Memindah Aplikasi ke Kartu MicroSD pada Android

Apakah Anda merasa sering akan menginstal aplikasi baru kemudian muncul peringatan tidak cukup Space. Karena semua game, aplikasi, foto, dan video telah menguasai seluruh space memory ponsel Anda.

Jika pada ponsel Android Anda memiliki slot micro SD atau kartu memori, maka solusinya cukup mudah. Memasang kartu microSD merupakan cara untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan ponsel Android, dan Anda dapat memindahkan aplikasi dari penyimpanan dari ponsel (internal storage) ke kartu microSD (external storage) di Android untuk mengosongkan ruang penyimpanan internal.

Cara mudah memindahkan aplikasi android ke kartu microSD

Cara Mudah Memindah Aplikasi Android ke Kartu microSD


Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke memori external tergantung pada versi Android yang digunakan. Kami akan mencoba membahas semuanya dalam tutorial ini.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda tidak dapat memindahkan aplikasi yang sudah diprainstal tanpa rooting, dan beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin juga tidak dapat memindahkan aplikasi prainstal tersebut. Selain itu, pada versi lama Android, kemungkinan aplikasi yang telah dipindahkan ke kartu memori tidak dapat dibuka atau digunakan.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 9.0 Pie

Jika ponsel Anda tidak mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi, itu cepat dan mudah untuk mentransfer aplikasi ke kartu SD pada Android Pie secara manual. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat melakukannya untuk setiap aplikasi, dan tidak sama sekali untuk aplikasi yang telah dipasang sebelumnya.

  1. Buka menu pengaturan > aplikasi & pemberitahuan > info aplikasi.
  2. Temukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan dalam daftar lalu ketuk.
  3. Pilih penyimpanan. Jika aplikasi mendukung untuk dipindahkan ke kartu, Akan terlihat tombol berlabel "Ubah". Lalu ketuk tombol tersebut.
  4. Pilih Kartu SD di kotak dialog ubah penyimpanan. Kemudian akan tampil layar konfirmasi. Ketuk pindah untuk memulai memindahkan.

Untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal, ulangi langkah-langkah di atas tetapi pilih penyimpanan internal pada langkah terakhir. Anda harus selalu melakukan ini ketika Anda ingin mengubah atau menghapus kartu memori Anda.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 8.0 Oreo

Proses untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD pada Android 8 pada dasarnya hampir sama dengan Android 9:
  1. Buka menu pengaturan > aplikasi & pemberitahuan > info aplikasi.
  2. Scroll ke bawah untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda pindah ke kartu, lalu ketuk di atasnya.
  3. Pilih storage atau penyimpanan. Jika aplikasi mendukung untuk dipindahkan ke kartu, Anda akan melihat bagian berlabel penyimpanan yang digunakan. Tekan tombol bertanda ubah.
  4. Pilih kartu tempat Anda ingin memindahkan aplikasi.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD pada Android 7.0 Nougat

Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu memori pada Android 7.0 Nougat melalui menu pengaturan. Namun, Anda tidak dapat memindahkan semua aplikasi, jika aplikasi tersebut tidak mendukung fitur untuk dipindahkan ke kartu memori.
  1. Buka Pengaturan > Aplikasi.
  2. Temukan aplikasi yang akan Anda pindahkan ke kartu microSD Anda dan ketuk di atasnya.
  3. Pergi ke Storage atau penyimpanan > Ubah dan pilih kartu memori Anda pada kotak prompt yang muncul.
  4. Ketuk Pindahkan untuk menyelesaikan proses.
Bergantung pada ukuran aplikasi, mungkin perlu waktu beberapa saat untuk dapat menyelesaikannya (terutama untuk game yang memiliki ukuran besar), jadi jangan digunakan untuk kegiatan lain pada ponsel Anda sampai proses selesai. Untuk memindahkan aplikasi kembali ke penyimpanan internal, ulangi langkah-langkah dan pilih penyimpanan internal bersama pada langkah 3.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 6.0 Marshmallow

Memindahkan aplikasi ke kartu microSD sama dengan Marshmallow seperti pada Nougat.
  1. Buka Pengaturan > Aplikasi lalu ketuk aplikasi yang Anda pilih.
  2. Ketuk Penyimpanan > Ubah lalu pilih kartu saat diminta.
  3. Tekan Pindah untuk menyelesaikan proses.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 5.0 Lollipop

Lollipop memiliki dukungan yang tidak begitu baik untuk kartu memori dari pada versi Android yang lebih baru, tetapi Anda masih dapat memindahkan aplikasi dari dalam menu pengaturan.

Anda terbatas di aplikasi mana yang dapat Anda tempatkan di penyimpanan eksternal Anda. Tergantung pada developer aplikasi yang mendukung opsi tersebut. Selain itu, seluruh aplikasi tidak seluruhnya berpindah ke kartu memori.

Anda dapat melihat aplikasi mana yang ada di kartu Anda dengan menggesek ke tab sebelah kanan di layar Aplikasi, berlabel Kartu SD. Ini memudahkan untuk mengidentifikasi apa pun yang mungkin ingin Anda pindahkan di masa mendatang.

Untuk memindahkan aplikasi di android Lollipop:
  1. Buka Pengaturan > Aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin akan pindahkan ke kartu memori.
  2. Selanjutnya, di bawah bagian Penyimpanan, ketuk Pindahkan ke Kartu SD. 
  3. Tombol akan berwarna abu-abu saat aplikasi dipindahkan, jangan mengganggu hingga proses pemindahan selesai.
  4. Jika tidak ada opsi Pindahkan ke Kartu SD, berarti aplikasi tersebut tidak dapat dipindahkan.
Setelah selesai, bagian Penyimpanan akan diperbarui dan akan menunjukkan berapa banyak aplikasi yang sekarang tersimpan di kartu memori (berapa banyak yang masih tersedia di penyimpanan internal). Tombol Pindah akan menjadi Pindah ke Telepon atau Pindah ke Penyimpanan Perangkat. Mengetuk tombol tersebut untuk menghapus aplikasi dari kartu memori.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android 4.x dan Sebelumnya

Dukungan untuk kartu microSD sangat terbatas di semua versi Android 4.x (KitKat, Jelly Bean, dan Ice Cream Sandwich). Tetapi, beberapa produsen ponsel Android menyertakan fitur dalam sistem operasi versi mereka sendiri.

Jika perangkat lama Anda mendukungnya, prosesnya sangat mudah:
  1. Buka Pengaturan > Aplikasi.
  2. Selanjutnya, pilih dan ketuk aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu memori.
  3. Pilih Pindahkan ke kartu SD. Jika tombol ini tidak ada, Anda tidak dapat memindahkan aplikasi (atau ponsel Anda tidak mendukung fitur untuk memindahkannya).
  4. Jika Anda menggunakan perangkat Android 2.x, langkah-langkah ini kurang lebih sama dengan yang akan digunakan. Widget layar utama atau beranda tidak didukung di versi lama ini. Anda harus menyimpan aplikasi di penyimpanan internal jika ingin menggunakan widget.

Jika tidak memiliki opsi tersebut di ponsel Anda, maka Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Diatas merupakan berbagai cara untuk memindahkan aplikasi Andriod anda ke kartu MicroSD anda dari berbagai versi Android. Setiap versi Android memiliki cara yang berbeda karena fitur yang ada pada setiap versi berbeda, dan ini memungkinkan anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk membantu memindahkan aplikasi Android ke memory card anda.

Gunakan cara sesuai dengan versi Android yang anda gunakan. Banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat anda temukan di Play Store untuk membantu anda memindahkan aplikasi Android ke kartu memori. Semoga cara diatas dapat membantu anda dalam memindahkan aplikasi Android anda ke kartu memori.


EmoticonEmoticon