operasi Windows dan Linux.

Cara mengubah ponsel android menjadi webcam menggunakan DroidCam


Pertama instal aplikasinya pada Android dan download untuk versi PC. Setelah mendownload aplikasinya, unzip dan jalankan. Cukup ikuti saja semua petunjuk yang ada di layar.

Cara melihat IP address dan port untuk DroidCam

Setelah aplikasi dijalankan, Akan terlihat prompt untuk memasukkan alamat IP untuk DroidCam. Cukup jalankan aplikasi DroidCam di ponsel Android Anda dan IP serta nomor port akan terlihat. Kembali ke PC, kemudian Anda sudah dapat melakukan streaming audio dan video dari ponsel Android. Sesuaikan kualitas video yang diinginkan; pilih dari rendah, normal, dan tinggi.

Streaming menggunakan Android sebagai webcam

Saat siap melanjutkan, klik Start untuk memulai streaming. Dari aplikasi ponsel akan mengirim gambar video dari kamera ponsel ke komputer atau PC. Untuk ponsel yang memiliki dua kamera, ketuk tombol Setting di aplikasi ponsel dan centang kotak yang sesuai untuk kamera yang ingin Anda gunakan. Aplikasi ini mendukung sambungan USB, diperlukan hanya kabel USB dan dipasangkan dengan ponsel Android ke PC.

Tidak semua fitur dapat digunakan untuk versi gratis dari DroidCam meskipun fitur yang dapat digunakan sudah cukup bagus. Anda hanya akan dapat menggunakan webcam dalam mode landscape. zooming terbatas dengan resolusi, kecerahan gambar, dan berbagai fungsi kontrol lainnya yang ada di menu di bagian bawah desktop atau PC pada DroidCam.

Anda dapat mengaktifkan semua fitur dengan meningkatkannya ke versi premium atau berbayar menjadi DroidCamX. Tentu saja, Anda melakukan beralih ke versi premium jika Anda merasa cocok dan akan menggunakan semua fitur ini. Jika tidak tetap cukup dengan DroidCam versi gratisnya.


Menggunakan Aplikasi IP Webcam

Salah satu alternatif selain DroidCam, IP Webcam juga memiliki versi gratis dari Google Play dan dapat diupgrade ke versi premium. Download aplikasi IP Camera Adapter di PC untuk menampilkan gambar video dari ip-webcam.appspot.com.

Cara Mengubah Ponsel Android menjadi Webcam menggunakan aplikasi IP webcam


Hampir segala pengaturan dari aplikasi IP Webcam sebagian besar sama dengan DroidCam. Beberapa konfigurasi yang perlu diisi dan untuk melihat hasilnya melalui dapat melalui browser web.

Gunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Gunakan http://[IP ADDRESS]:8080/videofeed untuk video yang akan ditampilkan. Alamat IP yang dapat dilihat pada layar ponsel Android saat menggunakan aplikasi IP Webcam.

Cara setting IP Webcam pada Komputer atau PC

Anda dapat mengatur berbagai resolusi gambar video. Meskipun mendukung kamera smartphone, kamera depan belum sepenuhnya dapat digunakan.

Setelah siap mengambil gambar video, ketuk tombol Action di ponsel Android untuk menghentikan atau memulai mengambil gambar dan memeriksa apakah aplikasi berjalan dengan benar. Anda juga dapat menyimpan video yang direkam dengan mudah ke Dropbox menggunakan aplikasi khusus IP Webcam uploader ke Dropbox. Dapat di download di Google Play Store.


EmoticonEmoticon