Kenapa Hard Disk Menunjukkan Kapasitas yang Berbeda di Windows?

Jika Anda membeli komputer dengan kapasitas hard disk 500 GB dan membuka Windows Explorer, mungkin akan heran kenapa kapasitasnya hanya 450 GB. Pasti juga mungkin bertanya-tanya ke mana perginya semua sisa 50 gigabytes lainnya.

Mengapa Windows Menampilkan Kapasitas Hard Disk Berbeda


Mengapa Windows Menampilkan Kapasitas Hard Disk yang Salah

Windows dapat menampilkan jumlah kapasitas hard disk yang salah dengan beberapa alasan seperti, dari file bayangan yang tidak terlihat, pemformatan overhead, dan recovery partisi tersembunyi,  atau mungkin kapasitas penyimpanan yang menyesatkan yang diiklankan oleh produsen hard drive.

Mungkin akan membuat penasaran orang yang mungkin belum tahu dan ingin tahu. Oleh karena itu, kami akan mengupas tentang size hard disk yang berbeda ini dan membagikan sedikit wawasan ini.

Mengapa Hard Drive Anda Menunjukkan Kapasitas Ruang yang Lebih Sedikit Daripada yang Ada di Iklan atau Kotak Bungkusnya


Jika USB drive, hardi disk, dan perangkat penyimpanan lainnya diperhatikan, Anda mungkin memperhatikan bahwa selalu memiliki kapasitas ruang lebih sedikit daripada yang dijanjikan begitu diformat. Alasan untuk perbedaan ini terletak pada produsen hard drive dalam mengiklankan perangkat mereka dengan cara Windows dalam menggunakan dan menampilkan size atau kapasitas ruang di perangkat penyimpanan. Ada juga beberapa overhead (fungsi untuk mendukung sistem operasi komputer) yang diperlukan ketika Windows memformat drive Anda, untuk sistem file dan memboot data, meskipun dibandingkan dengan hard drive besar saat ini, itu tidak banyak.

Ingatlah bahwa produsen hard drive menggunakan deskripsi akurat, misalnya, kapasitas 1000 GB, sedangkan istilah yang benar adalah 1024 GB, meskipun jarang digunakan. Sayangnya, Windows selalu menghitung hard drive dengan 1024 sementara produsen hard drive menggunakan hitungan 1000 dalam penjualannya.

Untuk perhitungannya adalah: 1GB/(1024x1024x1024) = 0.931GB. Jadi jika penjual atau produsen mengiklankan produk hard disknya dengan ukuran 1TB, akan di dapatkan: 0.931x1000GB= 931GB. Kurang lebih seperti itu

Jika hard disk diiklankan dalam hal jumlah kapasitas ruang 1 TB, yang sebenarnya terkandung ketika Anda menghubungkannya ke komputer Windows, hard drive 1 TB yang terlihat pada Windows explorer hanya kapasitas hard drive 931 GB.

Sebenarnya Windows dapat memperbarui UI (User Interface) mereka untuk menggunakan definisi yang benar dari gigabyte. Pada sistem operasi lain, seperti OS X, telah mengubah representasi mereka untuk menyatakan jumlah kapasitas ruang hard disk yang tepat.

Lalu, Mengapa Komputer Anda Menunjukkan Jumlah Kapasitas Ruang Hard Disk yang Berbeda


Anda mungkin melihat sesuatu yang aneh dengan jumlah kapasitas ruang kosong hard disk ini. Jika Anda mengklik kanan drive C: di Windows, terlihat sejumlah ruang tertentu yang disebut "Free Space", screenshot layar di bawah, hard disk berisi 83 GB file.

Jumlah Kapasitas Ruang Hard Disk yang Tidak Sesuai

Namun, jika Anda memilih semua file di drive C: (termasuk hidden file dan file sistem Windows), klik kanan file tersebut, dan pilih Properties, terlihat sesuatu yang aneh. Jumlah kapasitas ruang yang digunakan oleh file tidak sesuai dengan jumlah yang digunakan pada hard drive Anda. kami memiliki file senilai 66 GB pada drive C:, tetapi Windows menggunakan ruang 61.9 GB. Perbedaannya sekitar kurang lebih 5 GB. Kemana sisanya GB itu?


Ternyata beberapa jenis file tidak muncul di Windows Explorer. File di Windows dengan nam "shadow storage (penyimpan bayangan)" yang juga dikenal sebagai "shadow copy," tidak muncul di sini. Penyimpanan bayangan berisi titik System recovery dan fitur Previous Versions pada Windows Explorer.

Untuk melihat jumlah persisnya penyimpanan yang digunakan oleh file bayangan di setiap hard drive pada sistem, Anda dapat menjalankan perintah command prompt. Jalankan sebagai Administrator, untuk membuka jendela command prompt sebagai Administrator, untuk Windows 10 tekan tombol Windows + X lalu A. Lalu jalankan perintah berikut di jendela Command Prompt:

vssadmin list shadowstorage

Jika setelah Anda menggunakan perintah diatas dan hasilnya "No items found ...." yang menanda kan shadow storage atau penyimpanan bayangan tidak ada, kemungkinan folder "System Volume Information" tidak ada pada drive sistem di komputer Anda.

Jadi sisanya kemana?


Memang kebanyakan pengiklan hard disk atau perangkat penyimpanan lainnya selalu menampilkan angka contoh 500GB, Tetapi kapasitas yang anda terima sesungguhnya adalah kurang lebih 465GB, dan itu merupakan kapasitas yang sesungguhnya dapat digunakan, tentunya pasti anda bingung. Jawaban singkat untuk semua itu sebenarnya perbedaan perhitungan antara produsen dan sistem operasi. Untuk perhitungannya bisa dilihat diatas.

Jadi, kini sudah mengetahui kenapa hard disk menunjukan jumlah size berbeda dengan yang diiklankan atau yang ada dibungkusnya. Bukan berarti produsen atau pengiklan menipu atau berbohong pada konsumen, tetapi ini memang mungkin dari sisi teknisnya.

Semoga artikel ini dapat menambah sedikit wawasan anda tentang hard disk dan memberi gambaran size hard disk yang tidak selalu menunjukan sizenya dengan benar.


EmoticonEmoticon